Tags

,

Bencana alam seperti kebakaran hutan, banjir, angin puting beliung, kekeringan, dan peristiwa ‘alam’ traumatis lainnya sangat menantang bagi orang-orang yang terkena dampak langsung. Stres yang disebabkan setelah bencana alam dapat menyebabkan kelelahan dan kelelahan fisik, mental dan emosional. Beberapa orang akan mampu mengelola stres tetapi bagi orang lain mungkin sulit untuk mengatasinya. Kebanyakan orang akhirnya sembuh dan pulih, terus membangun kembali kehidupan mereka.

DAMPAK BENCANA ALAM

a. Merasa stres, cemas, lelah atau bingung b. Merasa sedih, kewalahan atau marah c. Shock, merasa ‘mati rasa’ d. Ketidakpastian tentang masa depan e. Merasa kesepian, terisolasi, atau menarik diri f. Merasa tidak enak badan – sakit kepala, sulit tidur, sulit makan, berat badan turun g. Kebencian atau menyalahkan orang lain h. Meningkatnya penggunaan zat penenang i. Pikiran bunuh diri atau menyakiti diri sendiri

STRATEGI UNTUK MEMBANTU ANDA BANGKIT SETELAH BENCANA ALAM

Pemulihan membutuhkan waktu. Penting untuk memberi Anda waktu untuk memproses keadaan Anda dan mendapatkan kembali rasa normal. Ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan dan membangun kembali.

Ketahui saat sudah terlalu banyak – perhatikan tanda-tanda stres dan dapatkan dukungan ekstra ketika segala sesuatunya menjadi luar biasa. Berikan waktu tambahan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bicara – lepaskan emosi dan ketegangan Anda dengan berbicara dengan seseorang yang Anda percayai. Ini dapat membantu menempatkan sesuatu ke dalam perspektif. Sepertinya orang lain di komunitas Anda mengalami perasaan yang serupa sehingga ini memberi semua orang kesempatan untuk melepaskan perasaan negatif dan mendiskusikan cara-cara praktis untuk menghadapi situasi tersebut.

Kembangkan rencana aksi – putuskan siapa yang akan melakukan apa dan kapan. Ringkaskan situasi keuangan Anda dan diskusikan pilihan Anda dengan bank Anda untuk mengurangi stres dari setiap masalah keuangan. Memiliki rencana akan membantu Anda merasa mengalami kemajuan.

Jaga dirimu sendiri – makan dengan baik, olahraga dan tidur. Cobalah kembali ke rutinitas normal Anda ketika Anda merasa siap. Sebisa mungkin, jadwalkan waktu ekstra untuk hal-hal yang Anda nikmati atau yang Anda temukan santai.

Dapatkan bantuan – bersandar pada keluarga dan teman. Jaringan pendukung yang kuat dapat memberikan dukungan emosional atau praktis. Jelaskan kebutuhan Anda dan beri tahu mereka bagaimana mereka dapat membantu. Buat daftar tempat yang harus dikunjungi untuk meminta bantuan, mis. bantuan keuangan, dukungan emosional, dan dokter umum Anda.

Pertimbangkan bantuan profesional – Jika Anda tidak merasa kembali normal setelah empat minggu, dapatkan bantuan profesional (jika diperlukan).

BANTULAH ANAK MEMAHAMI SETELAH BENCANA ALAM

Beri anak Anda perhatian dan kepastian ekstra. Biarkan mereka tahu bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas apa yang telah terjadi.

Akui perasaan Anda sendiri tentang situasi dan biarkan anak-anak Anda tahu apa yang baik untuk membagikan perasaan mereka sendiri.

Sertakan anak-anak Anda dalam rencana untuk masa depan.

Cobalah kembali ke rutinitas normal secepat mungkin. Ini memberikan rasa aman.

Jika Anda tidak melihat peningkatan dalam 4 minggu, atau anda khawatir, baiknya mencari bantuan profesional (jika diperlukan).

Advertisements