Tags

, ,

Apakah anda sudah pernah mengunjungi Perpustakaan Digital Dunia punya PBB?

Inilah tampilan awalnya …..

wdl_pbb

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memang telah merilis online World Digital Library (WDL), sebuah situs dokumentasi berbagai peninggalan bersejarah dunia. Diharapkan, situs ilmu pengetahuan ini bermanfaat bagi para pelajar, pendidik dan tentunya para pengguna internet secara umum. Konten yang ditampilkan memang amat beragam dan penuh dengan nilai historis. Di antaranya seperti buku-buku bersejarah, peta kuno, rekaman dan artefak lainnya yang tak ternilai harganya.

Tujuan pembuatan WDL untuk menambah volume dan variasi konten kebudayaan di internet sekaligus memperpendek jurang digital antar negara. WDL tersedia dalam beberapa bahasa termasuk Arab, Inggris, China, Rusia dan Spanyol. Bahasa  Indonesia belum lha yo. Konten yang ada di dalamnya adalah sumbangan dari berbagai institusi ternama di seluruh dunia. Secara khusus, lembaga kebudayaan PBB UNESCO bertanggungjawab atas konten di WDL. Ke depannya, salah satu tantangan yang menghadang misalnya bagaimana mendokumentasikan sedemikian banyak arsip historis secara online tanpa memperlambat akses atau mengganggu kenyamanan user.

Inilah tampilan objek-objek dari Indonesia ….

wdl_pbb_1

Untuk Indonesia, hingga saat ini setidaknya ada 20 objek yang sudah diarsipkan di WDL tersebut. Salah satunya adalah lukisan Raden Saleh yang menggambarkan adanya banjir besar di Jawa masa lalu. Cobalah anda berkunjung ke World Digital Library (WDL) sesekali, siapa tahu ada perkembangan baru yang menarik.

Advertisements