Tags

PERSEPSI

Persepsi seorang dengan seorang lain sangat mungkin bisa beda untuk suatu hal.
Ada satu hal/suatu kejadian, orang pertama dalam persepsinya mungkin menyatakan itu hal kecil, namun orang lain sangat mungkin punya persepsi itu hal besar.
Disinilah ada perbedaan persepsi dan tentu juga sudut pandang.

Persepsi seseorang tentang sesuatu hal bisa jadi dipengaruhi oleh pengalamam yang pernah dijalani. Bisa juga dari referensi yang pernah dipunyai, bisa dari membaca, mendengar atau dari perkataan orang lain. Disamping itu juga dari wawasan yang bersangkutan terkait dengan kemampuan berfikir dan melihat setiap hal dalam konteks visioner atau konservatif.

Memang persepsi bisa merupakan sesuatu yang tak pasti karena terkadang bertemu dan berhadapan dengan hukum ataupun norma yang dianut. Juga karena persepsi yang muncul (dimunculkan) bisa diolah/direkayasa oleh ahli komunikasi informasi. Inilah jaman kecanggihan teknologi komunikasi informasi yang memungkinkan rekayasa sesuatu hal menjadi lebih mudah sehingga mudah pula merekonstruksi persepsi sebagaimana yang diharapkan.

Jadi, hal/masalah kecil memang bisa diolah untuk memunculkan persepsi yang besar, begitupun sebaliknya, tergantung kepentingan yang ingin diraih.
Apakah persepsi anda juga begitu?

Yogyakarta, 6 September 2012

Salam,
Mardoto, Drs., M.T.

Advertisements