Tags

, , , , , , , ,

Dari 4 pria yang mengikuti survei, 1 diantaranya mengaku pernah memperkosa seorang gadis. Seperti diberitakan BBC, 18 Juni 2009, riset ini dilakukan oleh Lembaga Peneliti Kesehatan Afsel. Tim juga menemukan data, 3 dari 4 pria melakukan pemerkosaan di usia remaja. Data diperoleh dari sekitar 1.738 pria sebagai sampel. Lokasi survei berada di wilayah KwaZulu-Natal dan Provinsi Timur Capetown. Riset juga dilakukan terhadap masyarakat kota dan desa serta seluruh ras.

Hasil perhitungan menunjukkan, 73 persen responden mengaku pernah melakukan pemerkosaan sebelum berusia 20 tahun. Lebih dari 50 persen bahkan melakukannya lebih dari satu kali. “Kami ingin merubah pandangan terhadap wanita di sini yang sebelumnya hanya sebagai objek seks menjadi rekan sosial,” kata seorang tim peneliti. Pemerintah Afsel sebelumnya sudah diminta pertanggungjawaban terkait tingginya angka pemerkosaan ini. Namun tidak ada respons yang berarti. Bahkan laporan terakhir menyebutkan, pemerkosaan juga sudah menimpa anak-anak. Hampir setiap 3 menit ada anak yang dilecehkan di negara penghasil berlian tersebut.

Ini peringatan bagi kita semua. Kejadian disana, harus menjadi perhatian kita disini, jangan sampai ketularan. Berhati-hatilah ….

1. Bagaimanakah ya, tentang penegakah HAM?

2. Bagaimanakah ya perlindungan terhadap wanita dan anak-anak?

3. UU dan penegakannya mestinya ditingkatkan secara ketat dan disiplin.

4. Wanita dan anak-anak mesti lebih preventif, cara berbusana dan “gerak menggoda” harus diminimalisasi.

5. Hukuman bagi laki-laki mesti ditingkatkan nhi ….

6. Peran “ketahanan keluarga” mesti dimantapkan.

7. Peran media untuk mengedukasi moral, nilai-nilai kemanusiaan dan penghormatan kepada wanita harus lebih menggebyar.

Advertisements