66 comments on “BANGGA/TIDAK BANGGA INDONESIA

  1. HAL YANG MEMBANGGAKAN
    1. Orang indonesia itu ngotot. untuk mempertahankan apa yang menjadi keyakinannya, ngotot untuk mencapai apa yang diinginkan dan memiliki semangat yang berapi-api. ini sangat berguna dalam mempertahankan harkat martabat bangsa (misalnya dalam sebuah kompetisi tingkat dunia, seperti piala AFF lalu misanya)
    2. Orang indonesia itu suka dengan kebersamaan. ini bisa dilihat dari sejarah perjuangan bangsa. demi kemerdekaan berbagai suku dan golong di indonesia bersatu menentang penjajah karena merasa senasib sepenanggungan. prinsipnya bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh….
    3. Orang indonesia itu ramah.

    HAL YANG TIDAK MEMBANGGAKAN
    1. Karena orang indonesia itu ngotot, kadang sering terburu2 dalam menyikapi masalah, karena pemahaman yang kurang, orang indonesia terlalu mudah menilai sesuatu yang kita asing sebagai hal yang tidak benar dan harus dihilangkan dengan cara apapun jika tidak seperti yang kita mau.
    2. Karena orang indonesia itu suka dengan kebersamaan, tapi mungkin karena kebersamaannya hanya sebatas satu golongan saja, dan kebetulan mereka merasa punya nasib yang sama dan pandangan yang sama maka muncullah sifat ekslusivisme, yaitu menganggap golongan mereka yang paling baik dan benar sehingga menimbulkan konflik dengan kelompok lain..
    3. Karena adat (atau mungkin budaya yang masih terpengaruh kerajaan) maka kecenderungan pemimpin di indonesia juga seolah olah menganggap dirinya raja, jika ia mendapat kedudukan yang cukup berpengaruh di pemerintahan

    RADITYA PERDANA
    08/269837/PA/12096
    GEOFISIKA

  2. 3 HAL YANG MEMBANGGAKAN DARI SIKAP/PERILAKU/KEPRIBADIAN BANGSA INDONESIA

    1)GOTONG ROYONG -perilaku bergotong royong merupakan cerminan sifat asli dari bangsa indonesia,meskipun untuk masa sekarang hal tersebut sudah mulai pudar ditemukan dimasyarakat perkotaan,namun sikap kegotong royongan tersebut masih tumbuh subur dan dipelihara pada kehidupan masyarakat di pedesaan.contoh nyatanya yg dapat kita lihat dari sikap gotong royong ini ketika melakukan kegiatan kerja bakti atau kegiatan sosial di lingkungan kita.
    2)SOPAN SANTUN -Sikap sopan santun juga menjadi ciri dari bangsa indonesia,hal tersebut berkaitan erat dengan budaya kita (dimana kita menganut budaya timur) dimana norma-norma menjadi acuan dan pedoman kita untuk bersikap
    3)DEMOKRASI – sikap demokrasi juga ikut memberi warna dalam pencitraan jati diri bangsa indonesia,meskipun belum bisa dikatan 100% menerapkan demokrasi dengan “sebenar-benarnya demokrasi” namun kita patut bangga dengan penerapan demokrasi dinegara kita yang tujuannya untuk membawa perubahhan kearah yang lebih maju dan positif dibandingkan dengan masa sebelumnya.

    3 HAL YANG TIDAK MEMBANGGAKAN DARI SIKAP/PERILAKU/KEPRIBADIAN BANGSA INDONESIA

    1)BUDAYA KORUPSI -Sikap/Perilaku korupsi ini bisa dibilang telah mendarah daging di negri kita yg tercinta ini.dari atasan hingga bawahan disemua kalangan semuanya bisa dibilang pernah melakukan “KORUPSI” di segala bidang (Contoh Korupsi waktu,materi,kekuasaan/jabatan dsb).Yang lebih mengecewakannya lagi negara kita termasuk dalam “polling negara terkorup di dunia”,sungguh merupakan pencitraan yg tidk baik bagi bangsa indonesia dimata internasional.
    2)ANARKISME -Sikap ini belakangan menjadi sorotan di negara kita,dalam menghadapi perbedaan justru jalan “anarkisme” yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan tersebut tanpa mempertimbangkan akibat yang ditimbulkan.
    3)FANATISME BERLEBIHAN -sikap ini juga bisa mencederai toleransi khususnya antar umat beragama,sikap ini juga tidak sesuai dan menghargai keberagaman yg ada dinegara kita.

    *NB:mohon maaf atas keterlambatan pengumpulan tugas 1 karena sejujurnya saya beru mengetahui tugas ini tadi setelah kuliah KWN,untuk kedepannya saya berjanji tidak akan mengulangi keterlambatan ini.Terimakasih atas toleransi waktu pengumpulan yg bapak berikan,

    Salam.
    Erfandi Adhiansyah
    Geofisika UGM
    08/269539/PA/11961

  3. Maaf pak postingan yang dari Aurum Datametriana itu kurang NIM dan Prodi.
    Saya beri lengkapnya Aurum Datametriana, 08/29778/PA/12070, Fisika/Geofisika
    1. MEMBANGGAKAN
    a. Gotong Royong
    Menjelang akhir 2010 ada dua bencana besar terjadi di Indonesia yaitu Erupsi Merpi, dan Gempa disertai Tsunami di Sumatera Barat. Segenap warga Indonesia tanpa diminta maupun dipaksa bersama-sama membantu meringankan beban para korban bencana dengan berbagai cara. Bantuan-bantuan datang secara simultan meski tidak ada koordinasi secara menyeluruh.

    b. Toleransi Beragama
    Beberapa waktu lalu disiarkan di Yogyakarta mengakui Ahmadiyah karena Daerah Istimewa Yogyakarta ingin menjadi garda depan menunjukkan toleransi beragama.

    c. Keragaman Budaya
    Wilayah Indonesia yang terbentang dari ujung barat Sabang sampai ujung timur Merauke memiliki beragam budya yang masih terus dilestarikan. Contohnya Upacara Sekaten.

    2. TIDAK MEMBANGGAKAN
    a. Pencitraan
    Media komunikasi semisal televisi yang tidak obyektif sangat rentan terhadap kepentingan pihak-pihak tertentu yang memiliki kepentingan ‘khusus’ terhadap publik melalui pencitraan terhadap tokoh tertentu. Pencitraan ini seringkali digunakan untuk menarik simpatik dari masyarakat untuk menutupi kasus-kasus kejahatan yang dilakukan oleh pihak yang juga berkepentingan ‘khusus’ juga.

    b. Prestise
    memasuki era global menyebabkan warga Negara Indonesia tidak mau kalah bersaing dengan warga negara lain. Namun kaadang persaingan itu didasari oleh harga diri yang tinggi sehingga membuat lunturnya jati diri kebudayaannya. Contohnya: si A hanya mau membeli pakaian dari luar negri, dia malu jika membeli produk asli dalam negeri. Padahal barang tersebut tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.

    c. Nepotisme
    Negara Indonesia mempunyai sifat kekeluargaan. Sifat ini memang mempunyai sisi baik, namun kadang kala sifat ini berkembangmenjadi bentuk nepotisme yang mengurangi objektifitas penilaian terhadap mutu perseorangan. contohnya: Perusahaan ‘A’ akan mengadakan perekrutan. Sering kali orang-orang yang diterima tersebut merupakan ‘orang titipan’ dari seseorang yang telah MENJABAT di perusahaan tersebut, dan nantinya ‘orang titipan’ tersebut cenderung bersikap buruk di perusahaan tersebut.

  4. a. TULISKAN 3 HAL YANG MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA. Berikan alasan/latar belakangnya secukupnya.
    1. Gotong Royong
    Manusia adalah makhluk sosial, disadari ataupun tidak, manusia tak akan mampu hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. gotong royong merupakan nilai luhur yang telah menjadi ciri khas kehidupan bangsa. di tengah gempuran era globalisasi dengan kehidupan individualis ini, ternyata Indonesia mampu mempertahankan tradisi ini. meski sudah meluntur di perkotaan, namun ia tetap melekat kuat di pedesaan. Kepribadian Indonesia pada dasarnya telah tercermin dalam sila-sila yang ada dalam pancasila. gotong royong juga merupakan salah satu wujud kepedulian sosial. bahkan ada sebuah ungkapan dari seorang kawan ” yang mempersatukan Indonesia adalah bencana dan sepak bola”. dengan mata kepala, kita mampu melihat betapa masyarakat indonesia gotong royong, bahu membahu untuk membantu masyarakat yang tengah ditimpa musibah. itulah kepekaan yang ada pada diri manusia Indonesia

    2. Toleransi
    Indonesia terdiri atas beragam suku, budaya,agama, ras, dan banyak perbedaan lainnya. namun subhanallah, mereka mampu hidup dalam satu naungan bangsa ini, bangsa Indonesia. Toleransi yang dimiliki bangsa ini cukup membanggakan, meski akhir2 ini sudah tercoreng dengan beberapa hal yang tidak menunjukkan toleransi itu sendiri. sedangkan sebagai contoh miniatur toleransi, lihat saja istiqlal. sebuah masjid yang bersebelahan dengan gereja. hal yang paling kecil, berbagi tempat parkir antara masjid dan gereja. andaikan tiada rasa toleransi, tentu bunuh membunuh bisa saja terjadi dengan tetangga sendiri.

    3. Ramah Tamah
    Sudah menjadi ciri khas kepribadian bangsa Indonesia adalah ramah tamah. Dengan siapapun itu, tak akan keberatan kita melontarkan sebuah senyuman, meski hanya senyuman, itu adalah wujud keramahan kita kepada siapa saja yang datang ke negeri ini. tidak heran, jika banyak orang tidak takut, bahkan betah berada di Indonesia karena penduduknya ramah. Kita harus bangga dengan semua ini, karena inilah jati diri bangsa ini, yang belum tentu dimiliki oleh negara lain.

    b. TULISKAN 3 HAL YANG TIDAK MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA. Berikan alasan/latar belakangnya secukupnya.

    1. korupsi
    korupsi telah mendarah daging. hampir semua orang di setiap negara tahu bahwa indonesia adalah lahan korupsi yang subur. dari kalangan bawah sampai pejabat negara pun melakukanya. bahkan hukum di negeri ini telah dicabik2. telah luntur rasa kepercayaan terhadap para penegak hukum.

    2. asusila
    dahulu kala, terkenal bahwa negara ini adalah negara timur yang beradab. namun penelitian2 kini telah memperlihatkan kebobrokan negeri ini. tindakan asusila merebak dari kalangan anak-anak sampai lanjut usia. hal ini sudah menjadi rahasia umum, apalagi dengan kecanggihan teknologi.

    3. pembunuhan dan kejahatan
    jikalau kita melihat berita baik di media cetak maupun media elektronik, selalu ada tindak kejahatan setiap harinya. itu saja hanya sebuah perwakilan, tidak ditulis semua kejadian yang ada di negara kita ini.berarti, sungguh begitu banyak kejahatan yang setiap hari terjadi. nyawa seolah tidak ada harganya. bukan lagi prestasi yang membuat indonesia terkenal,namun kejahatan2lah yang membuat orang mengenal indonesia.

    Wiji Lestari
    07/257220/pa/11810
    Matematika

  5. I. a) – ramah. yang sekarang masih banyak WNI y ramah kepada setiap pendatang baru. – pemudanya yg berani. – masih menjujung tinggi sejarah

    b) – kurang menghargai waktu. – merasa selalu kurang. sehingga korupsi makin merajalela . – kebanyakan selalu melihat ke atas. padahal terkadang perlu melihat ke bawah. melihat orang yg lebih susah drpada kita

    nama : desy nugrahaei
    nim : 12197

  6. 1.TULISKAN 3 HAL YANG MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA. Berikan alasan/latar belakangnya secukupnya.
    a.Ramah tamah
    Bangsa Indonesia terkenal pada keramahan dengan orang lain yang biasanya berkunjung ke Indonesia. Apa karena ada maksud kunjungan atau apa sehingga membuat kita memberikan pelayanan yang terbaik. Tapi melihat budaya Indonesia yang ada memang bisa dikatakan mendukung untuk sifat ramah pada orang lain. Budaya yang beragam membuat karakter bangsa ini menjadi ramahdan sopan kepadasiapapun. Berbedajauh dengan budaya barat yang sangat bebas dan jauh dari etika kesopanan.
    b.Rasa Solidaritas yang tinggi
    Cinta akan persamaan nasib dan seperjuagan membuat bangsa ini mempunyai rasa solidaritas yang tinggi terlihat pada bentuk simpatinya terhadap kejadian yang terjadi pada sekelompok yang dianggap mempunyai persamaan. Bahkan kadang sampai menjadikan fanatic yang sangat berlebihan. Hal ini bisa terlihat rasa simpatinya terhadap kejadian bencaa yang menimpa bangsa ini. Selain itu bencana yang menimpa bangsa lain sangat terlihat rasa kepedulian kita.
    c.Harga diri yang tinggi
    Bangsa ini walaupun masih tahap berkembang dan di anggap remeh oleh bangsa lain tapi harga diri bangsa ini sangat tinggi. Hal inijuga didukung dengan rasa social yang tinggi pula menjadikan bangsa ini tidak mau disepelekan dengan bangsa lain. Terlihat ketika kita dianggap remeh dan dilecehkan bnetuk protes dan dukungan untuk memperjuangkan dari bangsa ini sangat tinggi.

    2.TULISKAN 3 HAL YANG TIDAK MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA. Berikan alasan/latar belakangnya secukupnya.
    a.Tidak bisa belajar dari masa lalu
    Indonesia sudah merdeka hampir 66 tahun. Banyak sekali kejadian-kejadian dalam bangsa ini yang baik maupun buruk. Kita bisa melihat dari bidang pemanfaatan sumber daya alam yang ada, pendidikan, politik, hukum sudah berbagai macam kejadian yang dialami baik ketika hal tersebut berhasil maupun ketika hal tersebut gagal. Bahkan dulu bangsa Indonesia ini sempat bermimpi menjadi Negara maju di banding dengan Negara lain. Tapi kenyataannya justru Negara yang dulu berada di bawah Indonesia malah sekarang jauh diatas Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena bangsa ini tidak mau belajar dari masa lalu yang dimana harusnya pengalaman bangsa ini lebih banyak. Lebih bisa tahu apa yang akan menjadikan bangsa ini lebih baik dan tahu halapa yang akan menjadikan bangsa ini terpuruk.
    b. Komitmen yang jelek
    Berkaca pada diri pribadi yang menginspirasi dan mewakilkan karakter bangsa ini. Komitmen merupakan suatu hal yang susah untuk bisa dialikasikan ke bangsa ini. Padahal bila komitmen bisa dijalankan dengan baik maka akan menjadikan kesuksesan yang besar. Melihat kondisi sekarang bangsa yang tidak mau belajar dari masa lalu kemudian komitmen yang jelek menjadikan semakin terpuruk prestasi bangsa ini. Komitmn dalam berbagai hal diantaranya dalam hal waktu, ketepatan penyelesaian kerja dan janji yang pernah dijanjikan.
    c. Kurang bekerja keras
    Pint ini yang menjadi masalahdala kegiatan perekonomian dimana bangsa ini merasa nyaman dengan keadaan yang ada diantaranya menjadikan diri termanjakan dengan hal yang ada baik fasilitas dari luar maupun dalam. Sehingga niat bangsa ini untuk bekerja keras menjadi tidak ada. Bangsa ini nyaman dengan apayangdiberikan orang lain dan tidak mau bekerja keras untuk mebuat produk sendiri.

