Tags

, , ,

Tepat di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI 2009 akan ada selam massal dan pengibaran bendera dan upacara bendera di dalam laut. “Direncanakan kegiatan akan memecahkan rekor dunia guinness world record, karena nanti ada 1.500 penyelam. Khusus untuk upacara di bawah laut baru Indonesia yang melakukannya,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul saat Konferensi Pers Sail Bunaken 2009 di Graha Marinir Jakarta, Rabu (3/6). Dengan selam massal ini, lanjutnya, bisa meningkatkan citra positif Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Kegiatan ini merupakan bagian dari Sail Bunaken 2009 yang berlangsung di Manado pada tanggal 11-19 Agustus 2009. “Kegiatan puncaknya adalah International Fleet Review (IFR),” katanya.

IFR merupakan parade kapal perang yang rencananya akan diinspeksi oleh Kepala Negara yang juga Panglima Tertinggi TNI. “Saat ini ada 24 kapal perang asing yang akan bergabung. Ditambah 20 kapal dari Indonesia,” ungkap Iskandar. 14 negara yang akan hadir beserta kapalnya adalah Amerika Serikat, Australia, Brasil, India, Inggris, Jepang, Malaysia, Pakistan, RRC, Rusia, Selandia Baru, Singapura, dan Thailand. Jumlah tersebut masih ditambah delegasi dari 15 negara, seperti Belanda dan Portugal. Kegiatan lain yang disenggarakan, antara lain reli kapal-kapal pesiar dari luar negeri yang akan diikuti lebih dari 100 kapal, seminar maritime security and fishing impact, parade budaya dan makanan nusantara, dan jet ski exhibition.

Ini baru Indonesia Banget. Perkuat terus eksistensi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Tingkatkan alutsista pertahanan laut dan udara, agar Indonesia Jaya terwujud secara nyata.

Advertisements