Tags

MEMILIH ITU HAK ASASI

Seorang manusia punya banyak hak, ini semua diberikan Tuhan secara utuh, gratis, apa adanya, dan mutlak. Salah satu hak ialah Hak memilih. Mengapa manusia lain ada yang menghalangi orang lain yang mau menggunakan haknya? Apakah manusia yang menghalangi itu lebih punya hak daripada Tuhan?

Setiap manusia selama dalam/pada menggunakan haknya tidak mengganggu ataupun mengambil hak orang lain, tidak melanggar aturan yang ditentukan/disepakatinya, tidak merusak dan merugikan pihak lain, mengapa tidak dibiarkan saja dia memilih atau menggunakan haknya sesuai keinginannya?

Sudahlah, biarkan saja kita semua merdeka menggunakan hak masing-masing, dan itu memang kewajiban kita semua untuk menggunakan hak tanpa mengganggu hak orang lain. Kalau ini bisa terlaksana, pasti dunia ini tenteram, aman dan damai. Dunia ini jadi ribet, ribut, kalang kabut, karena ada orang menggunakan haknya dengan memberangus/mengeliminir hak orang lain, juga karena ada orang/komunitas melarang orang lain menggunakan haknya secara nyata, merdeka, tanpa tekanan.

Hak memilih itulah yang paling banyak diganggu. Banyak alasan yang digunakan untuk mengotak-atik Hak Memilih. Ada yang dihubungkan dengan SARA, ada juga yang dihubungkan dengan uang, tapi kebanyakan dikaitkan dengan ego orang per orang! Biasanya atas nama kekuasaan. Dalam hal ini, yang paling kentara pada saat Pemilu atau Pemilukada.

Mari kita bebaskan siapapun menggunakan Hak Memilih-nya. Merdeka!

Yogyakarta, 14 September 2012

Salam,
Mardoto, Drs., M.T.

Advertisements