    Muhammad Irsyad Ismi/12327/Matematika
    Nb : maaf telat pak sebenarnya sudah saya kerjakan tapi lupa posting

  7. nama : Ika Susanti
    no mhs : 08/272846/PA/12321
    prodi : Matematika

    Indonesia adalah suatu cermin ke-bhinneka-an, maka hal pertama yang membanggakan sebagai bangsa Indonesia adalah sikap pluralisme. Bangsa yang terdiri dari berbagai etnis dan suku bangsa dapat hidup berdampingan dan membangun suatu bentuk komunikasi budaya. Berikutnya, dengan menghayati perbedaan yang dimiliki bangsa ini, bangsa Indonesia mampu membangun nuansa kekeluargaan. Sesama bangsa Indonesia adalah satu keluarga besar. Dan dari kedua hal tersebut, maka bangsa Indonesia memiliki rasa kemanusiaan dan solidaritas yang tinggi. Simpati dan uluran tangan bangsa Indonesia akan dengan mudahnya diberikan kepada saudaranya yang sedang kesulitan.
    Hal yang tidak membuat bangga dari bangsa ini, mungkin lebih tepat dikatakan mengecewakan, adalah tidak adanya kesadaran untuk menjaga apa yang telah dimiliki bangsa ini. Akulturasi yang seperti diterima dengan terlalu baik hingga mengikis jati diri bangsa sendiri. Selain itu, empat pilar kehidupan bernegara* yang dibanggakan, yaitu Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika sedikit demi sedikit menguap dari kehidupan bermasyarakat. Bangsa Indonesia pun mulai melupakan integritas dan cita-cita yang dulu merupakan semangat untuk menjadi bangsa yang besar. Terakhir, bangsa yang besar, rukun, dan bersatu itu pun tinggal terkurung dalam sebuah retorika.

    *seperti yang disebutkan pada Pidato Awal Jabatan Presiden RI pada acara Pelantikan Presiden dan Wapres periode 2009-2014.

  8. a. 3 hal yang membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian Bangsa Indonesia :
    1. Sikap toleransi dan mau mengalah saat pejabat negara (yang merasa punya jalan)atau yang dikawal polisi harus lewat sehingga perjalanan pengendara yang lain harus terhenti untuk memberi jalan iring-iringan tersebut.contohnya:saat berhenti diperempatan lampu merah di siang bolong sudah lama menunggu lampu menyala hijau,saat lampu menyala hijau tau-tau dari arah berlawanan ada iring-iringan yang hendak lewat.saat polisi menyetop pengendara yg lain,smua dengan sabar menunggu iring-iringan tersebut lewat,tidak lantas menyerobot ataupun memaki-maki atau melempari padahal mungkin dalam hati menggerutu.
    2. sikap peduli terhadap sesama.Pada saat Indonesia tertimpa banyak bencana seperti banjir di wasior papua,gempa dan tsunami di mentawai,bencana merapi,semua orang bahu membahu mengumpulkan dana untuk saudara-saudara kita yang tertimba musibah. Bahkan koin cinta yg diadakan untuk membantu bilqis misalnya dapat mencapai target mskipun bilqis tidak sempat dioperasi karena Tuhan berkehendak lain. Kemudian koin untuk membantu TKW yg akan dihukum pancung di Arab Saudi banyak warga yang membantu bahkan di berita terakhir yang saya dengar sudah terkumpul 2 milyar,betapa besar rasa peduli bangsa indonesia ini terhadap sesama.
    3.sikap gotong royong dan saling membantu.Contohnya di lingkungan tempat saya tinggal,saat ada tetangga yg mengalami musibah atau sedang mempunyai hajat,tanpa mendapat komando ataupun undangan dengan senang hati baik yang tua maupun muda membantu tuan rumah yg terkena musibah ataupun yang sedeng mempunyai hajat.

    b. 3 hal yang tidak membanggakan dari sukap/perilaku/kepribadian bangsa Indonesia :
    1. Sikap mudah terprofokasi . contohnya ada masalah antar individu,tau-tau meluas hingga terjadi perkelahian antar kelompok.
    2. sikap anarkis. Yang sangat saya sayangkan adalah perusakan tempat-tempat umum yang dilakukan oleh ormas-ormas tertentu.awalnya hanya demo biasa.lama-kelamaan emosinya tak dapat ditahan sehingga timbul sikap anarkis merusak barang ataupun bangunan yang ada dis ekitar mereka.padahal barang itu bukan miliknya sendiri,bukan miliknya kok berani-beraninya merusak.
    3. sikap tidak sportif. Contohnya dalam permainan bola.klub yang kalah memaki-maki wasit,menyalahkan wasit. Suporter yang kalah turun ke lapangan memaki-maki wasit,terjadilah perkelahian antar suporter. Bagaimana sepak bola mau maju kalau tiap akhir permainan diwarnai dengan perkelahian.pemaiannya saja sudah tidak sportif.jadi malaas menonton liga super indonesia.

    Nama : SARA NUR BANDIYAH KMP
    No Mahasiswa : 08/269538/PA/11960
    Prodi : Matematika

  9. 3 haL yang membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian Bangsa Indonesia :
     Sopan santun yang masih terjaga.
    Bangsa Indonesia menjunjung tinggi sopan santun dan tata krama. Yang muda menghormati yang tua, dan yang tua menyanyangi yang muda. Jika seseorang tidak mau mengindahkan tata krama dan sopan santun, maka ia akan mendapat sangsi sosial yang cukup berat dari masayarakat misalnya saja dikucilkan.
    Bangsa Indonesia juga ramah kepada siapapun, termasuk kepada bangsa lain.
     Toleransi antar budaya dan saling menjaga kelestarian budaya.
    Seperti kita ketahui, di Indonesia terdapat banyak kebudayaan yang memperkaya Bangsa Indonesia tapi dengan banyaknya kebudayaan yang berbeda-beda tersebut tidak membuat Bangsa Indonesia tercerai berai.
    Bisa kita lihat juga di Yogyakarta, warisan budaya dari leluhur masih terasa kental dan terjaga kelestariannya hingga sekarang.
     Sikap tolong menolong
    Jika ada yang terkena musibah atau bencana, maka Bangsa Indonesia akan turut andil dalam membantu meringankan beban korban.
    Begitu juga jika ada yang hajatan maka para tetangga dekat datang membantu.

    3 haL yang tidak membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian Bangsa Indonesia :
     Ketidakjujuran dan budaya plagiat
    Banyak contoh yang dapat kita lihat secara nyata, misalnya mencontek, korupsi, kolusi dan nepotisme.
    Ada juga yang dengan mudahnya meniru hasil karya orang lain atau bangsa lain. Kemudian dengan maraknya pembajakan-pembajakan.
     Kekayaan alam tidak dijaga dengan baik dan tidak menghargai kebersihan.
    Contohnya penebangan hutan ilegal, eksploitasi tambang yang berlebihan, penggunaan racun atau bahan peledak untuk mencari kekayaan laut, membuang sampah tidak pada tempatnya.
    Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kerusakan alam, misalnya hutan gundul kemudian menyebabkan banjir, tanah longsor, dll.
     Ketidakdisiplinan dan senang melanggar aturan.
    Banyak contoh sikap ketidakdiplinan dan senang melanggar aturan yang dapat kita ambil misalnya para pelajar yang datang terlambat ke sekolah, banyak pelanggaran aturan di jalan (lalu lintas). Contoh lain dapat kita lihat di antrian.

    AYUSNITA WIDI NILASARI
    08/269589/PA/11987
    PRODI MATEMATIKA

  10. Alhamdulillah… Saya bangga menjadi bangsa Indonesia, karena Indonesia merupakan negeri dengan rasa toleransi yang tinggi. Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku dan budaya, walau demikian kita bisa akrab sekali dan berteman dengan siapa pun,entah dengan suku batak,jawa,sunda,dll.
    Dan yang membuat saya tambah bangga, yaitu kekayaan yang melimpah yang dimiliki oleh negara kita tercinta ini. SDA yang berlimpah dan letak geografis yang paling strategis, karena diapit dua benua, dua samudra, dilalui garis khatilistiwa bahkan lautnya adalah yang terluas didunia. Karena hal tersebut, seharusnya Indonesia dapat menjadi pusat peradaban dunia.
    Prestasi dari bangsa kita pun patut untuk di banggakan, walaupun tidak begitu mencolok. Sebagai contoh, Pemuda di negara kita beberapa kali rutin memperoleh medali dalam olimpiade science Internasional, para senimannya pun beberapa kali meraih gelar kehormatan di pentas seni dunia.
    Namun yang sangat saya sesalkan, korupsi di Indonesia sudah seperti kerjaan rutin setiap hari. Bayangkan, bahkan Indonesia menjadi negara terkorup nomor 1 se-asia. Seharusnya kita malu dengan predikat itu,namun yang terjadi malah semakin menjadi-jadi. Saya harap kedepannya korupsi di negara kita benar-benar bisa di hilangkan.
    Kemudian,yang menarik perhatian saya adalah kemiskinan dan pengangguran di negara kita ini. Fakta tersebut sangat kontras dengan kekayaan melimpah yang dimiliki negara kita ini. Indonesia akan menjadi negara terkaya di dunia, kalau semua kekayaan yang kita miliki ini diolah dan diatur dengan benar. Mungkin itu satu2nya cara mengatasi kemiskinan di Indonesia, yang kemudian akan berimbas pada tingkat pengangguran di negara kita. Tidak sedikit tindak kriminal terjadi karena demi sesuap nasi atau pekerjaan haram.
    Yang terakhir yaitu, rasa nasionalisme yang sedikit pudar. Namun alhamdulillah..belakangan ini rasa nasionalisme terbentuk karena timnas negara kita, kita semua bersatu demi mendukung tim negara kita. Saya harap rasa itu harus semakin terbentuk, tidak hanya di bidang olahraga saja. Kita semua bisa bersatu untuk memajukan negara kita tercinta ini, bukannya malah berperang demi ego semata.
    Sekian. Terima Kasih…

    Adhitya Eka P.K
    08/269974/PA/12155
    Matematika

  11. 1. a. Sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lain yang berbeda agama.
    Karena Indonesia telah mengesahkan 5 agama yang boleh dianut oleh warganya yaitu Islam, Kristen, Katholik, Hindu, dan Budha. Tetapi hal itu tidaklah menjadi suatu hal yang menghalangi untuk selalu rukun, bersatu dan damai.

    b. Sikap ramah dan sopan santun terhadap orang lain baik orang pribumi maupun orang asing.
    Karena didalam berkomunikasi, bertemu ataupun menyambut orang lain. Orang-orang Indonesia selalu menunjukkan sikap ramah-tamah dan selalu tersenyum terhadap orang lain.

    c. Menghargai dan menghormati jasa-jasa para pahlawan dan sejarah masa lampau.
    Indonesia selalu menghargai jasa para pahlawan, itu terbukti dengan diadakannya upacara bendera di tingkat sekolah. Peringatan hari-hari besar seperti 17 Agustus, Kesaktian Pancasila, maupun hari Pahlawan juga selalu diperingati. Bahasa resmi yang dipakai dalam bercakap sehaari-hari adalah bahasa Indonesia.

    2. a. Kurangnya percaya diri untuk memakai produk dalam negeri.
    Orang-orang Indonesia lebih senang memakai atau mengikuti trend, mode dari luar negeri. Padahal tren atau produk dalam negeri juga tidak kalah hebat kualitasnya jika dibandingkan produk asing.

    b. Kurangnya melestarikan alam & kebudayaan dalam negeri.
    Mereka lebih condong untuk mengikuti hal-hal yang modern yang banyak memakan energi bumi tanpa memperhatikan keselamatan lingkungan. Contohnya sekarang di lalu lintas banyak orang yang lebih senang memakai kendaraan bermotor dibandingkan dengan sepeda.

    c. Kurangnya sosialisasi atau pengetahuan atau kesadaran akan kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan.
    Karena dapat kita temui di pinggiran sungai Ciliwung misalnya banyak sampah-sampah berserakan dan menumpuk disana. Hal ini sangatlah tidak baik bagi kesehatan karena lingkungan akan tercemar dan air sungai pun menjadi tidak layak digunakan.

    Nama : Yuriska Indah P.
    NIM : 08/265373/PA/11869
    Jurusan/Prodi : Matematika/Matematika

  12. Yang membanggakan dari pribadi bangsa Indonesia :
    • Mampu mempertahankan keutuhan bangsa
    Mempertahankan keutuhan bangsa dengan suku yang beraneka ragam tidaklah mudah,dengan berbagai karakter budaya dan sifat,namun sampai saat ini bangsa kita mampu meredakan ambisi seagian masyarakat yang ingin memekarkan daerahnya kluar dari NKRI(kecuali era habibie).
    • Hormat kepada orang tua
    ada peribahasa surga ditelapak kaki ibu,entah sugesti atau doktrin tapi kalimat itu sangat bermakna bagi kita.Anak2 indonesia adalah anak2 yang patuh dan mau mendengarkan nasehat orangtua.
    • bangsa yang ramah dan santun
    masyarakat Indonesia adalah orang2 yang ramah dan murah senyum kepada siapa saja.sering dijumpai dua orang yang berpas-pasan dijalan dan belum saling mengenal ketika mereka saling senyum mereka merasa dekat.
    Yang tidak membanggakan dari pribadi bangsa Indonesia :
    • Kurang menghargai jasa pahlawan
    Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa2 para pahlawannya. Namun tak cukup hanya menyanjung-nyanjungnya dalam sebuah lagu,tanpa memperhatikan kesejahteraan hidupnya .Padahal masih banyak diluar sana para veteran 45 yang hidup kekurangan.
    • belum bisa menghargai hasil karya bangsa sendiri
    sebagian masyarakat yang lebih suka produk berlabel asing menjadikan bangsa yang tidak percaya diri yang mengakibatkan hilangnya jati diri bangsa.
    • pergeseran nilai2 etika dan estetika
    berbagai media yang sering memberitakan korup sebagian elit ,produk2 perfilman yang lebih menjual sensualitas agar lebih menguntungkan oleh pihak tertentu,sinetron yang mempertontonkan kesenjangan sosial yang secara tidak langsung mengajarkan kepada masyarakat. Hal2 inilah yang dapat menggeser nilai2 pancasila.

    Tyas Yulliviani(12183)
    Matematika

  13. Jawab :

    1.Tiga hal yang membanggakan dari sikap perilaku bangsa Indonesia:
    a.Daya juang yang gigih
    Bisa kita lihat ketika jaman penjajahan negara asing, sikap rakyat Indonesia begitu bahu membahu untuk melawan dan berusaha bangkit dari keterpurukan yang mereka alami beratus ratus tahun lamanya. Itu dikarenakan mereka semua bersatu dari latar belakang dan nasib yang sama, hingga akhirnya memperoleh kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 tersebut.

    b.Toleransi antar umat beragama
    Indonesia terdiri dari berbagai macam agama, namun hal itu tidak mejadi penghalang karena adanya sikap saling menghargai, bisa dilihat dengan adanya tempat ibadah yang bebas didirikan dimana saja. Selain itu hari besar keagamaan ditetapkan untuk diliburkan. Itu semua guna memberikan kebebasan para umat beragama dengan bebas merayakan hari besarnya dengan penuh khidmad.

    c.Pluralisme
    Bangsa Indonesia memiliki sikap pluralisme yaitu adanya interaksi dari macam-macam kelompok masyarakat yang berasal dari suku,agama dan latar belakang yang beraneka ragam namun tetap rukun dalam suatu wilayah. Jadi adanya perbedaan yang mereka miliki tidak menghalangi terjalinnya kerukunan antar yang satu dengan lainnya.

