Tags

Apakah homesick?
Homesick adalah perasaan yang biasa hinggap pada orang yang bepergian jauh dan dalam jangka waktu yang panjang. Gelaja homesick ini sering kali membuat seseorang memiliki perasaan sangat rindu akan orang-orang di kampung halamannya serta rutinitas biasanya. Biasanya seseorang merasakan penyakit homesick ini karena merasa kehilangan orang-orang terdekatnya, keluarga, teman, pacar. Selain itu lingkungan baru yang berbeda dengan aktivitas yang berbeda pula membuat seseorang merasa asing di lingkungan tersebut. Kebiasaan lama yang kemudian berubah atau hilang di tempat baru juga bisa membuat orang merasa homesick.
Apakah akibat homesick?
a. Berpengaruh pada kondisi mental kejiwaan seseorang, dalam kondisi yang rawan dapat berbentuk depresi berat.
b. Membuat seseorang menjadi lebih sensitif dan melankolis.
c. Membuat seseorang merasa terisolasi, sedih, dan kosong.
d. Seseorang akan kehilangan nafsu makan sehingga dapa menyebabkan berat badannya berkurang.
Siapa yang diserang homesick?
a. Mahasiswa daerah yang terpaksa merantau jauh dari rumah selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk menimba ilmu. Penyakit ini juga bisa terjadi pada seorang mahasiswa tingkat awal yang baru saja meninggalkan bangku SMA. Perbedaan kebiasaan membuatnya ingin mengulang kembali masa-masa sekolah dulu yang jauh berbeda dengan dunia kampus.
b. Seorang yang bekerja di luar kota dan terpisah dengan keluarga, yang karena keterbatasan kesempatan pulang bertemu keluarga sanga terbatas.
c. Seseorang yang berpergian jauh meski hanya dalam waktu beberapa hari.
Bagaimana cara mengatasi homesick?
a. Tingkatkan daya/kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru.
b. Berusaha mengenali dan menikmati tempat-tempat baru, termasuk orang-orang yang ada di lingkungan baru. Pokoknya jalan saja, kunjungi sana-sini, nikmati, sehingga pulang balik ke tempat kost/penginapan/rumah baru tinggal istirahatnya. Nggak sempat melamun sendiri.
c. Berusaha aktif di lingkungan baru, dengan membentuk jaringan sosial, secara maya ataupun nyata. Pengalaman saya waktu kost dahulu, pernah ikut jadi panitia pernikahan 2 kali, dan panitia peringatan 17 agustusan di daerah tempat kost 1 kali. Jadi berbaur dengan lingkungan baru, akan mengurangi serangan homesick.
Advertisements