Tags

Eksis dalam jejaring sosial menjadi salah satu gaya hidup para wanita modern. Selain bisa kembali berhubungan dengan kawan lama, situs jejaring sosial ini seakan memberikan wadah hidup yang baru bagi seseorang, namun dalam dunia maya. Segala hal bisa kita lakukan di sana, curhat di status, bertemu dengan kawan baru sampai berbelanja. Namun terkadang, hal-hal yang kita lakukan di dalam akun jejaring sosial bisa mempengaruhi kehidupan kita secara keseluruhan, termasuk di dunia kerja. Tak ingin tindakan Anda di dunia maya menghancurkan karir? Berikut tips yang bisa Anda simak.

Klasifikasi Teman

Dalam situs jejaring sosial, segala hal bisa dilakukan. Termasuk memberi komentar-komentar humor pada sahabat, atau memasukkan foto-foto weekend ‘gila-gilaan’ Anda. Jika yang melihat sahabat-sahabat dan teman dekat, tentu tak ada masalah. Namun ketika atasan melihat foto saat Anda karaoke bersama teman-teman khusus, tentu kesan yang ia dapat akan berbeda. Ada baiknya untuk melakukan klasifikasi teman di dalam jejaring sosial. Jika perlu buatlah dua akun yang berbeda. Salah satunya, khusus untuk rekan kerja juga klien. Jika dua akun terasa merepotkan, sebaiknya pikir dua kali sebelum memasukkan bos Anda ke dalam daftar teman.

Update Status

Status Anda bisa dibaca oleh seluruh teman di jejaring sosial. Status memang lahan pribadi Anda. Namun bukan berarti segala hal bisa Anda tumpahkan di sana. Jika Anda menuliskan sumpah serapah, atau kejelekan-kejelekkan mengenai rekan kerja atau perusahaan Anda. Hal itu justru membuat nilai Anda turun di mata atasan. Pertama, Anda dianggap tidak berani mengungkapkan kritik terhadap perusahaan, kedua, Anda menyebarkan aib perusahaan Anda di antara semua teman dalam akun jejaring sosial.

Posting Foto

Sekali lagi, walau akun Anda adalah milik pribadi, namun segala hal yang diposting di akun jejaring sosial dapat dibaca oleh seluruh teman Anda. Memposting foto-foto yang bersifat pribadi sangat tidak disarankan. Apalagi dalam foto itu Anda memakai baju yang super seksi, atau sedang asik bercumbu dengan pasangan.

Komentar Tak Pantas

Hal ini hampir sama dengan meng-update status yang tak pantas. Mengomentari foto, wall atau status orang lain dengan kata-kata tak pantas, walau dalam konteks humor, akan mencoreng nama Anda di depan boss atau rekan kerja yang tidak terlalu mengenal Anda.

Group

Group yang Anda ikuti di situs jejaring sosial akan menggambarkan sifat dan sikap Anda. Jika Anda mengikuti group yang positif, maka kesan yang ditimbulkan pun baik. Namun ketika Anda memilih group-group yang terkesan rasis, SARA, maka hal itu pula yang akan menjadi penilaian. Maka berhati-hatilah dalam memilih group di situs jejaring sosial.

Yang perlu Anda ingat, dunia maya bak dunia kedua bagi Anda. Sebaiknya jagalah sikap sebaik-baiknya seperti Anda bersikap di dunia nyata.

Ref : y

Advertisements