    2.Tiga hal yang tidak membanggakan :
    a.Korupsi
    Tidak bisa dipungkiri bahwa bangsa Indonesia belum bisa dipisahkan dari aksi korupsi. Terutama para pejabat negara, mereka terlalu sering memakai uang negara untuk hal-hal pribadi yang tidak jelas tujuannya. Padahal dengan keadaan negara Indonesia yang sedang krisis dan banyaknya masyarakat yang kekurangan, lebih baik digunakan untuk membantu menangani masalah tersebut.

    b.Tidak membayar pajak
    Kewajiban membayar pajak sering diremehkan atau tidak dipatuhi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Misalnya, yang seharusnya setahun sekali membayar pajak bangunan,pajak penghasilan dan pajak lainnya tapi tidak dibayar sama sekali. Padahal dari pemasukan pajak tersebut adalah untuk membangun infrastruktur ataupun pembangunan jalan yang akan digunakan oleh masyarakat itu sendiri.

    c.Merusak fasilitas umum
    Fasilitas yang ada di jalan raya, yang semestinya digunakan dan dijaga dengan baik oleh masyarakat Indonesia sering disalahgunakan dan tidak dirawat. Padahal menjaga dan menggunakan dengan baik fasilitas itu adalah salah satu kewajiban masyarakat Indonesia.

    d.Abstain dalam pemilu
    Sumbangan suara dalam pemilu sangat berperan penting dalam kemajuan pemerintahan Indonesia, karena terpilihnya kandidat pemerintahan berasal dari sumbangan masyarakat itu sendiri. Namun, dewasa ini terlalu banyak masyarakat yang abstain dan memilih untuk tidak menyumbangkan suara dalam pemilu tersebut. Inilah salah satu sikap dari bangsa Indonesia yang tidak membanggakan.

    Maratush khasanah 11856 Matematika 2008

  14. Hal yang membanggakan dari Indonesia adalah adanya suatu etika dan tatakrama yang saya raasa hanya dimiliki oleh negara Indonesia. Sebagai contoh, kita selalu memanggil orang yang lebih tua dari kita dengan sebutan kak,mas,pak,om,pakde,dll. meskipun itu orang yang belum kita kenal. Coba kalau kita lihat di negara lain, terkadang mereka bahkan memanggil nama orangtua mereka dengan langsung memanggil namanya. Lalu, saya juga bangga akan sikap gotong royong dan kepedulian masyarakatnya. Seperti yang bisa kita lihat, bagaimana para tetangga kita mau saling membantu ketika kita mau mengadakan suatu acara. Dan yang terakhir yaitu nasionalisme rakyat Indonesia meskipun mungkin hanya ketika ada suatu momen saja. Meskipun begitu, ini merupakan suatu hal yang membanggakan karena mereka masih mau mengakui akan ekstensinya Indonesia.
    Hal yuang tidak membanggakan dari Indonesia menurut saya adalah “ketepatan waktu”. Indonesia memiliki wilayah waktu sendiri yaitu WIB (Waktu Indonesia Bergeser), WIT dan WITA (Waktu Indonesia Telat). Hal ini sungguh memprihatinkan,bagaimana kita bisa menjadi bangsa teladan kalau rakyatnya sendiri tidak bisa disiplin waktu?? Yang kedua adalah lemahnya sikap para penegak hukum. Perhatikan saja bagaimana sang Gayus Tambunan bisa menikmati liburan padahal dia seorang tawanan negara?? Yang terakhir adalah masih banyak sikap diskriminasi terhadap suatu kaum.

    Aquita Ricko Maulidar
    08/269841/PA/12099
    Matematika

  15. a) menurut saya perilaku bangsa Indonesia yang dibanggakan adalah :
    (1)bangsa yang menghargai karya anak bangsa, (2)bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawan Indonesia, (3) bangsa yang saling menghormati sesama manusia, saling menghormati meski berbeda keyakinan, tidak pandang jabatan,ras atau suku.
    b) menurut saya perilaku bangsa Indonesia yang tidak dibanggakan adalah:
    (1) sangat tidak menghargai waktu, bangsa Indonesia selalu menyia-nyiakan waktu yang tersedia untuk hal – hal yang tidak penting. jika memanfaatkan waktu dengan efektif maka bangsa ini akan jauh lebih baik dari sekarang yang ada, (2)bangsa Indonesia belum mandiri, masih sangat bergantung dengan yang lain, misalnya dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari bangsa ini harus memenuhi kebutuhan hidup dari karya bangsa lain,misal ‘made in china’, (3) bangsa ini kurang percaya diri dengan adat yang sudah ditentukan sesuai dengan kepribadian bangsa, tidak sedikit perilaku anak bangsa lebih nyaman mengikuti adat orang barat daripada mengikuti adat bangsanya sendiri, perlu dicermati bangsa lain kagum dengan adat Indonesia tetapi bangsa Indonesia kurang bangga dengan adatnya sendiri,memprihatinkan.
    NUNGKI NOVIASTITI ( 08/269646/PA/12015)
    PRODI MATEMATIKA

  16. 3 Hal yang membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian bangsa Indonesia:
    1. sikap bangsa Idonesia yang bertoleransi tinggi
    Indonesia selama ini disebut-sebut sebagai bangsa yang memiliki toleransi yang tinggi, namun belakangan timbul tanda tanya benarkah kita bangsa yang memiliki toleransi yang tinggi? Banyak perpecahan, konflik sosial terjadi dimana-mana seperti kekerasan yang dilakukan terhadap Ahmadiyah serta pengerusakan terhadap gereja dan jemaahnya, dan banyak pertikaian lainnya yang terjadi di Indonesia. Apakah itu yang disebut toleransi? Namun jika kita telusuri pertikaian yang terjadi di Indonesia bukanlah wajah dari Indoesia. Pertikaian terjadi hanya segelintir orang yang tidak mewakili keseluruhan warga Indonesia, hanya karena media menjadikan seolah-olah itulah wajah Indonesia saat ini. Dan jika ditelusuri lebih dalam lagi di luar pertikaian itu masih banyak bangsa yang memiliki toleransi yang tinggi seperti toleransi antar pemeluk agama.

    2. Sikap bangsa Indonesia yang suka gotong royong dan tolong menolong antar sesama
    Bangsa Indonesia sesungguhnya adalah bangsa yang saling menghargai, saling mencintai, memiliki toleransi tinggi, dan memiliki sifat bergotong royong. Gotong royong dan sikap saling menghargai merupakan warisan nilai budaya tinggi. Gotong royong berasal dari bahasa Jawa, yakni pikul atau angkat, yaitu sesuatu yang harus dipikul atau diangkat bersama-sama. Gotong royong merupakan sifat dasar yang dimiliki bangsa Indonesi dan tidak dimiliki bangsa lain di dunia. Dengan gotong royong akan muncul sikap tolong menolong antar sesama. Di sinilah muncul paham kekeluargaan. Sejak dahulu, dalam kehidupan masyaraka kita terbina suasana religius, kerukunan, gotong royong, tolong menolong tanpa pamrih, kekeluargaan dan solidaritas antar sesama.

    3. Kepribadian bangsa Indonesia yang ramah tamah dan murah senyum
    Bangsa Indonesia sesungguhnya bangsa yang ramah terbukti dengan kepribadian bangsa yang murah senyum, saling menyapa, suka gotong royong, dan saling menolong. Di sinilah muncul kekeluargaan. Sejak dahulu dalam kehidupan masyarakat kita terbina suasana religius, kerukunan, gotong royong, tolong menolong tanpa pamrih, kekeluargaan dan solidaritas antar sesama.

    3 hal yang tidak membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian bangsa Indonesia :

    1. Sikap generas muda bangsa Indonesia yang suka meniru budaya negara lain (westernisasi)
    Definisi dari westernisasi adalah suatu perbuatan seseorang yang ulai kehilangan jiwa nasionalismenya, yaitu meniru atau melakukan aktivitas bersifat kebarat-baratan. Banyak dari kita yang tekadang hanya ingin mengikuti perkembangan jaman amun tidak memperhatikan dampak bahaya westernisasi bagi pertahanan negara kita. Westerisasi beresiko melunturkan semangat nasionalisme generasi muda bangsa kita. Cara hidp, ara berpakaian, cara berbicara yang kebarat-baratan dapat melunturkan semangat cinta akan bangsa dan budaya sendiri. Tidak banyak rmaja yang mau melestarikan budaya bangsa. Kalau terus begitu budaya Indonesia bisa hilang termakan jaman karena orang Indonesianya sediri lebih suka meniru kebudayaan luar dari pada melestarikan kebudayaan negara sendiri. Jadi perjuangan kita sekarang adalah mengembalikan rasa cinta itu kepada generasi muda Indonesia.

    2. Sikap bangsa Indonesia yang cenderung melanggar hak anak untuk tumbuh kembang
    Akhir-akhir ini semakin marak tayangan publik yang tidak mendidik dan berpotensi melanggar hak tumbuh kembang anak, bak berupa film, realiti show maupu iklan. Terbukti dengan banyaknya tayangan seperti iklan rokok yang menggambarkan kejantanan, prestasi dan kehebatan sehingga anak berfikir seolah-olah dengan merokok akan bergengsi dan bisa menjadi petualang hebat. Selain itu juga sinetron yang akhir-akhir ini marak berbau kekerasan yang seolah-olah mengajarkan atau mencontohkan kepada anak untuk berbuat kekerasan kepada teman atau orang lan. Hal tersebut sangat menyesatkan untuk anak. Apalagi film-film yang berbau horor dapat menimbulkan persepsi lain bagi anak dan dapat berdampak buruk bagi anak. Padahal dunia usaha juga memiliki tangung jawab untuk mewujudkan pemenuhan hak-hak anak dalam aktivitasnya, termasuk saat memasarkan produknya. Perlindungan anak haruslah menjadi tanggung jawab bersama, jadi bukan hanya tanggung jawab negara, pemerintah dan orang tua namun juga tanggung jawab keluarga dan masyarakat karena anak adalah generasi penerus bangsa kita, bangsa Indonesia.

    3. Sikap bangsa Indonesia yang mengagung-agungkan luar negeri
    Arus globalisasi begitu cepat merasuk ke dalam masyarakat tidak hanya pada generasi muda bangsa. Pengaruh globalisasi tersebut telah membuat sebagian besar bangsa kita kehilangan kecintaannya kepada bangsanya sendiri seperti lebih memilih membeli produk-prduk luar negeri padahal produk kita pun tak kalah dengan barang luar negeri atau lebih suka menghabiskan liburan di luar negeri padahal masih banyak tempat-tempat wisat di Indonesia yang tak kalah menarik yang belum dikunjungi.

    Nama Mahasiswa : Trioni Indahsah Anggraini
    No Mahasiswa : 08/265659/PA/11896
    Program Studi : Matematika

  17. Sikap/Perilaku/Kepribadian yang membangggakan dari Bangsa Indonesia
    1. Ramah
    Menurut saya Bangsa Indonesia itu ramah-ramah, contoh kecilnya ya saat kita bertanya alamat di jalan pasti akan di beritahu sambil tersenyum.
    2. Gotong Royong
    Gotong royong adalah karakter asli Bangsa Indonesia, contohnya adalah mulai dari sistem pertanian secara bersama, acara kenduri, membangun rumah, bahkan budaya arisan.
    3. Toleran
    Toleran Bangsa Indonesia dapat terlihat dari Pancasila yang tidak mengelompokkan berdasarkan agama maupun etnis.

    Sikap/Perilaku/kepribadian yang tidak membanggakan dari Bangsa Indonesia
    1. Anarkis
    Karena banyak provokator dan orang fanatiknya, sehingga mudah terprovokasi karena fanatismenya.
    2. Pasif
    Saat minoritas dalam kelompok mayoritas begitu dominan, dan memaksakan sikap kepada kelompok minortitas, sementara mayoritas dari kelompok mayoritas bersikap pasif, maka akan terjadi kesan bahwa kelompok mayoritas memaksakan arogansi kepada kelompok minoritas.
    3. Tidak Disiplin
    Hal ini dapat terlihat dalam berlalu-lintas, membuang sampah sembarangan, tidak tepat waktu saat ada janji, dan masih banyak contoh-contoh lainnya.

    Suhandoko Misbahul Amin
    08/269556/PA/11969
    Matematika

  18. Nama : Rahmat Robbi Binur
    Nim : 08/270035/PA/12182
    Prodi : Matematika
    a. Yang membanggakan dari sikap/kepribadian/prilaku bangsa Indonesia
    i. Tolong-menolong
    Orang Indonesia masih punya rasa peduli terhdap sesame, masih banya ornag yang suka menolong orang lain yang sedang kesusahan
    ii. Ramah
    Bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang ramah, bangsa yang yang terbuka terhadap orang lain
    iii. Gotong royong
    Semangat goptong royong yang masih terpelihara, bersam-sama membersihkan desa, bersam-sama membangun pos ronda, merupakan salah satu bentuk gotong royong yang umum di negara kita ini
    b. Yang tidak membanggakan dari sikap/kepribadian/prilaku bangsa Indonesia
    i. Korupsi
    Korupsi sudah menggurita di Indonesia, tidak hanya yang berskala besar –milyaran hingga triliunan- sampai yang kecil-kecilan. Efek buruk dari bergotong-royong itu ada di sini, pelaku korupsi bergotong-royong dalam melakukan tindakan korupsi.
    ii. Pembajakan
    Orang Indonesia kurang menghargai hasil karya orang lain, banyak hasil kerja keras orang lain yang disebarkan dengan sengaja tanpa melalui proses yang seharusnya. Film bajak, film yang baru ditayangkan di bioskop hari ini, akan sudah ada bajakannya esok harinya.
    iii. Pekerja malas
    Bukan pekerja keras, tapi pekerja malas. Cukup banyak rakyat Indonesia yang lebih senang mengemis dijalanan dibandingkan melakukan pekerjaan yang lain.

  19. a. TULISKAN 3 HAL YANG MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA. Berikan alasan/latar belakangnya secukupnya.
    PENJELASAN :
    Bagi saya, hal-hal yang membanggakan menjadi warga negara indonesia adalah :
    1. warga indonesia mempunyai sikap toleransi yang sangat tinggi. misalnya : di indonesia di akui bermacam- macam agama yaitu ISLAM, KRISTEN, KATHOLIK, HINDU, BUDHA dan KONGHUCU. walaupun banyak keyakinan yang di akui di pemerintahan indonesia, tapi bangsa indonesia tetap bisa hidup rukun. contohnya, di bangun 5 macam rumah – rumah ibadah di 1 lokasi, yaitu yang ad di daerah timur indonesia ( lupa nama daerahnya :)).
    2. bangga dengan semboyan bangsa indonesia .
    Bhineka Tunggal Ika yang artinya walaupun berbeda – beda namun tetap satu jua.
    3. bangga menjadi bangsa indonesia dengan ragam budaya, bahasa, suku, dll. warga indonesia mempunyai tata krama dalam segala hal.
    contoh : di wilayah jawa, banyak sekali aturan-aturan sikap, bahasa dan tingkah laku yang harus diikuti dan dipatuhi. di wilayah sumatera, tepatnya padang. orang padang mempunyai sikap dan perilaku harus sesuai adat dan istiadat daerahnya.

    b. TULISKAN 3 HAL YANG TIDAK MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA. Berikan alasan/latar belakangnya secukupnya.
    PENJELASAN :
    1. yang tidak membanggakan menjadi warga indonesia adalah indonesia terkenal dengan korupsinya.
    2. indonesia terkadang masih menggunakan kekerasan dalam menyelesaikan masalah, sehingga merenggut hak pribadi manusia. contohnya : kekerasan yang akhirnya merenggut nyawa.
    3. yang tidak membanggakan dari bangsa indonesia adalah malas bekerja keras. contohnya : indonesia mempunyai hasil bumi dan kekayaan alam yang melimpah sangat banyak, tetapi tidak begitu dimanfaatkan oleh bangsa indonesia sendiri, justru malah warga asing yang banyak mengelola hasil dari kekayaan bumi yang dimiliki bangsa indonesia ini. sedangkan masyarakat indonesia hanya menjadi karyawannya saja.

