Tags

,

1. Fokus pada standar tinggi dan kemajuan. Tidak ada manusia yang sempurna . Tentara adalah manusia, tentu tidak sempurna, anda pun tidak sempurna. Oleh karena itu, daripada fokus pada kesempurnaan, anda harusnya fokus pada standar yang tinggi dan kemajuan. Menetapkan standar yang tinggi dan cobalah untuk meningkatkan kemampuan sedikit demi sedikit setiap hari. Hal ini berkaitan dengan diri anda secara pribadi dan untuk unit kerja anda.

2. Selalu utamakan pelanggan. Seperti arena bisnis umumnya, dalam militer, anda juga punya pelanggan. Sebagai contoh, jika anda bekerja di pesawat transpor, setiap orang (bisa komandan, kolega, atau tentara yang pangkatnya lebih rendah dari anda) yang datang kepada anda tentu butuh pelayanan terbaik dari anda dalam hal kualitas transportasi pesawat militer. Tugas anda adalah memberikan dukungan pelanggan tersebut sebisa mungkin kelas dunia. Jangan melihat pelanggan anda sebagai sumber ketidaknyamanan. Sadarilah bahwa anda dibayar untuk mengurus pelanggan Anda. Lebih penting lagi, jika anda menyadari bahwa pelanggan anda tidak memiliki pilihan di mana mereka mendapatkan layanan seperti ini. Mereka TERJEBAK dengan Anda. Jadi bekerja ekstra keras dan memberikan layanan pelanggan yang luar biasa . Itu adalah tugas Anda! Begitupun kalau anda sebagai Dosen para Taruna. Pelanggan anda butuh layanan yang prima dalam iptek, pengalaman dan teman untuk berkembang menjadi generasi pemimpin masa depan. Maka utamakanlah mereka.

3. Tarik tim anda untuk sukses, jangan dorong mereka. Hari-hari menjadi diktator sudah lama berlalu, lupakan itu. Para pemimpin militer yang paling efektif menarik tim mereka untuk sukses, mereka tidak mendorong mereka untuk sukses. Cobalah untuk memimpin dengan inspirasi, bukan dengan kekerasan dan kebodohan. Inspirator itu selalu menarik. Biarkan tim anda mendorong dirinya sendiri. Jadilah pemimpin tim yang memimpin dengan contoh dan mengilhami orang lain. Jangan menjadi orang yang tidak melakukan apa-apa kecuali obral perintah sepanjang waktu.

4. Percayalah orang lain akan melihat. Beberapa pemimpin militer terbaik yang pernah saya temui bisa mengubah dan menyesuaikan diri menjadi superstar. Mereka memiliki kemampuan untuk percaya pada orang yang tidak ada orang lain akan percaya. Saya telah menemukan bahwa sebagian besar tentara dan organisasi adalah refleksi dari pemimpin mereka. Seorang pemimpin yang baik dapat mengubah tentara buruk menjadi tentara yang baik. Dan seorang pemimpin yang buruk dapat mengubah tentara yang baik menjadi tentara buruk. Cobalah untuk melihat sisi baik pada orang! Orang-orang itu akan menuju ke tingkat harapan yang anda miliki dari mereka.

5. Bantulah tim anda melihat gambar besar. Kita semua ingin menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri. Kita semua ingin tahu bahwa apa yang kita lakukan adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri. Salah satu tips kepemimpinan terbaik yang saya dapat dan pantas berbagi dengan anda adalah untuk membantu tim anda melihat gambaran besar lingkungan kerja. Bila mungkin, menjelaskan bagaimana pekerjaan mereka cocok dengan gambaran besar dan selalu memberikan tugas dan gambaran tujuan ketika ada seseorang melakukan sesuatu hal. Biarkan mereka tahu mengapa mereka melakukan tugas. Jangan hanya mengatakan “karena saya bilang begitu”.

6. Lebih banyak mendengar daripada anda bicara. Anda memiliki dua telinga dan satu mulut karena suatu alasan. Menggunakannya dalam proporsi yang tepat. Selalu mendengarkan lebih baik daripada anda berbicara. Anda tidak bisa belajar apa pun dengan berbicara, tetapi anda dapat belajar banyak dengan mendengarkan.

7. Akui ketika anda salah. Sebagai pemimpin, kita semua membuat kesalahan dari waktu ke waktu. Ketika anda membuat kesalahan, akui anda salah. Saya tahu bahwa mungkin sulit untuk dilakukan, tetapi tentara anda akan jauh lebih menghormati anda jika anda dapat mengakui ketika anda salah. Dan itu bukan hal yang memalukan.

Advertisements