Tags

, ,

Ada salah satu cara ideal untuk menguliti parpol/capres, sebelum anda menentukan/menjatuhkan pilihan. Bagaimana? Lihat dan ukurlah visi & misi parpol/capres, apakah sejalan dengan Alinea IV Pembukaan UUD 1945! Yang mana itu? Perhatikan berikut ini:

Membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang:

1. Melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (melindungi WNI di dalam dan luar negeri, serta teritorial darat, laut, dan udara Indonesia).

2. Memajukan kesejahteraan umum (bukan hanya papan, sandang, pangan, apalagi cuma sembako, mestinya termasuk pendidikan dan sosial, kesejahteraan lahir dan batin rakyat Indonesia)

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa (pendidikan formal, informal, non formal, beasiswa, biaya murah untuk pendidikan, dan lain sebagainya)

4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial (diplomasi internasional, meningkatkan peran Indonesia dalam konstelasi global, menghapus penjajahan kemanusiaan, semisal masalah palestina, dan lainnya)

Nah, silakan dicek and recek , mumpung masih musim kampanye. Betulkah parpol-parpol/capres itu mengusung visi, misi dan agenda yang memuat empat hal tersebut, tanpa dipilah-pilahkan, serentak, serta ingin mengelaborasikan keempat hal tersebut untuk Indonesia yang lebih baik ke depan, karena ini amanat konstitusi kita, UUD 1945.

Kalau nggak ada 4 hal itu secara tersurat, hanya koar-koar program/agenda yang nggak jelas juntrungannya, lupakan saja parpol/capres itu …. karena parpol/capres beginian jelas membuat visi, misi dan agenda tanpa mendasarkan pada konstitusi. Apa yang bisa anda harapkan dari parpol/capres semacam ini! Jangan pilih parpol/capres yang nggak bener deh!

Advertisements