Tags

, ,

Departemen Komunikasi dan Informastika (Depkominfo) mendukung sosialisasi Pemilu 2009 melalui pesan singkat dengan menggandeng sepuluh operator telekomunikasi. Program sosialisasi pemilu melalui SMS ini diluncurkan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat, 20 Maret 2009. Inisiatif  Depkominfo dan kesepuluh operator ini memang bagus untuk mendukung upaya sosialisasi Pemilu 2009, karena jumlah pengguna seluler saat ini mencapai 115 juta pengguna atau 80 persen dari total pemilih yang terdaftar sehingga sosialisasi ini akan tepat sasaran. Pesan singkat di seluler biasanya selalu dibaca dan tepat sasaran. Oleh karena itu, model sosialisasi ini sangat efektif. Para pengguna seluler nantinya akan menerima tiga materi SMS secara bertahap.

kpu

SMS pertama Dikirimkan tanggal 20-22 Maret 2009 :

“Sukses Pemilu 2009 adalah Sukses Bangsa. Mari sukseskan pesta demokrasi 9 April 2009”.

SMS kedua Dikirimkan antara 23 Maret-4 April 2009 :

“Tandai pilihanmu dengan centang (v) satu kali di kolom parpol/nomor urut calon/nama calon untuk memilih Anggota DPR dan DPRD serta di kolom foto untuk anggota DPD”.

SMS ketiga Dikirimkan pada periode waktu 6-8 April 2009 :

“Ingat 9 April 2009, bagi yang telah terdaftar di DPT silahkan datang ke TPS dan berikan suata anda dengan tanda centang (v) di surat suara”.

Jumlah karakter yang dikirim untuk setiap kalimat sengaja dibatasi sesuai dengan kapasitas layanan seluler dan fixed wireless access (FWA). Layanan ini juga tidak dipungut biaya oleh para penyelenggara telekomunikasi sebagai salah satu kontribusi operator bagi kepentingan nasional. Gratis! Pesan tersebut rencananya akan dikirim ke semua pengguna layanan telekomunikasi. Sudahkah Anda menerima SMS dari KPU hari ini?

Nah lu, dengan 3 kali SMS masihkah Golput sobat? Jangan dong. Sebagai WNI Nomor 1, gunakan hak pilih anda secara bertanggungjawab demi meningkatnya demokratisasi bangsa dan negara Indonesia.

Advertisements