Tags

, , , , , , , ,

robot_a

Jepang terkenal sebagai gudangnya robot. Bermacam jenis robot telah dihasilkan para ilmuwan di negeri Sakura. Namun saat ini, banyak robot yang diproduksi di sana justru malah terlantar dan jadi ‘pengangguran’ .

Rupanya krisis ekonomi global membuat industri robot Jepang yang mempekerjakan 370.000 orang ikut terkena imbasnya. Dikutip dari New York Times, Rabu (14/7/2009), permintaan masyarakat terhadap robot berkurang cukup drastis.

robot_b

Sebuah analisis memperkirakan, bisnis industri robot Jepang bakal menurun 40 persen tahun ini. Sedangkan data dari Japan Robot Association mencatat bahwa pengapalan robot industri menurun 59 persen pada kuartal pertama 2009 ketimbang kuartal sebelumnya.

Di pabrik, banyak produk robot-robot pekerja harus menganggur, menunggu lama untuk datangnya pesanan. Sedangkan robot-robot yang difungsikan untuk pekerjaan rumah tangga dan perawatan orang tua juga banyak yang tidak laku. Bahkan situasi tersebut memaksa beberapa perusahaan robot Jepang meminta perlindungan agar tidak bangkrut.

Waduh nggak tuannya, nggak robotnya, sekarang banyak menganggur. Kompak dong ….

Advertisements