Tags

, ,

Tanggal 16 Maret 2009 besok telah ditetapkan oleh KPU sebagai mulainya waktu kampanye terbuka bagi Parpol menjelang Pemilu Legislatif 2009. Tanggal ini juga berarti mulailah senam jantung bagi kebanyakan pengguna jalan yang lain yang (sedang) nggak ikut kampanye lapangan …. Kejadian demi kejadian (seperti kampanye-kampanye sebelumnya) selalu merujuk pada arogansinya peserta kampanye, nekatnya pengguna/pengemudi kendaraan kampanye terkait psikologi massa (alias temen-temennya lagi banyak, sehingga umumnya menjadi berani dan nehad), banyak pelanggaran lalu lintas di jalanan, sikap sok berkuasa dalam arak-arakan, ……………………., dan sejenisnya, barangkali anda lebih tahu dari saya.

Padahal apa sih substansi tujuan kampanye? Simple. Mencari dukungan massa/fans/konstituen sebanyak-banyaknya sehingga pada waktu pilihan (mencontreng: 9 April 2009) massa tersebut mau ikut memilih parpol tersebut. Itu saja. Sehingga diharapkan parpol tersebut dapat mendulang suara, dan semoga dapat memenangkan pemilu tahun ini. Namun kalau parpol dan pendukungnya tersebut memilik tabiat yang nggak elok dalam kampanye, siapa mau pilih ya? Boro-boro nyonterng, mengenali parpol itu saja nggak mau, apalagi kalau supporternya menakutkan …..

Ya sudah, warganegara Indonesia yang terhormat, nggak perlu ngrasani yang mau kampanye, biarkan saja kalau mereka maunya masih begitu, pamer ketidaksopanan di jalan … yang jelas anda punya hak memilih 100%, sekaligus menghakimi parpol/caleg yang perilaku dan jenis/cara kampanyenya nggak bermutu, urakan banget, pimpinannya yang nggak bisa mengendalikan konstituennya di jalanan (logikanya: mengendalikan supporternya saja nggak bisa, apalagi mau mengendalikan Indonesia yang besar, luas dan beragam ini), jadikan hal ini sebagai salah satu pertimbangan anda untuk mencontreng atau tidak mencontreng parpol/caleg tersebut. Di bilik suara, andalah yang berkuasa! Biar parpol/caleg/pendukungnya yang beginian makin sadar, Indonesia nggak butuh arak-arakan untuk lebih maju ekonominya, demokrasinya, hukumnya …. jalanan sudah panas, kehidupan sudah susah, kering dan pengap, janganlah ditambahi dengan konvoi edan-edanan di jalan … Indonesia nggak butuh itu! Mau show of force ke rakyat? Keliru kalau caranya begitu.

Oke, ingat besok 16 Maret 2009 mulai musim kampanye, hati-hati saudara, kalau anda masih waras dan menemui kejadian kampanye arak-arakan yang absurd, bobrok, ugal-ugalan dan arogan, minggir saja dan mengalah, biar anda nggak katut sinting, seraya berdoa biar aparat Pemilu (KPU/Bawaslu) dan aparat keamanan & ketertiban dapat mengendalikan. Yang penting, berikan vonis pada parpol tersebut tanggal 9 April 2009 : “Saya nggak sudi memilih parpol yang beginian!”

Setuju ………………?!

Advertisements