Tags

,

MAKRO BAIK, KALAU BISMIKRO PUN BAIK

Sulit dipungkiri oleh siapapun bahwa negara Indonesia saat ini telah menjadi negara unggulan secara standar ekonomi dunia karena pertumbuhan ekonominya yang baik dan stabilitasnya tetap terjaga dengan baik. Selain China dan India, negara Indonesia sudah menjadi primadona, tidak hanya level Asia, tapi level global.

Indonesia ada di urutan ke-16 diantara negara-negara G-20. Suatu fakta yang menyenangkan, dan patut diapresiasi.

Hanya saja sayangnya baru ukuran-ukuran makro yang digunakan, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, nilai tukar rupiah, dan hal sejenis lainnya. Nha, yang mikro tampak kurang diperhatikan. Padahal yang mikro juga menjadi penting digarap terkait dengan kondisi nyata, sudahkah pertumbuhan ekonomi yang bagus juga terdistribusi dengan baik ke mayoritas rakyat secara adil dan merata, atau hanya dinikmati oleh sekumpulan kecil tokoh ataupun orang-orang yang berada di lingkungan terbatas.

Jadi, intinya kalau makro baik, alangkah eloknya kalau bisa mikro juga baik, karena ini ukuran tingkat negara, yang tentu juga harus merujuk tujuan-tujuan nasional kita seperti yang tertera dalam konstitusi.

Yogyakarta, 26 September 2012

Salam,
Mardoto, Drs., M.T.

Advertisements