    NAMA : MIFTAHU RAHMAH W.E
    NIM : 08/270249/PA/12267
    JURUSAN/PRODI : MATEMATIKA

  20. Sikap/Perilaku/Kepribadian Bangsa Indonesia yang Membanggakan:
    1. Perilaku Bangsa Indonesia yang Santun
    Santun yang tercermin dalam perilaku Bangsa Indonesia ini tidak tumbuh dengan sendirinya namun juga merupakan suatu proses yang tidak bias dilepaskan dari sejarah bangsa yang luhur. Perilaku santun ini harus tetap ditanamkan dalam pribadi tiap Bangsa Indonesia. Perilaku santun tidak akan menjadi cerminan budaya bangsa jika tidak dilestarikan.

    2.Bangsa Indonesia yang Saling Membantu Antar Sesama
    Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, maka seorang manusia itu tidak ada yang bisa hidup dalam nuansa kesendirian. Tidak akan ada yang tidak membutuhkan pertolongan dari orang lain. Untuk itulah, memperhatikan dan membantu sesama adalah satu sifat yang sangat baik bila dikerjakan. Contohnya:ketika suatu daerah sedang tertimpa bencana seluruh Bangsa Indonesia tergerak hatinya untuk memberikan bantuan, baik tenaga maupun materi,baik instansi, lembaga, kelompok, maupun perseorangan. Mereka membantu tanpa memandang suku,agama,ras,adat, kaya maupun miskin. Perilaku ini harus tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan.

    3.Keramahan bangsa Indonesia
    Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah. Keramahan bangsa tergantung dari bagaimana pola pikir masyarakat yang hidup di Indonesia. Kultur budaya, pola pikir dan struktur masyarakat membentuk keramahan bangsa Indonesia menjadi keramahan yang alami. Kepribadian bangsa Indonesia pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat ramah, bersahabat, tidak individualis, dan saling tolong menolong satu sama lain. Bangsa Indonesia pun umumnya memiliki sifat toleransi yang tinggi. Sifat inilah yang membedakannya dari kepribadian bangsa barat yang agak individualis dan cuek.

    Sikap/Perilaku/Kepribadian Bangsa Indonesia yang Tidak Membanggakan:
    1)Pada saat ini citra bangsa Indonesia semakin buruk dengan semakin banyaknya yang melakukan korupsi. Korupsi sudah menjadi bagian dari kehidupan bangsa Indonesia. Masyarakat begitu sulit untuk melepas dari kait-terkait dengan dunia korupsi. Boleh dikatakan begitu kita keluar rumah, kita akan terlibat masalah korupsi dengan satu dan lain cara. Dari yang paling sederhana, denda damai tilang polisi, preman penarik uang parkir, uang pelican perijinan, rekanan pengadaan barang dana jasa institusi negara, sampai dengan yang lebih komplek yaitu konsesi untuk mega proyek. Sebagai dampaknya adalah adanya ketidak percayaan terhadap lembaga hukum yang ada: Kepolisian, Kejaksaan, dan Kehakiman. Karena disetiap ada perkara, pasti ada unsur uang pelicin mulai dari Kepolisian, Kejaksaan, Kehakiman, bahkan juga dalam penjara dan juga adanya ketidak percayaan untuk membayar pajak dengan benar, karena banyak para penunggak pajak skala kecil maupun besar yang bebas berkeliaran karena permainan dengan para petugas pajak. Korupsi menghambat pembangunan, karena merugikan negara dan merusak sendi-sendi kebersamaan dan menghianati cita-cita perjuangan bangsa.

    2)Ketidakadilan Para Penegak Hukum
    Bangsa Indonesia akan hancur bila ketidakadilan merajalela. Kebesaran bangsa Indonesia bisa hancur bukan karena serangan fisik, jajahan dari bangsa lain, melainkan dari penegakan hukum yang tidak adil. Sebagai contohny:penguasa yang berperkara tidak diadili ‘tidak tersentuh hukum’,juga ada kasus pemilik lahan yang tidak pernah atau merasamenjual,tapitanah tersebut malah dikuasai oleh pengembang. Saat dipersidangkan, ternyata pemilik lahan yang tidak pernah menjual malah diganjar hukuman selama 4 tahun.

    3)Suporter Bola yang anarkis
    Pada waktu sekarang ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan perilaku tawuran yang dilakukan oleh berbagai suporter di kancah liga super indonesia. Bahkan tawuran seperti ini tidak jarang mengakibatkan luka-luka hingga berujung pada kematian.
    Fanatisme dalam persepakbolaan di indonesia memang sangat berlebihan dan bersifat lokal bukan secara universal. Inilah yang dapat mengakibatkan munculnya permusuhan antara pendukung tim satu dengan tim yang lain.

    NAMA : NURUL CHAYATI
    NIM : 08/269580/PA/11981
    JURUSAN : MATEMATIKA
    PRODI : MATEMATIKA

  21. Ulas Rokhmat Cahyadi
    Geofisika 08
    08/270392/pa/12289
    Membanggakan dari kepribadian,sikap bangsa indonesia yaitu
    1. semangat juang tinggi, merupakan sifat yang dimiliki bangsa indonesia pada waktu indonesia sedang dijajah, rakyat indonesia dengan semangat yang membara walaupun hanya bersenjatakan bambu, tapi mampu menaklukkan musuh yang bersenjatakan senapan,dan itu masih melekat
    erat di jiwa para pahlawan indonesia sampai akhir hayatnya.
    2.rasa persatuan yang tinggi
    indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam adat, yang saya banggakan yaitu walaupun berbeda pola pemikiran
    namun dapat bersatu dalam suatu kesatuan negara indonesia dan hidup dengan damai, memiliki rasa persatuan yang tinggi yang dimana dibuktikan dengan d’ugm mahasiswanya dari berbagai
    pulau bersatu dan belajar bersama tanpa memikirkan Ras.

    3. solidaritas tinggi
    di indonesia rasa solidaritas tinggi ini saya temukan pada suatu perkumpulan atau komunitas sebagai contoh perkumpulan Geng yang ada di sebagian wilayah indonesia, rasa kesolidanya sangat terasa
    yaitu apabila seseorang teman atau anggota geng mendapat masalah dengan pihak geng yang lain rasa solidaritas akan muncul dengan sendirinya dan secara langsung anggota
    geng yang lain akan membantu dengan cara bersama – sama mendatangi geng tersebut. ini merupakan sebagian kecil contoh ada beberapa kejadian yang sama di daerah lain yang mengatasnamakan agama,adat.

    tidak membanggakan dari bangsa indonesia.
    1. dimanja dengan kebijakan
    di indonesia apabila ada suatu keluhan yang terjadi di masyarakat dan itu sudah pelik, maka pemerintah akan membantu dengan memberikan kebijakan, sebagai contoh kebijakan subsidi BBM,impor beras. hal ini
    akan membuat indonesia akan menjadi negara manja, yang bila kekurangan sesuatu tinggal meminta kepada pemerintah.yang saya tidak suka yaitu rakyat indonesia akan menjadi rakyat manja kebijakan.

    2. trend korupsi
    Korupsi akhir – akhir ini mulai marak itu di karenakan media informasi cepat menyebar/ menyiarkan hal – melalui televisi, dan ini semakin lama berdampak bagi seseorang anak kecil yang menonton media informasi itu akan
    tersugesti untuk melanjutkan kerja haram itu. karena teriming uang banyak dan kehidupan yang mewah.yang saya tidak banggakan atau benci yaitu hal ini semakin lama akan menjadi sebuah trend.

    3. hukum tidak adil
    Hukum yang tak adil ini merupakan hal yang menjadi imbas dari korupsi, entah yang harus diperbaiki sistemnya atau aparaturnya yang bekerja, hal ini saya temukan sebagai contoh
    pencuri ayam akan dihukum dengan membayar denda dan kurungan namun pejabat negara atau artis, yang korupsi atau terlibat narkoba akan lepas hanya dengan membayar denda saja dan uang +.hal ini menurut saya merupakan hal yang tidak adil
    dan merupakan sikap yang saya benci karena keadilan belum ditegakkan, ini juga sebagai imbas dari keberadaan korupsi dan iming – iming uang banyak, yang tidak saya banggakan yaitu hal ini terus berlanjut dan keadilan sosial tidak merata ke seluruh masyarakat indonesia, mungkin ini saja yang bisa saya utarakan sebenarnya masih ada banyak masalah yang tidak membanggakan dari sikap bangsa indonesia yang tidak bisa tertulis semua, trimakasih

  22. a.Hal yang membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian bangsa indonesia adalah yang pertama,perilaku ke-timur-annya masih kental. masih memperhatikan adab-adab yang berlaku disekitarnya (contoh berpakaian sopan, ramah-tamah) yang kedua perilaku yang ‘gotong-royong’ itu masih sering ditampakkan oleh sesama bangsa indonesia,tidak pada akhirnya bersikap sangat individualis seperti kebanyakan bangsa barat. yang ketiga indonesia itu terbentuk dari keberagaman suku-suku di Indonesia, jadi dapat dibuktikan bahwasannya kepribadian bangsa indonesia sangat luhur dan sikap tenggang rasanya besar sehingga dapat membangun sebuah negara dengan basis Bhinneka Tunggal Ika.
    b.Hal yang tidak membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian bangsa indonesia adalah yang pertama bangsa Indonesia mudah sekali melupakan sejarah, padahal yang namanya sejarah merupakan guru terbaik agar bangsa indonesia tidak terperosok ke kesalahan yang sebelumnya. yang kedua bangsa indonesia saat ini banyak yang berkepribadian ‘membebek’ ato pengikut,jadi bisa dikatakan saat ini bangsa indonesia gampang dijadikan massa yang sangat mudah diprovokasi,kita kebanyakan bergerak tanpa dasar yang jelas(seperti tauran anak sma yang tidak jelas akar masalahnya, dll). yang ketiga bangsa indonesia kini, kurang menghargai kebudayaan yang mereka punya sehingga banyak kebudayaan bangsa indonesia yang di klaim oleh negara lain.

    Isti Munawaroh

  23. NAMA : ESY SUSANTI
    PRODI : MATEMATIKA
    NIM : 11908
    a. TULISKAN 3 HAL YANG MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA. Berikan alasan/latar belakangnya secukupnya.
    Jawab :
    • Bangga akan keramahan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia
    Alasanya : Ketika berada di suatu daerah tertentu, meskipun kita bisa dibilang orang asing di daerah itu , namun ketika kita mau membaur dengan mereka, dengan mudah mereka akan menerima kita dan weelcome dengan kehadiran kita.
    Alasan lain yang juga menunjukan keramahan masyarakat indonesia antara lain , banyak warga asing yang akhirnya memutuskan tinggal di Indonesia, dan ketika ditanya alasan apa yang membuat mereka memutuskan untuk tinggal dan bahkan menjadi warga negara Indonesia adalah “karena orang Indonesia itu ramah ramah”.
    Hal ini bisa menjadi identitas bangsa dan ciri khas bangsa Indonesia bahwa BANGSA INDONESIA identik dengan keramahan warganya.
    • Hal yang kedua yang membuat saya Bangga dengan bangsa Indonesia yaitu IKATAN PERSAUDARAAN DAN IKATAN DALAM KOMUNITAS YANG SANGAT KUAT
    Alasanya : Ini terbkti dari banyaknya kelompok kelompok yang ada di masyarakat, misalnya IKATAN MAHASISWA BANYUMAS, IKATAN REMAJA SOLO, PERKUMPULAN PELAJAR YOGYAKARTA, dll. Kelompok kelompok ini berusaha menunjukan eksistensi dirinya dan kelompoknya dalam suatu wilayah tertentu, dan ketika di suatu tempat bertemu dengan orang yang belum dikenal namun memiliki kesamaan dalam hal suku, bahasa, dll, rasanya sangat menyenangkan dan akan lebih cepat beradaptasi.
    • Hal lain yang membanggakan yaitu INDONESIA bukan negara komunis, indonesia bukan terdii dari satu kelompok saja, namun Indonesia adalah negara pluralisme, namun menjunjung tinggi “BHINEKA TUNGGAL IKA”
    Alasan nya : Buktinya masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, adat istiadat, dll. Namun meskipun banyak perpedaan, kita tetap masih bisa bersatu, hidup rukun dan saling membantu antar sesama tanpa memandang perbedaan karena kita sama sama di bawah bendera merah putih, tanah air Indonesia contohnya saja: ketika terjadi bencana Alam, meski bencana Alam menimpa daerah A, namun daerah-daerah lain di Indonesia saling bahu membahu dan saling membantu.

    b. TULISKAN 3 HAL YANG TIDAK MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA. Berikan alasan/latar belakangnya secukupnya.
    Pada dasarnya saya sangat bangga dengan Bangsa INDONESIA, karena disinilah saya hidup, dibesarkan, dan saya ingin bisa memberikan kontribus untuk kemajuan banga tercinta ini, namun hal hal yang kadang merusak wajah cantik Bangsa INDonesia lebih disebabkan oleh ulah penduduknya sendiri, berikut saya mencoba menyebutkan contoh contoh yang dapat merusak wajah Indonesia.
    HUKUM DI INDONESIA SANGAT MEMBINGUNGKAN
    Alasanya : dalam banyak kasus, banyak yang dilihat oleh orang awam benar benar bersalah dan sangat merugikan negara namun ia tidak di beri hukuman, tetapi orang kecil yang maling ayam saya bisa dihukum kurungan penjara ber bulan bulan, ironis sekali melihat kenyataan yang ada, bahkan pejabat pejabat hukum pun banyak yang menjadi tersangka kasus suap atau korupsiadll. Kapan bisa di perbaiki kalau orang utama yang harusnya menjadi problem solver malah menjadi problem maker.
    MASYARAKAT INDONESIA SAAT INI LEBIH SUKA MAIN HAKIM SENDIRI
    Alasanya : Banyak kasus yang telah kita lihat, FPI dengan kebringasanya merusak tempat tempat umum bahkan tak segan melakukan kekerasan, mereka memakai dasar agama ISLAM, dan IMAGE yang muncul,,,ISLAM identik dengan kekerasan, padahal ISLAM adalah agama yang penuh cinta kasih, ada tahapan tahapan untuk mengingkatkan seseorang yang berbuat salah, bukan langsung melukai dan main hakim sendiri. Hal lainyaya yang baru baru ini terjadi, yaitu kasus ahmadiyah…..dan yang paling sangat memalukan adalah sering bentrok dan tawurang dalam pertandingan sepak bola….ini menunjukan bahwa masyarak Indonesia suka main hakim sendiri.
    BANYAKNYA SINETRON ATAU TAYANGAN TAYANGAN YANG TIDAK MENDIDIK
    Alasanya : Di kebayakan stasiun TV di Indonesia, kebanyakan hal hal yang ditayangkan hal hal yang tidak mendidik, sinetron yang isinya orang pacaran, perkelahian, marah marah, dll menjadi trend saat ini. Hal ini sangat merusak moral anak anak generasi penerus bangsa khususnya. Tayangan TV saat ini intinya banyak yang tidak berkualitas dan mempunyai misi mendidik anak, akan tetapi hanya sekedar hiburan saja.
    NAMA : ESY SUSANTI
    PRODI : MATEMATIKA
    NIM : 11908

  24. 3 Perilaku/sikap/kepribadian membanggakan bangsa Indonesia:
    1. Punya keyakinan yang kuat
    Sejak dulu nenek moyang Indonesia sudah mewarisi sebuah keyakinan yang kuat. Yaitu keyakinan untuk menjadi lebih baik, tidak takut kepada musuh, pantang menyerah, dan lain sebagainya. Dahulu hanya dengan sepucuk bambu runcing nenek moyang kita mampu melawan musuh yang senjatanya sudah modern. Keyakinan yang kuat itu juga tercermin kepada banyaknya warga Indonesia yang memiliki agama, yaitu warga yang percaya kepada adanya sang Pencipta. Keyakinan akan adanya Tuhan inilah yang menyebabkan warga Indonesia bertaqwa hingga tercipta masyarakat yang rukun, damai dan makmur
    2. Pro Teknologi
    Meskipun masih merupakan Negara berkembang, Indonesia bukan Negara yang anti teknologi. Masyarakatnya seneng pada HP, Android, Laptop, Internet dan sebagainya. Jika disurvei mungkin 9 dari 10 orang Indonesia sudah memiliki HP, sungguh prestasi yang luar biasa.
    3. Hormat Kepada Orang Tua
    Derasnya arus globalisasi memang membuat banyak remaja Indonesia yang kehilangan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Banyak remaja yang melakukan hal-hal up normal seperti free sex dan acuh terhadap orang tua. Namun ternyata masih banyak pula remaja yang tidak tersangkut free sex dan hormat kepada orang tua. Sampai-sampai banyak di kalangan remaja yang mau menetap dikampung halamannya hanya demi untuk dekat kepada orang tuanya. Khususnya di pedesaan, banyak dijumpai yang muda menyapa yang tua, yang muda mendahulukan yang tua, dan sebagainya. Khususnya di daerah jawa, yang muda menggunakan bahasa halus kepada yang tua.

