Tags

, , ,

Kalau kita pernah ziarah ke Taman Makam Pahlawan ataupun Taman Bahagia, seringkali kita hanya dapat melihat dan mengenali pusara bernama, dengan tanggal lahir dan tanggal kematian. Lebih dari itu? Nggak banyak informasi yang dapat diperoleh. Sehingga peziarah sering “lewat” saja dalam memahami perjuangan dan pengabdian yang dilakukan para pejuang/pahlawan yang diziarahi. Ini untuk para pahlawan/pejuang yang umum. Namun kalau yang punya sejarah ketokohan kuat memang masih mudah kita dapatkan informasinya perihal kematian dan pengabdiannya.

us_thumb

Kalau kita sudah baca Interactive map tool creates online memorial to U.S., coalition troops dan Map the Fallen launched! kita jadi tahu ternyata ada diantara warganegara Amerika Serikat yang punya cara tersendiri menghargai sesama warganegara Amerika Serikat yang berjuang/berperang untuk negaranya. Khususnya yang menjalankan pengabdiannya ke Irak dan Afghanistan. Bagaimana? Ternyata mereka menyiapkan memory online terhadap orang-orang yang dianggap pahlawannya itu dengan menyediakan data online secara interaktif perihal kelahirannya, sebab kematiannya, tempat dan waktu, dan daerah asalnya. Sehingga informasi ini dapat memberikan gambaran yang agak jernih dan jelas kepada orang-orang yang berziarah dan ingin mengetahui lebih lanjut, lebih jauh soal orang yang diziarahi. Siapakah dia dan kiprahnya? Hebatnya layanan ini bekerja secara interaktif dan berdasarkan timeline berbasis peta (Google).

spiral_thumb

Itulah sedikit berita terbaru bagaimana warganegara saling menghormati warganegara lain dari suatu negara (Amerika Serikat) dengan cara yang apa mereka bisa lakukan. Bagaimana di Indonesia? Barangkali kita perlu banyak merenung. Cara menghormati pahlawan/pejuang kita dengan cara bagaimana yang terbaik? Ada yang bisa memberikan ide ….

Advertisements