REUNIAN ITU ILMIAH!

Ilmiahnya reuni tergambar dari beberapa hal sebagai berikut:

1. Orang selalu ingin bertemu (kembali) dengan pengalaman yang pernah dijalani dahulu kala, termasuk bersua kembali dengan teman-temannya sewaktu sekolah/kuliah. Ini ilmiah, karena memanfaatkan kemampuan memori, dan kapasitas memori.

2. Setelah tidak bertemu dalam jangka waktu lama, terus akhirnya bertemu kembali, umumnya banyak yang terkaget-kaget, sekarang sobat-sobatnya terlihat (secara fisik) banyak berubah, yang paling menyolok adalah ukuran pakaian (dulunya S/M sekarang banyak yang menjadi L/XL). Ini ilmiah, karena ini bukti ada proses perubahan, perkembangan, murni faktor adaptasi alamiah.

3. Secara pencapaian hidup dan kehidupan, memang tak bisa dipastikan, ada yang dahulu sewaktu sekolah tampil dengan ukuran the have, namun sekarang biasa saja, atau kondisi yang sebaliknya. Ada juga yang dahulu dan kini kondisinya tetap saja, apa adanya, satabil, bahkan lucu-lucunya pun konsisten. Ini ilmiah, karena ada proses perjalanan waktu yang berhadapan dengan proses seleksi ilmiah.

4. Kalau reunian diisi acara-acara yang berbau ilmiah dan serius sepertinya tak tepat, tak menarik, tak disambut, meskipun dahulu kala sekolahnya maupun kuliahnya memang ilmiah banget, 111% sangat ilmiah, akademis, tapi suasana reuni dalam pikiran dan harapan yang hadir adalah inginnya bernuansa senang-senang, wong inginnya cuma ha ha hi hi, ketawa-ketiwi, kulineran, nostalgia dan napak tilas masa sekolah/kuliah dulu, silaturrahim dan tebar kenangan. Ini jelas ilmiah, karena yang hadir di acara reunian, umumnya orang-orang yang sudah capek dengan beban kerja, jadi maunya refreshing melulu.

5. Pas reunian, banyak yang terkecoh antar (mantan) teman, entah sengaja atau tak disengaja, terutama antara adik-kakak kelas yang dulu kenal namun tak begitu akrab. Pada saat reuni, saya sempat mengalami hal ini, dipanggil “dik” oleh alumni yang lebih yunior dari saya, ha ha. Alhamdulillah, ini berarti saya terlihat lebih muda dari yunior saya. Ini sangat ilmiah, karena penampilan bisa menipu, apalagi dengan perkembangan iptek kosmetika maupun aksesoris dan sejenisnya. Ilmiahnya jelas, hardware maupun software sangat bermanfaat untuk “mengubah” penampilan.

6. Setiap selesai reuni selalu muncul pertanyaan standar, kapan nhe ada reuni lagi. Ini tentu ilmiah juga, karena manusia cenderung ingin mengulang dan menelusur balik setiap hal yang menyenangkan dan membahagiakan.

Yogyakarta, 19 September 2012

Salam,
Mardoto, Drs., M.T.

About these ads