    3 Perilaku/sikap/kepribadian tidak membanggakan bangsa Indonesia:
    1. Mementingkan kepentingan pribadi
    Budaya korupsi menjadi cermin besar bahwa masyarakat Indonesia masih egois. Kepentingan pribadinya yang cenderung akan dipenuhi terlebih dahulu. Sikap ini tidak senada dengan cita-cita bangsa yakni mendahulukan kepentingan umum.
    2. Pengen tenar
    Perkembangan dunia pertelevisian Indonesia memberikan dampak positif sekaligus negative. Salah satu dampak negatifnya adalah banyaknya pejabat yang seperti artis, yakni sering muncul di televisi dengan mengumbar janji-janji yang mungkin tak akan terpenuhi. Banyak pejabat yang tertangkap tangan mengabadikan adegan mesum, dan lain sebagainya. Masyarakat yang harusnya jauh dari perbuatan yang keji itu pun akhirnya terpengaruh juga dengan membuat video tandingan yang kini santer dibicarakan.
    3. Mudah terpovokasi
    Baik urusan dalam negeri maupun luar negeri, masyarakat Indonesia masih cenderung mudah terprovokasi. Mengandalkan emosi dari pada akal yang jernih. Contoh mudahnya adalah adegan main hakim sendiri yang itu jauh dari sikap warga Negara yang baik. Banyaknya tawuran disana sini juga mendukung pendapat bahwa wasyarakat Indonesia masih cenderung mudah terprovokasi.
    4. Kurang peka terhadap lingkungan
    Contoh terburuk kurangnya kepekaan terhadap lingkungan adalah banjir yang sudah berlangganan di Jakarta. Masih banyak dijumpai masyarakat Indonesia yang membuang sampah sembarangan, menggunakan bahan-bahan mengkilap sebagai bahan baku rumah, melakukan pengerasan tanah yang berlebihan, menebang hutan untuk pemukiman, mengubah fungsi sawah, Menutup saluran air, dan lain sebagainya. Ujung-ujung dari semua tindakan yang kurang peka terhadap lingkungan itu pada akhirnya akan merusak lingkungan seperti memanasnya suhu bumi, dan lain sebagainya.

    nama : ALIYAH
    NIM : 08/269540/PA/11962
    Prodi: MATEMATIKA

  25. Tiga Hal yang menurut saya membanggakan dan tidak membanggakan dari bangsa Indonesia,yaitu
    Yang pertama, sifat kekeluargaan. Di latarbelakangi sifat inilah yang mengantarkan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan dari penjajahan. Karena sifat kekeluargaan juga menyatukan bangsa Indonesia yang berbeda suku, bahasa dan adat istiadat.Tetapi sayangnya, sekarang sifat kekeluargaan ini menjadi dilematis, bangga sebagai bangsa yang memiliki sifat kekeluargaan tetapi justru terkadang melahirkan nepotisme dan konglomerasi karena hanya mengutamakan kepentingan keluarga semata.
    Yang kedua, keramahan bangsa Indonesia yang tidak hanya sekadar pada orang asing, tetapi juga kepada semua orang terutama kepada orang yang lebih tua. Sikap ramah pada orang asing memang telah ada sejak dulu di Indonesia yang oleh bangsa Indonesia sendiri dijadikan sebagai tata krama dan diajarkan terus menerus kepada anak cucunya. Tetapi untuk konteks tertentu justru terkesan buruk terutama apabila terlalu ramah kepada orang asing. Yang seolah-olah terkesan seperti menganggap mereka hebat. Dan inilah yang dikatakan sikap mental negara terjajah, selalu mengagumi dan bersikap ramah pada bentuk-bentuk budaya dari luar dan seakan-akan telah melupakan kebudayaan sendiri.
    Yang ketiga, sikap sabar dan pasrah menerima keadaan. Sikap sabar seperti telah mendarah daging di Indonesia seperti terlihat pada masyarakat jawa yang sabar dan pasrah menerima kondisi apapun. Semboyan dari masyarakat jawa yaitu “alon-alon asal kelakon” yang berarti pelan-pelan yang penting terlaksana. Sikap sabar dan pasrah dapat menghindarkan kita dari pertikaian dan perpecahan. Sebagai contoh, biarpun dihina, dicaci, dan dimaki, tetap sabar dan menerimanya dengan alasan demi menghindari perpecahan. Dalam konteks lain, sikap sabar dan pasrah ini membuat bangsa Indonesia sulit untuk maju karena menimbulkan sikap kurang berusaha dan tidak berkembang.

    Nama: Endang Tri Hastuti
    NIm: 08/269937/PA/12136
    Jurusan : Matematika
    Prodi : Matematika

  26. Tugas I
    a. TULISKAN 3 HAL YANG MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA. Berikan alasan/latar belakangnya secukupnya.

    1.Gotong Royong
    Merupakan salah satu hal yang membanggakan dari perilaku bangsa Indonesia karena perlu kita ketahui, suatu Negara tidaklah dapat berkembang apabila dalam suatu masyarakat tidak mampu bergotong royong. Di Indonesia, bergotong royong sering kita jumpai, mulai dari keluarga hingga suatu himpunan yang berskala-nasional. Alasan mengapa gotong royong dapat dibanggakan karena seluruh komponen masyarakat bahu membahu, saling membantu, tolong menolong, dalam hal kebajikan bersama, mereka mampu memikirkan kepentingan umum diatas kepentingan individu, contoh kasusnya adalah, gotong royong bersih-bersih lingkungan yang sudah terjadwal sedemikian rupa demi kenyamanan bertempat tinggal. Bergotong royong dalam membantu korban bencana tanpa imbalan, mereka ikhlas dan membuat suasana menjadi jauh lebih baik.

    2.Keramahtamahan
    Patut diacungi 2 jempol untuk hal yang membanggakan dari kepribadian yang satu ini. Tidak heran banyak turis mancanegara yang sangat betah untuk berlibur atau bahkan berani membuka lahan bisnis di Indonesia. Keramahan Bangsa Indonesia tersebar merata dari sabang hingga merauke, kepribadian ini seperti menjadi jati diri bagi warga negaranya, karena disamping menjadi negara tropis, ternyata pelayanan dan sistem komunikasi informasi yang ada sangatlah ramah, sehingga orang luar pun merasa nyaman dengan perlakuan Warga Indonesia yang ramah dan halus. Keramahan itu sendiri menghadirkan berbagai keuntungan tersendiri bagi Industri pariwisata. Keramahan juga menjadikan suasana dalam diskusi ataupun hal lainnya berjalan baik. Interaksi yang semakin terjaga berkat keramahan berakibat makin solidnya Indonesia. Dalam contoh kasus yang saya ketahui, bahwa orang orang Jepang merasa sangat terhormat dengan keramahan orang orang Indonesia, karena mereka menilai bahwa seluruh orang Indonesia berhati mulia dan mampu menjalankan norma-norma yang berlaku.

    3.Tidak Mudah Menyerah
    Sikap yang satu ini selalu menjadi sikap yang sangat menguntungkan bagi diri sendiri, orang lain, dan wilayah sekitarnya. Bagaimana tidak, saya ambil contoh pada saat gunung merapi meletus akhir-akhir kemarin, mereka para korban tidak lantas berpangku tangan. Mereka masih berpedoman bahwa, mereka merasa malu bahwa disaat orang lain memberikan rasa ibanya mereka hanya mampu berdiam diri, mereka masih saja bertani, masih saja bercocok tanam, masih saja mengurus ternak. Dan pada saat di klarifikasi mereka memang merasa terancam dan menjadi salah satu dari korban keganasan alam, namun hidup terus berlanjut, dan mereka masih bekerja keras menghidupi diri dan keluarganya dengan mengerjakan apa yang bias mereka kerjakan, sikap tidak mudah menyerah pada suatu keadaan inilah yang terpupuk baik pada bangsa Indonesia ini. Tak hanya pada saat bencana saja, para siswa maupun penuntut ilmu juga memiliki hasrat tidak mudah menyerah dengan makin kerasnya kompetisi dalam menuntut ilmu. Mereka rela mengikuti berbagai macam kursus demi nilai yang dapat dibanggakan.

    b. TULISKAN 3 HAL YANG TIDAK MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA. Berikan alasan/latar belakangnya secukupnya.
    1.Nepotisme
    Sikap yang sangat memalukan, dengan niat supaya suatu keadaan menjadi lebih baik dan lebih mapan namun caranya tidaklah terpuji. Suatu permasalahan yang sangat pelik, hanya karena mereka yang memiliki hubungan dekat atau bahkan hubungan darah dapat mendapatkan suatu tingkatan social yang jauh lebih tinggi, padahal kualitasnya tidak sebaik atau bahkan dibawah dari personal yang seharusnya lebih pantas untuk menerima jabatan social tersebut. Semisal saja pada sebuah perusahaan seorang manager mampu mengangkat asisten yang berasal dari teman akrab atau keluarganya secara sepihak, padahal para karyawan memiliki calon yang jauh lebih mampu menjadi asisten. Sebisa mungkin sikap yang sedemikian rupa ini tidak ada lagi di bangsa tercinta kita ini.

    2.Konsumtf
    Pusing sudah jika dihadapkan dengan yang satu ini. Efek domino selalu ada jika perilaku ini terjadi. Bagaimana tidak pusing, negara kita diduduki oleh warga yang jago dalam produksi berbagai macam hal sandang pangan dan papan, ironisnya sebagian warga Indonesia masih banyak yang berorientasi pada dunia luar atau berkiblat entah dimana mereka berkiblat. Sepatu saja, jika tidak berlabel sporty merek USA tidak mau beli, tas yang tidak dari Perancis tidak mau beli pula. Motor jika bukan pabrikan jepang juga enggan untuk membeli. Efeknya, tengok saja, UKM menjadi lesu, pendapatan devisa negara berkurang walau tidak begitu signifikan, parahnya pemilik UKM tidak ada pilihan lain selain PHK. Jika kita tilik jauh lebih dalam, produksi dalam negeri jauh lebih awet. Perilaku konsumerisme ini dapat ditekan dengan memaksimalkan produksi dalam negeri yang setidaknya menambah devisa bagi negara ini.

    3.Brutalisme
    Konyol rasanya, jika banyak intelektual yang berkompetisi secara sehat dan membangun negeri ini masih banyak pula kepribadian yang tidak sama sekali membanggakan negara ini. Saya selalu didengarkan lagu nenek moyangku seorang pelaut, tapi nyatanya jika saya bernyanyi apakah benar nenek moyangku seorang barbarian? Yang semua permasalahan dapat diselesaikan dan dipuaskan dengan kebrutalan kebrutalan yang malah membuat suasana makin runyam. Kepribadian brutal ini merugikan sekali, terlebih lagi pengrusakan dan penjarahan yang mencerminkan kepribadian yang tak intelektual sama sekali, seharusnya permasalahan dapat diselesaikan dengan kekeluargaan, atau dapat diselesaikan dengan hokum yang berlaku, bukan dengan peperangan brutal yang merusak asset-aset umum dan fasilitas yang berasal dari pajak yang disumbangkan ke negara dari kita namun dirusak sendiri oleh kita, sudah saatnya mindset brutal hewanisme ini berubah menjadi mindset pemikir pemikir yang sabar dan mampu mencari solusi tanpa harus melakukan tindakan primitive tersebut.

    nama mhs, nomor mhs dan prodi
    Syouma Hikmahtiar
    08 / 265433 / PA / 11876
    GEOFISIKA

  27. nama:hariawan
    nim:08/264557/PA/11853
    prodi:matematika

    3 hal yang membanggakan dari sikap/prilaku/kepribadian bangsa indonesia adalah:
    a. Gotong-royong
    gotong royong adalah suatu ciri khas masyarakat indonesia yang selalu dilakukan jika ada kegiatan-kegiatan yang sangat besar dan bermanfaat bagi orang yang ada di lingkungan sekitar. biasanya gotong-royong itu adanya di desa-desa, di perkampungan, dan di daerah-daerah yang bisa menimbulkan gotong-royong.contohnya;kerja bakti dalam membersihkan lingkungan,membangun masjid di kampung,dll.

    b.orang indonesia ramah tamah
    sehingga banyak orang-orang asing yang sering berdatangan ke indonesia dan ada yang sebagian menetap menjadi warga indonesia, bukan hanya karena objek wisata atau pun kebudayaannya. tetapi, sikap orang indonesia ramah tamah, murah senyum kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.

    c. indonesia yang toleran
    toleran disini maksudnya adalah saling menghargai (toleransi) antar sesama dilingkungan sekitar. contohnya;saling menghargai antar suku/budaya orang lain. di indonesia ini walaupun berbeda suku,adat,budaya, dan sebagainya, masyarakat di indonesia ini masih tetap toleran antar sesama. berbeda dengan negara lain yang susah untuk menimbulkan rasa toleran antar sesama. padahal negara lain tidak ada suku,adat, atau budaya yang tidak sebanyak indonesia. karena itu,saya bangga menjadi masyarakat/warga indonesia. indonesiaku tercinta.

    3 hal yang tidak membanggakan dari sikap/prilaku/kepribadian bangsa indonesia adalah:
    a. Korupsi
    sesuatu yang sangat populer dan sering sekali dilakukan oleh sebagian orang-orang indonesia, baik itu korupsi dari yang paling kecil sampai ke yang paling besar, baik dari kalangan bawah,menengah, sampai ke pejabat sekaligus. tidak ada kesadaran sedikitpun untuk mengurangi kejahatan dan meningkatkan kebaikkan. malah saat-saat ini, kejahatan meningkat dan kebaikkan menurun.

    b. Pemimpin yang belum mampu berhitung, melakukan perhitungan, dan selalu di perhitungkan.
    misal di hari pendidikan, di hari kebangkitan nasional, hari kemerdekaan, dan lain-lain yang merupakan sejarah kebanggaan bangsa indonesia. itu semua adalah tradisi yang selalu dilakukan oleh masyarakat indonesia untuk memperingatinya. hendaknya tradisi tersebut dijadikan wahana untuk melakukan intropeksi & mengevaluasi diri dimasa lalu. sehingga dapat memotivasi dan melahirkan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pengabdian bangsa indonesia di masa yang akan datang.

    c. Orang indonesia kurang berani mengambil resiko.
    misal: negara cina,jepang, dan negara lainnya yang sudah maju, mereka berani mengambil resiko dalam hidupnya. contohnya; mereka tidak mau jadi pekerja, mereka mau jadi pengusaha. oleh karena itu kenapa negara-negara mereka jadi maju, ya karena orang-orang disana itu berani mengambil resiko. berbeda dengan indonesia, pada umumnya di indonesia setelah tamat dari sekolah atau kuliah, mereka pada umumnya hanya memikirkan dapat pekerjaan dan bekerja. pada umumnya mereka belum memikirkan bagaimana cara bisa jadi pengusaha yang bisa membanggakan indonesia. sehingga untuk tingkat keberanian dan semangat untuk menjadi lebih baik, mereka kurang berani untuk melontarkan ke kehidupannya. oleh karena itu, masyarakat indonesia pada umumnya kurang berani mengambil resiko dalam hal kebaikan pastinya.

