Tags

, ,

SALAM JUMPA REKAN-REKAN KATASOBAT,

Saya menerima informasi ada yang penasaran dengan Game KATASOBAT, game apakah itu, bagaimanakah cara bermainnya, dan apa pula manfaatnya?

Tentu ada alasan mengapa saya memunculkan game ini. Seperti yang kita fahami selama ini, bahwa dalam hidup dan kehidupan kita perlu mengasah nalar secara rutin, agar tidak tumpul, termasuk nalar berbahasa (Indonesia). Selain memperluas wawasan kebahasaan kita dengan menambah jumlah kosa kata yang kita kenal secara periodik, kita juga bisa melakukannya secara fun seperti main-main dengan cara-cara yang ringan dan menyenangkan. Hal ini tentu juga mengasah otak kita agar lebih tajam dalam menyambungkan simpul-simpul kalimat-kata-karakater, yang cerminan kehidupan kita semua.

Penajaman nalar dan sekaligus melatih mental mestinya sangat bermanfaat pada saat kita ingin membangun suatu struktur kebahasaan dalam rangka berkomunikasi dengan orang lain, maupun dalam proses pengambilan keputusan dengan pendekatan bahasa. Anggaplah, game ini memberikan sumbangan secara kecil untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan informal yang bermutu dan menyenangkan.

Jadi game ini tergolong game bahasa. Bagaimana caranya? Cukup cari (minimum) SATU kata yang kita saja sebagai sebut sebagai KATASOBAT yang mana kata itu bisa berjalinan dengan kata-kata yang disajikan, dan mempunyai makna yang jelas. Connecting-nya bisa dari depan atau dari belakang.

Masih penasaran? Belum tahu caranya? Ikuti saja langsung yuuk, coba, dan coba lagi. Salam.

Advertisements