Tags

Kehidupan memang unik.

Tatkala harus berusaha, seorang manusia terkadang seperti melampaui keterbatasan. Semua ditempuh dengan seksama. Bahkan seringkali menyerempet bahaya bagi dirinya sendiri, bahkan keluarganya juga. Tetapi memang kehidupan harus terus berjalan, berputar, dan harapannya menuju ke arah yang lebih baik. Optimisme demikian mesti menjadi acuan setiap orang.

Sebuah sepeda motor dengan muatan yang jelas melebih kapasitas, bahkan tak terlihat sebagai sebuah sepeda motor, suatu saat meluncur di Jalan Solo – Yogyakarta. Memang sulit difahami, jika kita hanya mengkomparasi resiko dan upaya menyambung kehidupan. Namun itulah fakta di lingkungan kita. Di negeri tercinta, yang konon punya sumber daya berlimpah, namun hingga sekarang belum semuanya menikmati kue kemerdekaan secara proporsional, adil dan beradab.

Kendaraan bermotor itu sebagai sarana kehidupan si empunya tetap melaju dan makin kencang. Saya yakin dia tetap berusaha, berusaha dan mantap untuk menyambung kehidupan. Sungguh kita mesti mengapresiasi, karena cara dia yang unik, nrimo, menjalani kehidupan penuh resiko, tanpa menyedot hak orang lain, tanpa korupsi (pastilah), tanpa mencuri hak anak bangsa lainnya dengan semaunya.

Kehidupan memang harus bergulir. Tetapi bisakah kita semua menjalani tanpa mengkonsumsi permen kehidupan yang haram penuh racun? Sesungguhnya kalau kita semua masih normal dan punya akal sehat, jawabannya pasti: BISA.

Masing-masing dari kita, diri sendirilah yang harus mau memulai dan memilih cara kehidupan yang manusiawi serta menghargai hak asasi manusia lainnya!

Advertisements