  28. a. 3 hal yang membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian Bangsa Indonesia :
    1. Sikap toleransi dan mau mengalah saat pejabat negara (yang merasa punya jalan)atau yang dikawal polisi harus lewat sehingga perjalanan pengendara yang lain harus terhenti untuk memberi jalan iring-iringan tersebut.contohnya:saat berhenti diperempatan lampu merah di siang bolong sudah lama menunggu lampu menyala hijau,saat lampu menyala hijau tau-tau dari arah berlawanan ada iring-iringan yang hendak lewat.saat polisi menyetop pengendara yg lain,smua dengan sabar menunggu iring-iringan tersebut lewat,tidak lantas menyerobot ataupun memaki-maki atau melempari padahal mungkin dalam hati menggerutu.
    2. sikap peduli terhadap sesama.Pada saat Indonesia tertimpa banyak bencana seperti banjir di wasior papua,gempa dan tsunami di mentawai,bencana merapi,semua orang bahu membahu mengumpulkan dana untuk saudara-saudara kita yang tertimba musibah. Bahkan koin cinta yg diadakan untuk membantu bilqis misalnya dapat mencapai target mskipun bilqis tidak sempat dioperasi karena Tuhan berkehendak lain. Kemudian koin untuk membantu TKW yg akan dihukum pancung di Arab Saudi banyak warga yang membantu bahkan di berita terakhir yang saya dengar sudah terkumpul 2 milyar,betapa besar rasa peduli bangsa indonesia ini terhadap sesama.
    3.sikap gotong royong dan saling membantu.Contohnya di lingkungan tempat saya tinggal,saat ada tetangga yg mengalami musibah atau sedang mempunyai hajat,tanpa mendapat komando ataupun undangan dengan senang hati baik yang tua maupun muda membantu tuan rumah yg terkena musibah ataupun yang sedeng mempunyai hajat.

    b. 3 hal yang tidak membanggakan dari sukap/perilaku/kepribadian bangsa Indonesia :
    1. Sikap mudah terprofokasi . contohnya ada masalah antar individu,tau-tau meluas hingga terjadi perkelahian antar kelompok.
    2. sikap anarkis. Yang sangat saya sayangkan adalah perusakan tempat-tempat umum yang dilakukan oleh ormas-ormas tertentu.awalnya hanya demo biasa.lama-kelamaan emosinya tak dapat ditahan sehingga timbul sikap anarkis merusak barang ataupun bangunan yang ada dis ekitar mereka.padahal barang itu bukan miliknya sendiri,bukan miliknya kok berani-beraninya merusak.
    3. sikap tidak sportif. Contohnya dalam permainan bola.klub yang kalah memaki-maki wasit,menyalahkan wasit. Suporter yang kalah turun ke lapangan memaki-maki wasit,terjadilah perkelahian antar suporter. Bagaimana sepak bola mau maju kalau tiap akhir permainan diwarnai dengan perkelahian.pemaiannya saja sudah tidak sportif.jadi malaas nonton liga super indonesia.

    Nama : SARA NUR BANDIYAH KMP
    No Mahasiswa : 08/269538/PA/11960
    Prodi : Matematika

  29. 3 hal yang membanggakan dari perilaku bangsa Indonesia
    -keramahan;sejak dulu banga Indonesia sudah terkenal akan keramahannya jika ada tamu dari luar daerah tersebut. hal tersebut sangat mebanggakan dari bangasa Indonesia, dari berbagai macam suku dan adat yang ada di Indonesia tetap saja terlihat keramahannya.

    -prestasi;bangsa Indonesia dapat menjalankan sistem pemerintahan demokrasi dengan cukup baik. Secara umum bangsa Indonesia bisa mempertahankan keutuhan dari keragaman adat bangsa Indonesia.

    -toleransi;sebagai contoh saat hari raya nyepi. di Bali orang orang yang tidak merayakan hari raya tersebut, tidak mengganggu orag yang sedang merayakannya.

    3 hal yang tidak membanggakan dari perilaku bangsa Indonesia
    -korupsi;korupsi yang sudah terajari dari kita sekolah seperti sudah terpupuk sampai kita dewasa. sehingga sangat susah sekali dihilangkan.

    -konflik kepentingan;pemerintahan Indonesia yang berjalan selalu ada yang megambil keputusan yang hanya memihak kepada golongan tertentu saja.

    -kurang menghargai leluhur;berjalan dengan waktu, semakin lama bangsa Indonesia merdeka, malah semakin melupakan jasa jasa para pahlawan. Sebagai contoh yang paling sederhana adalah upacara bendera. Makin lama, makin tidak menghargai makna upacara tersebut.

    bayu dwijatmiko
    08/270290/pa/12279
    geofisika.

  30. Hal yang membanggakan dari kepribadian bangsa:
    1. Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang Bermusyawarah
    Setiap individu Indonesia secara turun temurun diajarkan untuk bermusyawarah, setiap adat indonesia (pada umumnya) mengedepankan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah. Setiap masalah yang dihadapi antar individu selalu diarahkan untuk menyelesaikan secara kekeluaragaan (atau mungkin hanya sebagina masnyarakat Indonesia yang tidak mau memperpanjang urusan dengan yang berwajib). Ini tidak terlepas dari kesadaran orang-orang terdahalu untuk pentingnya hidup bersama dan hidup damai dalam bermasyarakat, sehingga mereka membiasakan diri untuk bermusyawarah dalam mencapai mufakat.Hal ini belum tentu ditemui di luar negeri. Di luar negeri (dikutip dari pemberitaan bebrbagai media massa) mereka cenderung menyelesaikan maslah dengan melaporkan langsung ke pihak yang berwajib. Sebagai contoh, di luar negeri, ada warga negara Indonesia yang notabennya seorang istri dari warga negara tersebut, di tahan yang berwajib karena didakwa memasuki rumah seseorang tanpa izin. hal ini belum ditemukan di indonesia.
    2. Bangsa Indonesia yang suka tolong menolong
    Suka tolong menolong adalah yang umum diajarkan setiap orang tua di Indonesia. bahkan budaya ini tidak hanya diajarkan secara informal, dalam pendidikan formal sejak pendidikan dasar pun telah diajarkan untuk tolong menolong sesama umat manusia. Hal ini belum tentu diajarkan oleh orang tua di negara lain. Sebagai contoh, sya pernah membaca di koran Kedaulatan rakyat (KR) di kolom tulisan pendek pembaca ang biasanya di tempatkan di halaman depan bagian kanan bawah halaman tersebut,seorang mahasiswa asal Indonesia yang sedang kuliah di Taiwan menyaksikan kecelakaan sepeda motor di sana. Dia melihat bahwa warga yang berada di sekitar TKP tidak langsung menolong korban, tapi mereka mengamankan lalu lintas. Mereka berpendapat bahwa hanya paramedis yang boleh mengangkat korban, takutnya terjadi kesalahan saat mengangkat korba. Hal ini benar, namun apabila paramedis terlambat datang dan korban sangat membutuhkan bantuan dengan segera bagaimana? Di indonesia tidak/atau belum ditemukan hal seperti ini. biasanya, warga akan menolong korban untuk diselamatkan.
    3. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang tolerir dan berbudaya
    Sejak dahulu kala, Bangsa Indonesia telah mengenal berbagai kebudayaan dan agama. Namun nyatanya mereka dapat hidup dengan damai (kecualai konflik2 berlatar kekuasaan kerajaan maupun politik). Sekarang pun masih tetap begitu, hidup dengan rukun (kecuali kerusuhan yang diciptakan oknum tertentu untuk memecah belah indonesia dengan konflik sara). Hal ini karena budaya bangsa indonesia yang menanamkan sikap yang tolerir. Juga ditanamkan norma sosial dana agama dalam kehidupan bermasyarakat.

    Hal yang kurang di sukai dari prilaku Bangsa Indonesia
    1. Korupsi yang merajalela
    Seperti yang di uraaikan dari nomor 1 dan 2 dari yang dicintai dari indonesia, masyarakat indonesia suka tolong menolonga dan bermusyawarah. Namun, sikap ini memiliki efek lain, terkadang sebagian (atau sebagian besar) memanfaatkan kebiasan ini untuk menyelesaikan masalah dengan “kekeluargaan” alias sogok menyogok. Ajaran ini dijadikan tameng untuk melegalkan suatu yang namanya korupsi. Maka tidak heran bahwa indonesia termasuk negara korup di dunia. Dan mungkin pula hal ini tidak lepas dari pameo yang beredar di masyarakat yang (mungkin) telah ditanamkan sejak dahulu kala, “Kalau ada yang gampang, ngapain yang susah”. ini juga sering dijadikan alasan untuk melegalkan perbuatan tersebut.
    2. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang pemalas
    Indonesia dikenal oleh bangsa luar sebagai bangsa yang pemalas (ini tidak mengacu pada individu). Sejak dahulu kala indonesia dicap sebagai bangsa lamban dalam mengerjakan sesuatu. ini mungkin saja tidak terlepas dari pameo di atas atau mungkin penyebab dari alam yang menyuguhkan kita kemudahan pangan dan papan. Tanah indonesia adalah tanah yang subur dan dikenal juga sebagai surga dunia. Mungkin ini yang menyebabkan sikap ini turun temurun berlanjut, atau ada penyebab lain, ataupun penilaian saya salah
    3. bangsa Indonesia dikenal kolusi
    Masih berhubungan dengan masyarakat yang korupsi, bahwa bangsa ini juga dikenal nepotisme dan kolusi Sering dijumpai bahwa urusan kita akan didahulukan jika ada sanak saudara kita yang berurusan akan hal tersebut. Tidak janggal pula bila peraturan yang meringankan ataupun memudahkan suatu urusan bagi keluarga dari seseorang yang bekerja di instansi pemerintah. dan tidak janggal pula rasanya mungkin kita mendengar anggota kluarga kita akan gratis menaiki suatu kendaraan umum jika kita seorang aparat. Mungkin ini tidak terlepas dari kebiasaan sejak dahulu kala untuk minta bantuan keluarga untuk menyelesaikan suatu urusan. Dan mungkin kita sering dengar (saya sering) bahwa kalau mau melamar pekerjaan kita biasanya didorong untuk meminta bantuan kepada anggota kluara yang memiliki jabatan di suatu instansi. Mungkin ini adlah kebiasan sejak dahulu kala, ataupun ini hanya berlaku saat ini.

    Sebenarnya sangat mudah untuk mencari suatu keburukan daripada kebaikannya seperti pepatah, “semut di ujung lautan tampak, gajah di pelupuk bangsa tak tampak”. Namun seperti pidato PAk Beye, “Saya mencintai Amerika sesalah apapun dirinya”. Saya juga tidak akan lepas dari hal ini. SESALAH APAPUN INDONESIAKU, AKU TETAP CINTA INDONESIA.

    Mungkin penjelasan diatas tidak berlaku bagi tiap individu, karena saya hanya melihat secara umum.

    Ahmad Zakky
    08/269575/PA/11977
    Jurusan Matematika Prodi Matematika

  31. Menurut saya hal yang membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian Bangsa Indonesia antara lain :
    1)Sikap gotong royong
    Meskipun akhir-akhir ini di kota-kota besar sudah jarang ditemukan sikap gotong royong sesama warga, akan tetapi di beberapa daerah sikap ini masih terus terlaksana.
    Dari sikap gotong royong kita bisa membangun sebuah komunitas yang solid dan terkondisikan. Sikap gotong royong juga dapat menumbuhkan rasa kepedulian kepada kesusahan dan kesulitan orang lain.

    2)Budaya musyawarah
    Ketika suatu perkumpulan, organisasi, atau pemerintahan menemui beberapa masalah yang urgent yang tidak dapat diputuskan secara individu pasti akan mengadakan musyawarah untuk mendapatkan solusi yang terbaik untuk permasalahan itu. Hal ini dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab bagi masing-masing individu.

    3)Rasa nasionalisme yang tinngi
    Rasa nasionalisme ini dapat terus menjadikan Bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Karena Nasionalisme menjadikan seorang warga negara memiliki rasa tanggung jawab untuk memperbaiki, memajukan, dan menjaga Bangsa Indonesia.

    Selanjutnya, hal yang tidak membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian Bangsa Indonesia menurut saya antara lain :
    1)Tidak tepat waktu.
    Sangat memalukan ketika di suatu pertemuan, rapat, atau acara, banyak orang beromentar “ahh sudah biasa molor. Maklum jam Indonesia”. Suatu pekerjaan besar perlu hal-hal kecil untuk dapat merealisasikannya, tidak terkecuali tepat waktu. Meskipun hal ini untuk saat ini sulit untuk direalisasikan, akan tetapi kita harus terus memperbaiki diri kita.

    2)Melanggar peraturan lalu-lintas
    Hal ini mungkin sebagian besar orang Indonesia sering melakukannya, tidak terkecuali saya, akan tetapi saya menyadari bahwa melanggar peraturan lalu-lintas merupakan satu sikap yang tidak baik. Secara tidak langsung kita dapat merugikan orang lain, bahkan dapat membahayakan nyawa kita dan juga orang lain.

    3)Budaya korupsi, kolusi, dan nepotisme
    Perbuatan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), akhir-akhir ini semakin merajalela. Bukan hanya pejabat pemerintahan di ibukota saja yang sering melakukan KKN akan tetapi pejabat desa saja juga melakukan KKN. Ada yang menjual tanah kas desa, menilep uang penggadaan buku pelajaran bagi sekolah, dan lain sebagainya.

    Riningsih
    Matematika
    08/269565/PA/11973

  32. Sikap, perilaku atau kepribadian bangsa Indonesia yg dapat dibanggakan diantaranya adalah sikap gotong royong, ramah dan bersimpati terhadap masalah org lain. Berikut penjelasannya :
    1.Gotong royong
    Gotong royong adalah sikap yang khas dari bangsa Indonesia. Dimana masyarakat menyelesaikan tugas secara bersama-sama sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan. Sebagai contoh adalah gotong royong membuat jalan dan gotong royong membersihkan desa. Hal ini jelas sangat bermanfaat karena dapat menyelesaikan masalah secara cepat, tidak membutuhkan biaya besar karena dikerjakan tanpa pamrih dan hasilnya dapat dinikmati secara bersama-sama.
    2.Ramah
    Jika orang luar negri berkunjung ke Indonesia, maka kesan mereka pertama kali terhadap orang Indonesia adalah ramah. Bangsa Indonesia sangat terkenal sekali dengan senyum, salam, dan sapanya sehingga membuat turis betah berlama-lama di Indonesia.
    3.Bersimpati terhadap permasalahan org lain.
    Perilaku bangsa Indonesia yang lain adalah bersimpati terhadap permasalahan orang lain. Hal ini terlihat jika ada tetangga yang tidak berkecukupan, mereka berusaha membantunya dengan cara sering memberi makanan, uang, atau yang lain. Bersimpati terhadap permasalan orang lain ini sangat terlihat ketika masyarakat menggalang koin untuk Pritha. Semua elemen masyarakat berkontribusi dalam menggalang dana untuk Pritha, baik dari tukang becak, pemulung hingga para tokoh dan artis.

    Bagaimanapun kita jangan hanya bangga akan sikap bangsa Indonesia ini karena sikap tersebut mulai meluntur di masyarakat kota seiring perkembangan zaman dan pengaruh dari gaya hidup bangsa lain, akan tetapi marilah kita lestarikan sehingga kita bisa menjadi bangsa Indonesia yang berkepribadian.

