//
you're reading...
Catatan, Facebook, indonesia, mAnajemen, pOlitik, Yogyakarta

CATATAN HARIAN #000.030 : WNI NOMOR 1

MAKNA HIDUP

Hidup akan kehilangan makna jika kita hanya sekedar hidup begitu saja. Sebenarnya kualitas pribadi seperti apa yang ingin kita cari dalam hidup ini? Mungkin kita perlu merenung dan menyelami keberadaan kita di dunia selama ini.

Rendah Hati
Kerendahan hati sebenarnya mengungkapkan kekuatan kita. Umumnya hanya mereka yang kuat jiwanya yang mampu bersikap rendah hati. Orang yang rendah hati bisa digambarkan seperti padi, semakin berisi semakin menunduk, bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain.

Bersikap Positif
Orang yang bersikap positif selalu berusaha melihat segala sesuatu dari sisi positif, bahkan dalam situasi terburuk sekalipun. Mereka lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka berbicara tentang harapan daripada penyesalan, lebih suka mencari solusi daripada frustasi, dan lebih suka memuji daripada iri hati.

Selalu Ceria
Memang tidak semua orang dikaruniai temperamen ceria. Keceriaan juga tidak harus dilihat dari ekspresi wajah dan tubuh, namun dari sikap hatinya. Orang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh, dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Mereka juga mempunyai potensi untuk menghibur atau memberi semangat pada orang lain.

Bertanggung Jawab
Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Kalau melakukan kesalahan, mereka berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, mereka juga tidak mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau merasa kecewa dan sakit hati, mereka cenderung tidak menyalahkan siapapun. Mereka menyadari bahwa mereka sendirilah yang bertanggung jawab atas apapun yang dialami atau dirasakannya.

Percaya Diri
Rasa percaya diri memungkinkan seseorang dapat menerima dan menghargai dirinya sendiri serta menghargai orang lain. Orang yang percaya diri mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi baru ataupun yang berubah-ubah. Mereka tahu apa yang harus dilakukannya dan akan melakukannya dengan terbaik.

Easy Going
Orang yang “easy going” cenderung menganggap hidup ini ringan dan indah. Mereka tidak suka membesar-besarkan masalah yang kecil, bahkan memahami secara proporsional masalah-masalah yang besar. Mereka tidak suka mengungkit masa lalu, tidak khawatir dengan masa depan, dan tidak stres dengan masalah-masalah yang berada diluar kontrolnya.

Empati
Empati adalah sifat yang sangat mengagumkan. Orang yang berempati bukan saja menjadi pendengar yang baik, namun juga bisa menempatkan diri pada posisi kondisi orang lain. Mereka selalu mencari jalan keluar terbaik ketika terjadi konflik serta tidak suka memaksakan pendapat atau kehendaknya sendiri. Mereka selalu berusaha untuk memahami dan mengerti orang lain.

Masih adakah sebutir kebaikan anda yang bisa diberikan ke orang lain hari ini?

Yogyakarta, 5 Maret 2013
Salam,
Mardoto, Drs., M.T.

***** Semua tulisan ini telah dipajang di akun facebook saya. Penasaran, dan ingin tahu lebih banyak tulisan saya? Yuuk connect. Klik saja disini

About these ads

Discussion

No comments yet.

Silakan tulis komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 269 other followers

%d bloggers like this: