Tags

, ,

TIPS JITU : LIMA CARA MENJAGA PELANGGAN. 

Saya menulis hal ini karena suatu alasan yang sederhana. Ketika sedang bermain catur dengan seorang kawan, dan saya yang sering memenangkan pertandingan, saat itu kalah dua kali, ada teman lainnya berkomentar, “Jaga pelanggan yaaa ….”. Saya tak menduga. Ternyata ada pandangan begitu, artinya saya dianggap mengalahkan diri sendiri, biar teman bertanding catur saya itu kelak besoknya mau bertanding lagi, karena tidak kalah melulu, jadi ada motivasi kembali untuk mau datang lagi untuk bertanding. Kejadian itu yang akhirnya mengantarkan saya untuk menulis lebih dalam tentang cara menjaga pelanggan.

Menciptakan loyalitas pelanggan yang kuat adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda. Menurut sebuah laporan dari Harvard Business School, peningkatan tingkat retensi pelanggan hanya 5 persen akan menghasilkan kenaikan laba 25 sampai 95 persen. Menemukan cara untuk membuat pelanggan datang kembali sama pentingnya dengan menemukan pelanggan baru dan meminimumkan biaya. Berikut adalah lima cara bisnis efektif untuk meningkatkan tingkat retensi.

1. Menjaga Hubungan dengan Pelanggan Anda. Ini mungkin terdengar terlalu sederhana, tetapi yang mengejutkan banyak pemilik usaha tidak menyentuh hal dasar ini dengan para pelanggan atau tampaknya mereka mengalami kesulitan untuk melakukannya. Membuat kontak teratur dengan pelanggan melalui email, sms dan surat langsung adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga bisnis Anda di garis depan pikiran mereka. Pemasaran digital merupakan kue besar dari pasar sekarang, dan popularitas tak henti-hentinya smartphone memberi makna bahwa orang lebih mungkin untuk mendapatkan informasi dari perangkat mobile. Mengumpulkan informasi pelanggan memungkinkan Anda terus memelihara hubungan pelanggan lama setelah penjualan pertama. Cara paling umum untuk mempertahankan kontak dengan pelanggan hari ini adalah melalui email, tetapi pesan teks yang dikirim langsung ke ponsel seseorang telah terbukti jauh lebih efektif.

2. Mendorong Pembelian awal yang lebih besar. Membangkitkan loyalitas pelanggan berarti menargetkan pelanggan Anda pada semua tahap proses penjualan. Menurut perusahaan analisis, SumAll, kemungkinan seorang pelanggan datang kembali berhubungan langsung dengan jumlah uang yang dia keluarkan pada pembelian pertama. Dane Atkinson, CEO SumAll, mendukung hal ini dengan mengatakan bahwa orang-orang yang mengeluarkan uang besar pada transaksi awal hampir “dua kali lebih mungkin untuk kembali setidaknya sebagai orang-orang yang membelanjakan lagi uangnya”. Ini menyoroti betapa pentingnya suatu cara yang tidak hanya memiliki volume penjualan besar, tetapi memiliki kebijakan, memikat kembalinya pembeli awal di tempat ini juga.

3. Dapatkan Pribadinya. Dalam dunia pilihan ada berlimpah, pelanggan membutuhkan insentif yang kuat untuk tetap setia pada satu perusahaan. Salah satu cara ampuh untuk memastikan bahwa bisnis Anda tetap di bagian atas daftar pilihan pelanggan adalah mempengaruhi emosi pelanggan. Ketika pelanggan menerima pengalaman pelanggan yang lebih pribadi mereka sulit memutuskan dari keterikatan emosional dengan bisnis anda. Peneliti dari Journal of Psychology Applied Social telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa pelayan yang mampu meningkatkan kiat mereka dengan 23 persen dengan melakukan satu tindakan sederhana. Jika seorang pelayan kembali ke meja pelanggan dengan cuma membawa segenggam permen, pelanggan pun merasa puas dan tidak ragu-ragu meninggalkan tip besar. Hal ini disebabkan adanya layanan pribadi, dan hal itu mempengaruhi pelanggan pada tingkat emosional dan memastikan sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan serta berkesan kuat.

4. Jangan Abaikan Kekuatan Program Loyalitas. Program loyalitas telah sangat berlebihan dalam beberapa tahun terakhir, dan rata-rata orang sekarang memiliki banyak kartu keanggotaan pelanggan. Namun, meskipun pemunculan skema loyalitas tidak benar-benar menginspirasi loyalitas, jangan mengabaikan nilai-nilai ini. Caranya adalah lakukan secara kreatif program loyalitas Anda. Alih-alih kartu dan poin, mengapa tidak menawarkan pelanggan diskon langsung pada pembelian masa mendatang? Kembali ke pendekatan pribadi, Anda bisa mengirim kartu keanggotaan pelanggan yang dirancang khusus untuk mereka.

5. Jagalah semuanya tetap segar. Konsumen Internet mengharapkan kepuasan instan, dan mayoritas dari mereka selalu mencari sesuatu yang segar untuk menjaga perhatian mereka, meskipun hanya sebentar. Ini lebih penting daripada sebelumnya untuk menjaga website Anda tetap menarik dan segar. Ini adalah salah satu cara yang efektif dan relatif sederhana untuk menjaga pelanggan datang kembali. Menjaga blog yang menarik yang mendorong pelanggan untuk terlibat dengan bisnis Anda. Anda juga dapat menggunakan blog untuk berbagi berita bisnis dan tips lain, sehingga pelanggan akan melihat ke depan untuk kembali membaca. Selain itu, Anda dapat menjaga hal-hal segar dengan menampilkan produk atau jasa baru dari waktu ke waktu. Menerapkan berbagai strategi yang mendorong pelanggan datang kembali sangat penting bagi pertumbuhan bisnis dan profitabilitas. Tidak ada satu strategi yang akan melakukan trik. Dan, seperti kebanyakan aspek lain dari bisnis Anda, jangan lupa untuk mengujinya, dan terus meningkatkan upaya. Jika seorang pelanggan senang akan lebih dari mungkin tetap menjadi pelanggan setia, yang baik untuk bisnis anda.

Advertisements