logoku

Saya dapat complain setelah menulis bahwa hidup adalah perubahan ( lihat https://mardoto.wordpress.com/2008/05/27/hidup-adalah-perubahan/ ). Bukan masalah contentnya. Dinyatakan isinya sih oke-oke saja. Tetapi dalam konteks saat ini ada yang lebih penting, kata sang complainer, apalagi pada moment kebangkitan nasional. Apa itu?

Katanya, yang urgent sekarang : Hidup adalah persaingan. Siapa yang nggak mau bersaing (menyiapkan diri untuk bersaing) pasti terpinggirkan. Kena seleksi alam. Itu sepertinya sudah kepastian. Dulu juga sudah persaingan, tetapi dengan semakin banyaknya keterbatasan-keterbatasan dalam berbagai hal (energi dan pangan, misalnya ) persaingan itu makin seru. Yang berhasil dalam persaingan adalah yang mau membekali diri dan antisipasi ke depan dengan menyiapkan “senjata” dan selalu mengasahnya. Sudah nggak jamannya “biar lambat asal selamat”, menunggu bola, menonton saja, yang betul: “harus ikut bermain”, supaya tidak terlindas jaman.

Utamanya, persaingan itu harus diikuti dalam koridor hukum dan etika. Begitu ya ……. ? Anda setuju yang dikatakan sang complainer?