Tags

, ,

Mungkin anda sudah tahu, begitu mudahnya mendapatkan majalah gratis melalui internet. Cari melalui Google dengan kata kunci Free Subscription Magazine, isi form yang ditampilkan dengan sebisa mungkin datanya logis, lengkap dan (bagaimana caranya) dapat dipercaya. Modalnya? Ya, setidaknya sepotong alamat email yang meyakinkan. Tinggal tunggu majalah-majalah itu akan datang sendiri ke tempat anda. Kalaupun tidak dapat yang berbentuk printed (cetakan), setidaknya dapat yang digital.

majalah_free

Saya sudah melakukan hal ini, sehingga cukup banyak majalah yang datang ke rumah saya setiap bulannya. Beberapa majalah yang rutin saya terima dapat saya sebutkan disini, ialah: ORACLE, AVIATION MAINTENANCE, AVIONICS, InsideGNSS, Flight International, Business & Commercial Aviation, dan lain-lainnya. Juga beberapa majalah yang dalam bentuk digital dapat secara rutin saya unduh setiap bulan. Betul-betul gratis? Ya iyalah, mana mampu saya kalau dari gaji/income saya membayar langganan begitu banyak majalah.

Caranya? Ya, seperti yang sebutkan di atas, modal searching dan email. Cuma ada sedikit saran nhi:

1. Gunakan email yang aktif, karena suatu saat digunakan sebagai alamat pengecekan.

2. Sedapat mungkin data “realistis” alias mendekati aslinya. Nomor telepon/HP usahakan apa adanya, karena suatu saat kita akan dikontak.

3. Untuk majalah cetakan biasanya “lebih sulit” didapat daripada yang digital, tetapi tetap saja masih ada kemungkinan dapat majalah cetakan sepanjang isian data kita “dianggap/dinilai” dekat dengan tipe/jenis majalah yang kita sasar oleh penerbit.

4. Majalah komersial bukan berarti nggak bisa diminta secara gratis. Penerbit umumnya sudah mengalokasikan sekian prosen dari oplah majalahnya untuk pelanggan yang berkategori free. Terutama dengan pendekatan profesi dan posisi sebagai pembaca potensial. Saya punya pengalaman langganan majalah free untuk majalah yang harga komersialnya US$10.

5. Sekali lolos sebagai pelanggan free salah satu majalah, kita biasanya dapat dengan mudah mendapatkan majalah free lainnya. Bahkan ditawari secara periodik.

6. Yang free memang kebanyakan majalah asing daripada majalah Indonesia.

7. Kalau diminta daftar ulang jangan pernah ditunda-tunda, karena kalau ini terjadi langganan majalah kita akan distop.

8. Buatlah data pribadi/riwayat hidup kita secara standar, konsiten dan meyakinkan bagi yang membacanya. Karena suatu saat kalau kita diminta isian data pada form lain lagi secara ulang nggak sulit/pusing untuk menjaga konsistensi data.

9. Jangan pernah putus asa berburu majalah asing yang free, karena memang beberapa penerbit betul-betul menelusuri kelayakan/kepantasan kita untuk menerima majalah tersebut dengan pendekatan profesi, selalu banyak cara untuk meyakinkan penerbit semacam ini. Memang kadang-kadang referensi seorang teman menjadi cara mudah dan efektif untuk mendapatkan majalah semacam ini.

Ok, selamat berburu majalah gratis lewat internet, semoga sukses.

Advertisements