Tags

, , , ,

​GLADI ITU PENTING
Apa itu Gladi? Sesuatu pekerjaan/kegiatan yang dilakukan sebelum pekerjaan/kegiatan sebenarnya dilakukan.

Gladi itu hampir sama persis dengan pekerjaan/kegiatan yang sesungguhnya (hendak) dilakukan.
Ada beda-bedanya itu pasti, yaitu soal Subyek yang pokok melakukan suatu kegiatan (biasanya ada peran pengganti), dan aksesoris yang dikenakan, karena nggak mungkinlah saat GladiSubyek (pejabat VVIP) itu hadir melakukan kegiatan langsung, dan aksesoris (misalnya seragam, senjata, atribut peserta, dll) dipakai khan bisa rusak/kotor.

Gladi itu bisa dilaksanakan parsial bisa  juga lengkap/general, bisa dari yang kotor sampai yang bersih. Jaman dulu, generasi tua banyak yang mengenal Gladi dengan istilah jenderal repetisi (general repetition). Intinya sama, mainkan dulu (seperti simulasi) sebelum permainan sesungguhnya dilaksanakan.

Gladi itu sangat bermanfaat. Bisa untuk mengecek skenario acara/kegiatan, mengalir atau tidak. Bisa untuk mengecek kesiapan subyeknya, siapa berbuat apa, tepat orangkah/pelaksana tepat perankah. Bisa mengecek alokasi waktu yang dibutuhkan, dan ragam kelengkapan yang diperlukan.

Sebaik-baik Gladi adalah menggunakan tempat yang sama persis dengan acara/kegiatan yang sesungguhnya akan dilakukan, juga waktu sebaiknya pada situasi yang relatif sama dengan rencana acara tersebut di running. Jangan lupa, berdayakan controlling/pengawas pada saat Gladi sebagai person evaluator/korektor. Gladi apapun untuk tingkat safety/security sama saja dengan pelaksanaannya. Oh yaaa, Gladi juga mesti mempertimbangkan jalan keluar kemungkinan jika terjadi kondisi darurat/emergency, yaitu rencana kontingensi.

Gladi memang tidak bisa menjamin kepastian kesempurnaan suatu acara/kegiatan, tetapi setidaknya bisa menghindarkan dari kondisi ketidaksempurnaan parah dari suatu aktivitas yang telah direncanakan. Maka, jangan sepelekan Gladi. Gladi memuluskan jalannya acara sebenarnya ….


Yogyakarta, 17 Februari 2017
Pak M

Advertisements