Tags

, ,

Hari ini saya ikut rapat membahas Visi & Misi organisasi tempat kerja saya. Ternyata butuh waktu lumayan lama ya …. 2 jam saja belum cukup hanya untuk “mengolah” Visi, jadi belum sampai omong-omong soal misi ….

Ya, begitulah semangat reengineering menuju ke masa depan … memang butuh pemikiran mendalam dan mesti bernuansa futuristik … beraroma trend dibumbui sebanyak mungkin “ukuran” global, karena dunia semakin borderless …  Wis pokoknya otak-atik lama untuk me-revitalisasi Visi dan Misi. Agaknya memang harus begitu ya?

Visi tetap saja nggak boleh terlalu utopis, ideal namun tetap realistis. Nanti kalau terlalu diawang-awang ya lucu … siapa yang mampu menggapainya ya …. tetapi cita-cita memang harus setinggi langit khan …..

Ada yang menarik terungkap di forum itu, misalnya, contoh-contoh tagline Visi yang bagus (katanya) ya …

1. Sebuah perguruan tinggi: The Word Class Research University.

2. Sebuah Departemen: Menuju Indonesia Sehat 2025.

3. Sebuah perusahaan: The Word Class Telecommunication Operator.

Visi memang harus mampu memberi semangat orang-orang yang ada di dalam dan sekitar organisasi itu ya … pembaharuan visi mestinya melahirkan motivasi baru dan keinginan kuat untuk menjadi yang terbaik, terhebat, terunggul, ter … ter … ter … terima kasih deh!

Ada contoh lagi yang menarik? Mungkin Visi & Misi partai politik yang sekarang sedang gencar berkampanye ya … silakan tambahkan disini ….

Advertisements