Tags

, ,

Apakah Identitas Nasional, sobat? Menurut Prof. Koento Wibisono:

a. Identitas nasional merupakan manifestasi nilai budaya bangsa dengan ciri khas.

b. Identitas nasional Indonesia merupakan manifestasi nilai budaya ratusan suku – dihimpun dalam “kesatuan Indonesia” menjadi ciri khas yang tercermin dalam pandangan hidup bangsa, Pancasila, sebagai kesepakatan bangsa.

c. Identitas nasional bersifat terbuka, sesuai dengan budaya yang menjadi “akar” yang selalu terbuka, untuk diberi tafsir baru.

Identitas Nasional sebagai karakter ideal bangsa adalah:

Ciri khas/karakter bangsa Indonesia yang dinamis dan mencerminkan perilaku berbudaya yang berdasar atas nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan (Pancasila).

Apa sajakah Cultural Universals?

a. Menurut Koentjaraningrat: Sistem religi dan upacara keagamaan, Sistem dan organisasi kemasyarakatan, Sistem pengetahuan, Bahasa, Seni, Sistem pencaharian/ekonomi, Sistem teknologi dan peralatan.

b. Menurut JWM Baker: Pengetahuan bahasa dan khasanah kata dasar, cara pergaulan sosial, adat-istiadat, pernilaian-pernilaian umum, reaksi-reaksi yang predictable, kemampuan mencari nafkah, dsb.

Catatan : Orang/masyarakat yang memiliki cultural universals bisa dianggap sebagai “basic personality”, dan jika memiliki secara sempurna disebut ”ideal personality”.

Kebudayaan dan Identitas Nasional

Kebudayaan bangsa adalah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budi daya rakyat Indonesia seluruhnya. Kebudayaan lama dan asli yang terdapat sebagai puncak kebudayaan di daerah-daerah di seluruh Indonesia, terhitung sebagai kebudayaan bangsa. Usaha kebudayaan harus menuju ke arah kemajuan adab, budaya dan persatuan, dengan tidak menolak bahan-bahan baru dari kebudayaan asing yang dapat memperkembangkan atau memperkaya kebudayaan bangsa sendiri, serta mempertinggi derajat kemanusiaan bangsa Indonesia. “Sebagai komitmen nasional, dan secara kon stitusional — menjadi dasar dan arah pengembangan kebudayaan dan sekaligus juga bagi pengembangan identitas nasional”.

identitas_indonesia

Ingat-ingat Konstitusi ya ….

a. Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia. [Pasal 31 (5) UUD 1945]

b. Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya. [Pasal 32 (1) UUD 1945]

c. Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional. [Pasal 32 (2) UUD 1945]

Kebudayaan yang berkembang di Indonesia mestinya selaras dengan nilai-nilai Identitas Nasional antara lain:

a. Berdasar atas nilai-nilai keTuhanan, kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan (Pancasila)

b. Menuju ke arah kemajuan adab, budaya dan persatuan.

c. Tidak menolak bahan-bahan baru dari kebudayaan asing yang dapat memperkembangkan atau memperkaya kebudayaan bangsa.

d. Mempertinggi derajat kemanusiaan bangsa Indonesia.

Empat elemen Identitas Nasional adalah: a. Pancasila, b. UUD 1945, c. Negara Kesatuan, dan d. Bhinneka Tunggal Ika.

Ok, sudah sedikit mengerti Identitas Nasional? Sekarang cocokkan, masihkah anda beridentitas Indonesia?

Advertisements