Tags

Secara harfiah SEMBADA adalah suatu sikap dan perilaku yang berwatak ksatria bertanggung jawab, taat azas, setia menepati janji, pantang menyerah, tabu berkeluh kesah, bulad tekad, kukuh mempertahankan kebenaran, menghindari dari perbuatan tercela, mampu menangkal dan mengatasi segala masalah, tantangan dan ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri, rela berkorban, dan mengabdi bagi kepentingan dan kesejahteraan bersama.

SEMBADA diartikan sebagai berikut:

S : Sehat, Yaitu kondisi masyarakat yang sehat jasmani, rohani, sosial dan lingkungan.

E : Elok dan Edi, Elok dan Edi keduanya mengandung aspek kehidupan. Elok adalah aspek keindahan yang alami yang hanya diciptakan oleh pencipta alam, misalnya pemandangan alam, sedang Edi adalah aspek keindahan sebagai hasil rekayasa manusia, misalnya penciptaan pertamanan.

M : Makmur dan Merata, Yaitu kondisi masyarakat yang terpenuhi segala kebutuhan lahir dan batin merata seluruh wilayah, lapisan dan golongan masyarakat.

B : Bersih dan Berbudaya, Yaitu kondisi lingkungan yang terbebas dari segala bentuk pencemaran, kondisi masyarakat yang bersih lahir dan batin, bebas dari cerca cela, tak berprasangka buruk, menjauhi berbagai bentuk kecemburuan. Disamping itu juga berbudi luhur, memiliki sikap budaya bangsa termasuk pengembangan Penghayatan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai topang moral bangsa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

A : Aman dan Adil, Yaitu kondisi masyarakat yang bebas dari rasa ketakutan dan kekhawatiran, bebas dari gangguan dan rongrongan yang mengancam keselamatan lahir dan batin karena terjaminnya rasa keadilan dalam tata kehidupan.

D : Damai dan Dinamis, Yaitu kondisi masyarakat jauh dari pertikaian dan silang sengketa, mantap dalam menciptakan berbagai bentuk kerukunan, semua permasalahan diselesaikan dengan musyawarah, namun tetap menggalakkan dinamika masyarakat secara individu maupun kelompok, merangsang aktivitas yang kreatif dan inovatif dalam memperlancar laju pembangunan.

A : Agamis, Yaitu kondisi masyarakat yang mengutamakan nilai-nilai agama sebagai landasan semua akal pikiran dan pertimbangan rasa dalam melaksanakan kehendak demi terciptanya kondisi masyarakat yang sehat, makmur dan merata, berbudaya, aman dan adil, damai dan dinamis serta kondisi alam yang bersih elok dan edi.

Advertisements