Tags

, ,

Sewaktu Pemilu Legislatif kemiarin anda ribut-ribut dan meributkan soal Daftar Pemilih tetap (DPT)? Okelah, sudah lewat. Menjelang Pemilu Presiden semoga nggak meributkan lagi. Proaktiflah untuk mengecek nama anda sendiri, sudah masuk DPT? Karena warga yang belum terdaftar dalam DPT Pileg hanya memiliki waktu hingga 20 April 2009 untuk mendaftarkan dirinya. Mengingat pelajaran Pileg kemarin, anda semuanya diminta proaktif mendaftar.

Saya kira semua memperoleh pelajaran dari kemarin. Karena itu masyarakat yang belum terdaftar proaktiflah untuk mendaftar,” ujar anggota KPU Andi Nurpati, Jumat, 10 April 2009. Dalam Peraturan KPU Nomor 10/2009 tentang Tahapan dan Program Pilpres sebenarnya disebutkan, jadwal untuk pengumuman DPS dan tanggapan masyarakat adalah 1-7 April. Namun penetapan DPT oleh KPU kabupaten/kota baru dilakukan tanggal 20 April. Menurut Andi, masyarakat yang belum terdaftar memiliki waktu hingga 20 April 2009 untuk mendaftarkan diri. Mereka bisa mendaftrar ke KPPS, Ketua RT, Ketua RW, atau ke PPS di kelurahan.

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) juga akan proaktif mendata warga yang belum terdaftar sekaligus mencoret nama-nama ganda dan nama yang tidak berhak memilih. Dalam upaya pemutakhiran itu, KPU telah meminta seluruh jajarannya di bawah untuk berkoordinasi dengan pemerintah mengingat jaringan pemerintahlah yang paling mengetahui tentang warganya. Andi menerangkan, untuk Pilpres putaran ke-2 tidak akan dilakukan pemutakhiran data pemilih lagi. DPT-nya sama dengan DPT Pilpres putaran pertama. Karena itu, saat inilah kesempatan paling baik bagi masyarakat untuk memastikan mereka terdaftar sebagai pemilih.

aku_memilih

Berikut jadwal penetapan DPT Pilpres dalam Peraturan KPU:

1-7 April Pengumuman DPS dan tanggapan dari masyarakat.

8-20 April Perbaikan DPT hasil tanggapan masyarakat oleh PPS dan PPS LN.

25-28 April Penetapan DPT dan rekapitulasi oleh KPU kabupaten kota.

1-5 Mei Rekapitulasi DPT oleh KPU provinsi.

6-13 Mei Penetapan DPT nasional oleh KPU pusat.

Aktiflah mengecek DPT Pemilu Presiden, kalau anda memang WNI Nomor 1, nggak perlu pakai ribut-ribut. Jangan menempatkan diri sebagai mental “juragan” saudara-saudaraku, ada waktu dan kesempatan ngecek DPT nggak mau ngecek, waktu contrengan nggak ada namanya marah-marah, maunya apa? Aduh malu deh kita jadi warganegara beginian … para pengurus parpol semestinya juga membantu para konstituennya ikut aktif mengecek DPT …. biar semua pada plong, pemilu lancar, sukses, demokrasi bergema positif dan Indonesia mendapatkan pimpinan negara/bangsa yang legitimate & berkualitas.

Ayo ikut ngecek DPT Pemilu Presiden ramai-ramai sekarang juga ….

Advertisements