    Meskipun banyak kepribadian bangsa Indonesia yg bisa dibanggakan, akan tetapi tidak sedikit pula sifat buruk yang menjangkiti sebagian besar orang Indonesia. Contohnya korupsi, tidak disiplin, dan buang sampah sembarangan.
    1.Korupsi
    Perilaku korupsi ini seakan-akan sudah menjadi budaya Indonesia, dari menyogok pembuatan SIM, menyuap jaksa sampai korupsi yang memakan uang rakyat bermilyar-milyar. Pernah Indonesia dinobatkan sebagai negara nomor tiga yang paling besar korupsinya. Hal ini sangat menyedihkan karena keberlangsungan pemerintahan tidak akan bisa berlangsung dengan baik jika perilaku korupsi ini belum bisa diminimalisasi sekecil-kecilnya.
    2.Tidak disiplin
    Perilaku ini terlihat ketika sering terlambatnya siswa datang ke sekolah, mengumpulkan tugas tidak tepat waktu, menghadiri undangan tidak tepat waktu, mengadakan acara yang selalu molor. Andaikan saja Indonesia bisa mencontoh kepribadian Jepang dimana mereka sangat menghargai waktu dan disiplin, saya yakin Indonesia bisa menjadi bangsa yg besar.
    3.Buang sampah sembarangan
    Ironis memang, Jakarta sebagai ibu kota, di sana-sini ada gedung yang menjulang tinggi, tata kota yang rapi ternyata dipinggir-pinggir kotanya banyak perkampungan kumuh. Inilah salah satu penyebab Jakarta tiap tahunnya terkena banjir akibat orang-orang di perkampungan kumuh tersebut membuang sampah sembargan di sungai-sungai. Tidak hanya di Jakarta tapi hampir di setiap kota di Indonesia kebersihannya masih mengkhawatirkan, hal ini karena tidak adanya hukum yang tegas bagi para pembuang sampah sebarangan..

    Dari carut-marutnya bangsa Indonesia ini, bagaimanapun kita tetaplah warga negara Indonesia. Jangan meratapi keburukan yang ada tetapi berusaha mengubahnya ke arah yang lebih baik sehingga Indonesia bisa menjadi bangsa yang besar dan bermartabat di mata dunia.

    Romadzon Syaiful Haq
    08/272722/PA/12313
    Matematika

  33. 3 hal yang membanggakan :
    - adanya toleransi dalam beragama , terdapat 6 agama yang berbeda di dalam indonesia dan setiap umat beragamanya dapat saling menghormati
    - masih adanya sikap saling gotong royong dan kepedulian kepada sesama , membantu sesama yang membutuhkan atau terkena musibah
    - rasa nasionalisme yang tinggi , keingan untuk mempertahankan kemerdekaan

    3 hal yang tidak membanggakan :
    - pemalas , dalam arti mudah puas dengan sedikit prestasi
    - kurang peduli dengan kebudyaan bangsa indonesia , lebih tertarik pada budaya asing yang masuk dan cenderung mengikuti budaya asing tersebut
    - tidak kreatf , banyaknya pembajakan dalam hal film dan musik bahkan beberapa produk yang juga meniru bangsa luar

    Della Pricilia Pravita
    08/269542/PA/11964
    MATEMATIKA

  34. 3 sikap/kepribadian bangsa indonesia yang membanggakan :
    a. bangsa indonesia sangat menjunjung tinggi asas gotong royong.
    asas gotong royong itu sudah wariasan dari nenek moyang..sampai saat ini puun bangsa indonesia rasa gotong royongnya masi tinggi.
    b. bangsa indonesia menjunjung tinggi kebudayaan .
    sejak jaman dahulu indonesia mempunyai kebudayaan yang sangat majemuk. tapi hal tersebut tidak menghalangi persatuan dan kesatuan bangsa indonesia karena banyaknya kebudayaan itulah yang membuat bangsa indonesia banggga karena indonesia kaya akan kebudayaan yang artinya bangsa indonesia tetap menjaga kebudayaan walaupun sekarang ini sudah dianggap jaman modern.
    c. bangsa indonesia sangat menjunjung tinggi asas toleransi
    bangsa indonesia mmpunyai berbagai macam agama, bebagai masam kebudayaan, berbaagi macaam suku (bangsa yang mejemuk ) akan tetapi bangsa indonesia tetap bisa menhargai satu sama lain karena indonesia menganut ” bineka tunggal ika” yang artinya berbeda-beda namun tetap satu jua.
    contohnya : pada saat hari raya idul Fitri penganut agama lain pun tetap menghormati penganut agama islam.

    3 sikap yang tidak membanggakan bangsa indonesia:
    a. bangsa mempunyai mental yang lemah
    saat ini penjajahan di Indonesia tidak secara langsung namun secara tidak langsung dan dengan pelan pelan dengan cara mempengaruhi bangsa indonesia itu sendiri. sehingga bangsa lain tidak perlu bersusah-susah menjajah indonesia dengan kekerasan karena dengan cara mempengaruhi bangsa indonesia sedikit demi sedikit dan dngan iming imingan itu dirasa lebih mudah..
    b. rasa nasionalisme bangsa indonesia kurang seiring dengan bejalan nya waktu.
    Berkuragnya kepercayaan terhadap para pemimpin sekarang ini membuat rasa nasionalisme bangsa indoneia pun berkurang dan rasa kebanggaan terhadap indonesia juga berkurang. padahal banyak yang bisa dibanggakan bangsa indonesia.
    c. korupsi sudah menjadi bagian dari kebudayaan indonesia.
    pada saat ini korupsi sudah menjadi bagian dari kebudayaan indonesia. dan sampai saat ini para koruptor bisa dengan mudah menghindar dari hukuan , padahal saya pikir koruptor adalah penjahat di atas penjahat. mereka sama sekali tidak memikirkan masi banyak bagian dari rakyat indonesia di luar san ayang menderita kaibat para koruptor. Tetapi para koruptor tidak diberi hukuman yang setimpal dengan apa yang telah koruptor lakukan, itu sangat menyedihkan.

    DIAN ERAWATI
    08/270026/PA/12181

  35. a. Hal-hal yang membanggakan dari kepribadian bangsa Indonesia adalah :
    1. Budaya bangsa Indonesia
    2. Kepribadian bangsa Indonesia yang berjiwa Pancasila
    3. Perlindungan HAM

    Latar belakang :
    Kepribadian bangsa adalah sesuatu yang tak lepas dari kultur bangsa. Indonesia sebagai Negara Kesatuan yang berdaulat telah memiliki sejarah budaya yang cukup panjang dan membanggakan, sejak proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia dikenal di masyarakat dunia sebagai bangsa yang memiliki peradaban dan budaya luhur. Budaya bangsa Indonesia yang patut kita banggakan antara lain adalah sifat gotong-royong, sopan-santun, ramah dan menghargai orang lain.
    Pancasila adalah kristalisasi nilai-nilai budaya Indonesia, yang menunjukkan karakter Indonesia di mata dunia luar, sehingga dapat dijadikan patokan pola hidup berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat di Indonesia. Pancasila telah dirumuskan sebagai jiwa seluruh rakyat Indonesia, kepribadian bangsa Indonesia, pandangan hidup bangsa Indonesia, dan dasar negara Indonesia, sekaligus menjadi tujuan hidup bangsa Indonesia.
    Selain budaya dan Pancasila, hal yang membanggakan dari kepribadian bangsa Indonesia adalah adanya hukum yang mengatur tentang perlindungan HAM (Hak Asasi Manusia).
    Hak asasi manusia adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan dan merupakan pemberian dari Tuhan. HAM berlaku secara universal. Dasar-dasar HAM tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1 . Pembatasan HAM di Indonesia telah memberikan kejelasan bahwasanya tidak ada satupun Hak Asasi Manusia di Indonesia yang bersifat mutlak dan tanpa batas. Konstruksi HAM di Indonesia masih menunjukan sifat konservatif, terutama apabila dibandingkan dengan negara-negara lain di berbagai belahan dunia lainnya.

    b. Hal-hal yang tidak membanggakan dari kepribadian bangsa Indonesia adalah :
    1. Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN)
    2. Tingkat Kemiskinan Tinggi
    3. Pelanggaran Hukum dan HAM
    4. Perubahan Budaya

    Latar Belakang :
    Adanya perlindungan terhadap HAM seringkali disalahartikan, banyak yang beranggapan bahwa dengan adanya perlindungan HAM tersebut, semua boleh berbuat semaunya dan tak peduli apakah hal itu merugikan atau mengganggu hak rang lain. Dan seakan-akan bisa berlindung dibawah HAM tersebut, atau bahkan seringkali menyalahkan hukum dengan adanya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi.
    Banyak yang mengatakan jika perilaku santun bangsa Indonesia dalam segala hal mulai luntur disegala aspek kehidupan. Lunturnya santun ini juga karena miskinnya keteladanan dari para orang tua, yang dalam hal ini adalah pemimpin bangsa, tokoh masyarakat, dan tokoh agama, para guru dan pemerintah.
    Contohnya saja para pejabat Indonesia yang berbicara tentang pemberntasan korupsi, tetapi ternyata mereka korupsi juga. Penegak hukum yang seharusnya mengawal berlakunya hukum dengan baik tetapi malah memberi contoh pelanggaran hukum. Jika seperti ini terus dikhawatirkan perilaku santun pada generasi muda bangsa akan benar-benar luntur.
    Selain masalah tersebut diatas, Indonesia juga mengalami yang namanya perubahan kebudyaan. Kebudayaan lokal Indonesia sangat beranekaragam menjadi suatu kebanggan sekaligus tantangan untuk mempertahankan serta mewarisi kepada generasi selanjutnya. Tetapi, seiring perkembangan zaman bnayak menimbulkan pola hidup masyarakat yang lebih modern. Akibatnya, masyarakat lebih memilihkebudayaan baru yang mungkin dinilai lebih praktis dibandingkan kebudayaan lokal.
    Dewasa ini, banyak sekali banyak sekali budaya-budaya kita yang, mulai menghilang sedikit demi sedikit. Sebagai contoh, budaya dalam berpakaian, jenis makanan yang kita konsumsi juga mulai terpengaruh budaya luar.
    Disisi lain, angka kemiskinan di Indonesia pun terus meningkat. Kemiskinan adalah salah satu masalah mendasar yang menjadi pusat perhatian pemerintah negara manapun, karena salah satu tugas pemerintah adalah menyejahterakan masyarakatnya. Di Indonesia angka kemiskinan tertinggi justru terjadi diwilayah yang memiliki sumber alam melimpah, sebut saja Papua Barat yang memiliki angka kemiskinan hingga mencapai 38.80%. Kemudian, masih banyaknya masyarakat pinggiran yang tidak memiliki tempat tinggal pun menjadi salah satu bukti bahwa kemiskinan di Indonesia masih sangatlah tinggi.

    Naomi
    08/264562/PA/11854
    Matematika

  36. HAL YANG MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA: Indonesia yang tergabung dari berbagai suku dan adat budaya terkenal dengan keramah-tamahan masyarakatnya dan tingginya rasa saling ,menghormati antar sesama. Hal ini dapat dibuktikan dengan terciptanya negara ini yang dapat menyatukan semua suku. Dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia yang memiliki adat ketimuran, rasa toleransi, ramah, sopan santun, saling menghargai, gotong-royong, dan lain sebagainya selalu menjadi dasar dalam hidup bermasyarakat. sikap-sikap tersebut di atas akan banyak sekali ditemukan di masyarakat pedesaan yang masih alami di Indonesia, yang bisa jadi inilah kepribadian bangsa Indonesia yang dulu menjadi ciri khas dengan adat ketimurannya.

    HAL YANG TIDAK MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA:Efek dari perkembangan zaman yang begitu pesat mengakibatkan manusia harus dapat beradaptasi. Lingkungan sekitar pada zaman sekarang begitu cepat dalam penyampaian informasi. Tak hanya dalam negeri saja tetapi juga dari penjuru dunia. sehingga tak jarang pula berbagai budaya asing yang berolak belakang dengan budaya kita masuk begitu saja dengan mudah. Masyarakat Indonesia juga mudah sekali terprofokasi dengn isu-isu yang dianggap mengancam eksistensinya. selain itu rendahnya tingkat pengetahuan, pengalaman, dan jangkauan komunikasi sebagian masyarakat dapat mengakibatkan rendahnya daya tangkal terhadap budaya asing yang negatif dan keterbatasan dalam menyerap serta mengembangakn nilai-nilai baru yang positif. Terkadang tak disadari bahwa sekarang ini masyarakat Indonesia sedang menyeimbangkan gaya hidup serta menyadur pamikiran orang-orang barat dalam artian meniru bukan menjadikan referensi. sehingga akan banyak sekali penyimpangan-penyimpangan yang terjadi.

    Nama: KETY PURIUTAMI
    NIM: 08/269812/PA/12082
    Prodi: MATEMATIKA

  37. Hal yang membanggakan : pertama, keramah tamahannya karena Bangsa Indonesia selalu menyambut tamu dengan ramah dan murah senyum, seperti di beberapa daerah di Indonesia juga mempunyai tarian khusus untuk menyambut tamu contohnya Tari Moduai adalah tarian penyambutan tamu di Sulawesi Tengah.
    Kedua,semangat berkompetisi karena banyaknya generasi muda yang berprestasi di tingkat internasional seperti dalam olimpiade internasional( seperti tahun 2010 pada olimpiade fisika internasional di kroasia indonesia meraih 4 medali emas 1 medali perak),olah raga, dan yang lainnya. Ketiga,kaya akan keanekaragaman budaya, walaupun berbeda-beda budaya tetapi bangsa Indonesia menghargai perbedaan tersebut dan saling berbagi akan budaya masing-masing.

    Hal yang tidak membanggakan :pertama,Korupsi karena Indonesia termasuk negara yang banyak korupsinya, banyaknya penyuapan penegak hukum maunya untuk menyelesaikan masalah tapi malah menambah masalah( contohnya masalah Gayus), jika di lihat masih banyak masalah yang proses hukumnya berhenti di tengah jalan (seperti kasus BLBI), ada juga hal yang sangat sederhana tapi kita kadang tidak sadar akan hal itu seperti datang terlambat itu juga merupakan korupsi waktu. Kedua, banyak bicara sedikit bekerja karena banyak hal-hal yang telah direncanakan tetapi tidak terealisasi. ketiga, perilaku konsumtif karena sekarang ini banyak sekali mall-mall yang berdiri yang setiap hari, setiap jam, menit, detik ramai di kunjungi orang, apalagi jika ada kata-kata “diskon besar-besaran” banyak orang rela antri panjang dan berebutan dengan konsumen lain demi mendapatkan barang itu, kadang tidak memikirkan terlebih dulu apakah barang itu diperlukan atau tidak dan tidak sadar bahwa itu pemborosan.

