Tags

, ,

Sekarang hari-hari tenang menyongsong hari contrengan Pemilu, Kamis, 9 April 2009. Ketenangan ini janganlah kau usik dengan kata-kata pedas, menyudutkan, menggelikan dan tanpa makna. Apalagi dengan kata-kata berjanji yang penuh kepalsuan. Cukuplah rakyat diombang-ambingkan dengan kata-kata penuh silat lidah pada waktu kampanye lalu. Cukuplah udara Indonesia dihingar bingarkan oleh deru knalpot kendaraan kampanyewan yang dengan perilaku seakan tanpa berdosa menumpahkan ribuan polusi karbondioksida. Cukuplah televisi kita ditunpahi dengan wajah-wajah penggoda publik dengan aneka tipuan kata, rasa dan data. Cukup sudah. Biar ketenangan ini semakin bermakna.

Untuk saudaraku para caleg dan para pengurus parpol, saatnyalah anda semua berkontemplasi (merenunglah: apa sesungguhnya yang akan anda cari/gapai) tentang apa-apa yang anda lakukan dahulu dan kemarin. Tak perlulah saudara bersusah-susah dan mencari celah hukum dan situasi untuk meminang-minang konstituen lagi agar menimang-nimang nama dan parpol anda. Kemarin sudah cukup. Sekarang tinggal anda berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar maksud anda jadi legislatif kesampaian, agar parpol anda mendapatkan suara signifikan, agar anda dan partai anda dapat berkuasa nantinya ….. nggak perlu berusaha kampanye-kampanye sembunyi-sembunyi lagi, apalagi bagi-bagi amplop lewat serangan malam, serangan fajar, serangan dadakan segala …. sadarlah NASIB ANDA TINGGAL 1 HARI LAGI DITENTUKAN! Bersiap-siaplah dengan segala mental yang terkuat untuk menerima hal-hal yang mungkin terjadi, yang di luar perkiraan anda. Jangan pernah menyesal dan menyalahkan siapapun kalau anda terjerembab. Itulah hukum politik. Kalau anda merasa harus menderita karena gagal nyaleg, karena parpol anda kalah, ya menderitalah dalam sesaat saja …. itu wajar …. jangan dimasukkan di hati sehingga menderita seterusnya …. sehingga menjadi TAMU pertama kamar-kamar khusus yang telah disiapkan oleh para dokter di RS Jiwa di berbagai kota di Indonesia. Jangan sampailah ….

cat

Untuk anda para calon pemilih, waktu ketenangan ini gunakanlah sepenuhnya untuk memotret para caleg/parpol, menelusuri catatan kualitas caleg/parpol, dan menyiapkan siapa dan apa yang akan anda conterng nantinya … dengan hati jernih, nalar sehat dan badan waras. Jangan salah pilih, nasib anda (dan nasib kita semua) akan terpengaruh. Jangan mudah tergoda aneka survai dan godaan sms yang datang ke nomor HP anda, ke email anda, ke hadapan anda …. Apalagi godaan uang 50 ribu, 100 ribu atau 200 ribu sekalipun ….. itu nanti akan disedot lagi saudara, kalau orang yang memberi uang itu betul-betul jadi legislator. Lewat apa? ya, lewat beragam cara …. lihatlah kasus-kasus legislatif 2004-2009 yang lalu ….

Kalau sekadar nyoba/ngecek pilihan boleh saja dengan mengisi polling Pemilu 2009 yang ada di blog ini, yang relatif nggak ada pengaruh signifikan dengan hasil pemilu sebenarnya … setidaknya hanya sekadar latihan memilih dan memprediksi. Silakan isi polling dan lihat hasilnya ….. ada yang mengejutkan?

Jadi, saudara-saudaraku, janganlah kau usik hari-hari tenang kita ini dengan aneka tipu-tipu daya. Mari kita jadikan Pemilu 2009 lebih berkualitas dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang pernah dilaksanakan di Indonesia.

Advertisements