Tags

, , , ,

#05 RAMADHAN CERIA
SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1439H
Semoga kita semua sukses menjadi insan yang bertakwa.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan dirayakan oleh Umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa (saum) dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad. Perayaan tahunan ini dihormati sebagai salah satu dari rukun Islam. Bulan Ramadhan akan berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan hisab dan pengamatan hilal.

Kata Ramadhan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Puasa Ramadhan dalam hukumnya merupakan fardhu (diwajibkan) untuk Muslim dewasa, kecuali mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui, diabetes atau sedang mengalami menstruasi. Kewajiban berpuasa pada bulan Ramadhan turun pada bulan Sya’ban tahun kedua setelah hijrahnya umat Muslim dari Mekkah ke Madinah.

Selama berpuasa dari pagi hingga petang, umat Muslim dilarang untuk makan, minum cairan apapun, merokok, dan berhubungan seksual. Selain itu, mereka diperintahkan untuk menghindari perbuatan dosa untuk menyempurnakan pahala puasa, seperti berkata yang jelek (misalnya menghina, memfitnah, mengutuk, berbohong) dan berkelahi. Makanan dan minuman dapat disediakan setiap hari, yakni ketika sebelum Matahari terbit (Subuh) dan sesudah terbenamnya Matahari (Magrib). Berpuasa bagi Umat Muslim saat Ramadhan biasanya diikuti dengan memperbanyak ibadah salat (Tarawih) dan membaca Al-Quran.

Kekhususan bulan Ramadhan bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Al-Quran Surah Al-Baqarah Ayat 183 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.” – (Al-Baqarah 2: 183).

Advertisements