    Lian Yuanita Andikasari
    08/269615/PA/12003
    Prodi Matematika

  38. a) 3 Hal yang membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian Bangsa Indonesia :
    1) Keramah-tamahan orang Indonesia
    Sikap ramah orang-orang Indonesia menjadikan bangsa Indonesia disukai oleh turis-turis asing, sehingga Indonesia sering dikunjungi oleh turis dari negara lain dan akibatnya dapat menambah pendapatan negara yang berasal dari penerimaan devisa dari turis asing.
    2) Menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa
    Bangsa Indonesia sangat menghargai budaya bangsa karena budaya merupakan cerminan jati diri bangsa. Tidak hanya sebagai penikmat namun juga sebagai pelaku langsung. Dimulai dari generasi muda dilatih untuk mencintai budaya bangsa dengan mengenal lalu melestarikannya. Dengan begitu budaya bangsa tidak akan hilang sampai kapan pun dan Indonesia tidak akan kehilangan jati dirinya. Saat ini sudah sangat banyak didirikan instansi-instansi seni di berbagai daerah di Indonesia yang memulai menanamkan rasa kecintaan terhadap seni budaya kepada generasi penerus bangsa.
    3) Toleran
    Di Indonesia terdapat 5 agama yang diakui oleh negara. Namun begitu, masing-masing dari penganutnya dapat saling menghargai satu sama lain. Ditunjukkan juga dengan tidak adanya kecaman terhadap antar-umat beragama di Indonesia. Dengan adanya sikap toleran ini Indonesia dapat menjadi negara yang rukun dan damai.
    b) 3 Hal yang tidak membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian bangsa Indonesia :
    1) Maraknya korupsi
    Salah satu penyebab terjadinya korupsi adalah sistem pemerintahan dan birokrasi yang memang kondusif untuk melakukan penyimpangan. Dampak paling jelas dari korupsi adalah semakin menurunnya kesejahteraan rakyat. Karena hak yang seharusnya diperuntukkan rakyat malah masuk ke kantong-kantong pejabat. Dampak yang lain adalah menurunnya citra bangsa dan pandangan sinis masyarakat terhadap pemerintah. Sehingga banyak terjadi perlawanan-perlawanan rakyat kepada pemerintah sebagai bentuk ketidakpuasan.
    2) Birokrasi yang buruk
    Indonesia mempunyai birokrasi terburuk kedua dari 12 negara di Asia.
    Rendahnya kualitas atau profesionalisme aparatur pemerintah dan masih meluasnya praktik maladministrasidi kalangan aparatur pemerintahan menjadi pemicu utama terjadinya sistem birokrasi yang buruk di Indonesia. Dampak dari keberpihakkan birokrasi di Indonesia salah satunya adalah kecenderungan pelayanan birokrasi yang diskriminatif, baik dalam aspek administratif maupun pembangunan dan keberpihakkan birokrasi pada salah satu partai politik memperlemah profesionalisme organisasi pemerintahan. Sehingga menjadi penghambat dan sumber masalah berkembangnya keadilan dan demokrasi, terjadi diskriminasi dan penyalahgunaan fasilitas, program dan dana negara.
    3) Etos kerjanya rendah
    Indonesia adalah salah satu bangsa yang memiliki etos kerja yang rendah. Hal ini dikarenakan alam Indonesia termasuk subur sehingga apapun tersedia di dalamnya. Sehingga timbul kemalasan dari dalam diri masyarakatnya sendiri untuk bekerja keras. Mayoritas rakyat Indonesia kurang disiplin, mereka cenderung menunda-nunda sesuatu dan terbiasa dengan waktu yang “molor”. Rakyat Indonesia juga memiliki produktivitas yang terbatas. Mereka lebih seka meniru. Hal ini menggambarkan kepribadian seseorang yang lemah atau kurang percaya diri. Ditunjukkan juga dengan banyak yang masih percaya kepada takhayul, mitos dan mistik. Dan masyarakat Indonesia juga cenderung bersifat irasional dan berorientasi pada masalah, bukan pemecahannya.

    Anisa Windhitiastuti
    08/269766/PA/12065
    Jurusan Matematika Prodi Matematika

  39. Bangga atau tidak bangga sebetulnya hanya mengenai rasa,jika ada sesuatu yang dibanggakan tentunya akan ada hal yang tidak dibanggakan.Begitu pula dengan kepribadian bangsa Indonesia ada hal yang patut dibanggakan tetapi ada pula yang dianggap tidak membanggakan.
    Menurut saya,3 hal yang membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian Bangsa Indonesia,diantaranya:
    1.Mempunyai rasa nasionalisme yang cukup tinggi
    Nasionalisme memang penting untuk keberlangsungan suatu negara termasuk Indonesia,bayangkan jika suatu negara dihuni oleh orang-orang yang tidak nasionalisme akan jadi apa negara itu.Apabila negara tersebut mengalamai pergolakan dengan negara lain tidak ada warga negaranya yang membela.Tetapi saya cukup bangga karena rasa nasionalisme bangsa Indonesia bisa dikatakan cukup tinggi.Hal yang melatar belakangi pendapat saya ini adalah fakta ketika negara tetangga Indonesia mengakui beberapa warisan budaya yang diyakini merupakan warisan asli bangsa Indonesia,banyak sekali ekspresi kekecewaan yang ditunjukkan oleh bangsa Indonesia karena warisan leluhurnya diklaim oleh negara lain.Hal ini menunjukkan bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia memang tinggi,bukan hanya dalam hal itu,akhir-akhir ini terjadi demo untuk revolusi PSSI,menurut saya itu juga dapat dikategorikan mengekspresikan rasa nasionalisme karena menginginkan negara Indonesia semakin memperbaiki diri,kalau tidak cinta terhadap negara Indonesia tentu tidak akan ada tindakan yang dilakukan untuk mewujudkan Indonesia lebih baik.

    2.Mempunyai kreatifitas yang tinggi
    Bangsa Indonesia mempunyai kreatifitas yang tinggi,hal ini dapat dilihat semakin banyak usaha-usaha waralaba yang berdiri,dan sebagian besar yang mempelopori adalah pemuda.Menurut saya ini menjadi kabar baik karena usaha-usaha yang terbentuk tersebut ada karena kreatifitas yang dipunyai pemuda kini dapat dikatakan cukup tinggi,selain itu ada pula karya ilmiah yang dilombakan pada tingkat Internasional yang mendapat perhatian lebih untuk dunia misalnya saja pada kontes robot dan semacamnya.Latar belakang lain saya mengambil alasan ini yaitu terinspirasi suatu program televisi yang sedang mereportase suatu tindak kecurangan dalam hal penjualan telur asin,yaitu dengan memalsukan telur yang dipakai dalam pembuatan telur asin tersebut,atau tindakan menggunakan pewarna tekstil pada tahu kuning.Tindakan tersebut menurut saya menunjukkan kreatifitas yang tinggi dari bangsa Indonesia karena cukup banyak jenis manipulasi yang dilakukan.Hanya saja kreatifitas tersebut tidak bersesuaian dengan aturan yang ada karena membawa dampak yang buruk.Tetapi disini saya hanya ingin menunjukkan bahwa sebenarnya bangsa Indonesia kreatif,tetapi karena faktor tertentu kreatifitas tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya.Tetapi kreatifitas yang terakhir ini memang tidak patut dibanggakan.

    3.Memiliki kepedulian yang tinggi untuk membantu sesama
    Indonesia memang sejak dahulu dikenal dengan bangsa yang ramah tamah,dibandingkan negara lain yang tingkat Individualismenya tinggi Indonesia sampai saat ini tetap bisa mempertahankan keramahtamahan ini meskipun pada era globalisasi ini kadarnya semakin berkurang.Begitu pula dengan kepedulian terhadap sesama masih dapat terlihat akhir-akhir ini.Coba ingat beberapa waktu yang lalu ketika secara berturut-turut beberapa wilayah di Indonesia ditimpa musibah,banyak sekali jenis bantuan yang digalang oleh warga masyarakat.Dari mulai individu,kelompok kecil sampai yang melibatkan komunitas yang lebih luas,berbagai jenis bantuan dan relawan dikirimkan demi membantu sesama.Hal itu tentunya dapat menunjukkan diantara berbagai kemajuan zaman yang ada kepedulian terhadap sesama masih menjadi hal yang dipertahankan oleh bangsa Indonesia.

    Mungkin masih banyak sikap/perilaku/kepribadian yang dapat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia,tetapi seperti itulah pendapat saya mengenai hal-hal yang dapat menjadi kebanggan.Selanjutnya,saya akan mengemukakan pendapat mengenai 3 hal yang tidak membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian Bangsa Indonesia,diantaranya:
    1.Bangsa Indonesia mudah terhasut dan terprovokasi dalam hal yang menjerumus kepada perpecahan
    Peristiwa yang mencoreng nama Indonesia yang baru-baru ini terjadi adalah peristiwa di Cikeusik,sebuah peristiwa yang seharusnya tidak perlu terjadi tetapi karena mudahnya terprovokasi dan menyelesaikan sesuatu hal dengan kekerasan mengakibatkan kerusuhan tidak dapat dihindari.Fakta bahwa sering terjadinya tawuran antara kelompok antar desa atau yang sering kita dengar antara pendukung tim sepakbola.Hanya karena membela seseorang dalam kelompok ataupn karena hal-hal lain yang sebetulnya dapat diselesaikan secara baik-baik tetapi karena terprovokasi terjadilah tawuran dan kerusuhan.Dikhawatirkan jika hal ini menjadi kebiasaan yang dibiarkan berlarut-larut akan menimbulkan perpecahan yang lebih luas.

    2.Budaya melakukan kecurangan
    Ketika sebuah budaya biasanya harus dilestarikan agar dapat dijadikan warisan bagi generasi selanjutnya,maka budaya ini seharusnya segera dilenyapkan karena budaya yang satu ini tidak akan memberikan kebanggaan bagi bangsa Indonesia.Budaya melakukan kecurangan sepertinya sudah melekat bagi bangsa Indonesia mulai dari usia dini misal saja sekelompok anak-anak yang berbuat curang dalam melakukan suatu permainan,di tingkat sekolah kecurangan ini dapat berupa mencontek pekerjaan orang lain,sedangkan di tingkat lainnya yang lebih parah adalah kecurangan berupa manipulasi data yang berujung pada suatu tindakan korupsi.Mungkin apabila dilakukan survei hanya sedikit saja atau bahkan tidak ada orang yang tidak pernah melakukan kecurangan dalam hidupnya di Indonesia ini.Bayangkan dalam beberapa tahun kemudian generasi muda yang akan memimpin negara ini yang terbiasa sejak dini melakukan kecurangan akan berapa banyak koruptor yang terbentuk,bukankah sesuatu hal yang memalukan sekaligus memilukan.

    3.Cenderung menyukai sesuatu hal yang instant
    Banyak orang tentunya yang suka dengan sesuatu yang diperoleh dengan cepat apalagi sesuatu hal itu adalah hal yang disukai.Memperoleh kebahagiaan secara instant dengan menghalalkan segala cara.Kalau instan tapi benar dan tidak merugikan orang lain tentunya tidak masalah tetapi sebagian besar yang dilakukan merugikan orang lain dan juga membentuk pribadi yang malas dan tidak suka bekerja keras.Dimulai dengan kasus yang sederhana yaitu anak sekolah,karena ingin mendapatkan nilai ujian yang bagus,dia berusaha memperoleh bocoran soal,hal yang jauh lebih instant dibandingkan ia harus bersusah payah belajar.Kasus lainnya yang lebih besar adalah korupsi,cara yang instan untuk menghimpun kekayaan,untuk kasus tersebut tentunya sudah banyak buktinya.Menyukai dan mempergunakan cara instan untuk memperoleh kebahagiaan sesungguhnya bukan merupakan sesuatu yang membanggakan dari bangsa Indonesia karena dengan kebiasaan ini bangsaIndonesia akan cenderung malas berusaha dan bekerja keras,bayangkan saja apabila semua orang menggunakan cara instan untuk memperkaya diri,hancurlah tentunya negara ini.

    Demikianlah pendapat saya mengenai membanggakan atau tidak membanggakan,setiap mahasiswa mungkin mempunyai pendapatnya masing-masing,perbedaan pendapat ini harus disikapi dengan bijak agar terciptanya kerukunan.Hidup Indonesia!!!

    Ajeng Riesmitasari,08/270124/PA/12218,Matematika

  40. Hal-hal yang membanggakan:
    1. Prestasi yang diraih anak-anak Indonesia dalam bidang akademik.
    Prestasi ini tentu saja sangat membanggakan bagi bangsa Indonesia. Di tengah keterpurukan bangsa, putra-putri Indonesia mampu meraih prestasi luar biasa di kancah internasional. Berbagai prestasi yang diraih antara lain Tim Indonesia menyabet empat medali emas dalam olimpiade fisika pada tahun 2010 lalu, Tim Indonesia berhasil meraih juara kedua dan ketiga tingkat Junior (SLTP) Regular Category pada ajang kompetisi Olimpiade Robot Dunia (World Robot Olympiad/WRO), Indonesia berhasil menjadi juara umum pada Lomba Penelitian Ilmiah Remaja Tingkat Dunia ke-17 atau 17th International Conference of Young Scientists (ICYS), dan tentu saja masih banyak yang lain. Hal ini memberi dampak positif bagi bangsa Indonesia yakni agar bangsa kita tidak selalu dikenal karena keburukan-keburukannya tetapi juga prestasi-prestasinya.
    2. Masyarakat Indonesia yang masih peduli terhadap sesamanya.
    Banyaknya bencana alam yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini mengundang keprihatinan dari berbagai pihak. Segenap lapisan masyarakat yang turun secara langsung membantu para korban datang dari berbagai latar belakang, saling bahu membahu memberi pertolongan. Banyak bantuan mengalir untuk disalurkan kepada para korban. Hal ini menurut saya sangat membanggakan, karena ternyata masih banyak orang-orang yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap sesamanya yang membutuhkan tanpa memandang perbedaan suku, ras, dan agama.
    3. Masih tingginya jiwa nasionalisme bangsa.
    Hal ini saya lihat dari ketika kita menonton sebuah pertandingan sepak bola melawan negara lain, sesaat sebelum pertandingan dimulai akan diperdengarkan terlebih dahulu lagu kebangsaan masing-masing negara. Pada saat lagu Indonesia Raya diperdengarkan, maka seluruh pemain dan penonton yang ada pasti akan turut serta menyanyikan lagu kebangsaan kita ini. Mungkin hal ini termasuk bentuk nasionalisme yang paling kecil. Tetapi apa salahnya memulai dari hal yang paling kecil.

    Hal-hal yang tidak membanggakan:
    1. Masih terjadi kekerasan atas nama agama.
    Seperti kita ketahui, beberapa waktu lalu terjadi peristiwa yang sangat memilukan. Terjadinya kekerasan bahkan terhadap mayat pada jemaat Ahmadiyah. Menurut saya hal ini sungguh tidak membanggakan. Sesuatu yang seharusnya bisa diselesaikan dengan jalan yang lebih manusiawi berakhir dengan jalan kekerasan. Kasus lain di Temanggung, perusakan gereja dan sekolah. Sungguh memprihatinkan. Betapa masyarakat kini dengan mudahnya terprovokasi sampai melakukan hal-hal yang tidak terpuji. Tidak lagi berpikir dengan jernih dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada. Tidak lagi menghargai adanya perbedaan. Apakah undang-undang pasal 28 sudah tidak berlaku lagi di negeri ini ?
    2. Praktek suap menyuap yang semakin subur di negeri ini.
    Tidak hanya Gayus, mulai dari yang paling dekat saja. Bapak-bapak polisi sebagai penegak hukum di negeri ini, ketika ada yang melanggar lalu lintas, agar terbebas dari urusan persidangan cukup dengan membayar sejumlah uang yang entah masuk kantong siapa. Sangat tidak membanggakan, bagaimana hukum bisa ditegakkan di negeri ini kalau aparatnya saja bisa dengan mudahnya disuap dengan uang.
    3. Korupsi merajalela.
    Sudah banyak yang ketahuan tapi banyak juga yang masih tenang-tenang menikmati uang yang bukan haknya. Korupsi tentu saja tidak membanggakan. Tindakan memperkaya diri dengan jalan yang satu ini sungguh memalukan martabat dan harga diri bangsa.

    Nama: Yosephine Krnia Sih Wulantri
    NIM: 08/269842/PA/12100
    Prodi: matematika

  41. Jawaban Tugas1:

    a. 3 hal yang membanggakan dari bangsa Indonesia :
    - sikap bangsa indonesia rata rata sopan,ramah dan saling tolong menolong sehingga para pendatang yang baru datang ke indonesia merasa nyaman karena merasa di hargai.
    - masih adanya sikap salinh menghargai dan menjujung HAM orang lain sehingga masyarakat bisa saling menghormati karena merasa memiliki hak yang sama, seperti hak memeluk agama dan kepercayaan sehingga masyarakat bisa saling hidup berdampingan dengan tentram dan nyaman.
    - sikap musyawarah bangsa indonesia dalam mengambil keputusan masih tinggi sehingga semua pihak tidak merasa kecewa pada suatu keputusan yang sudah di ambil.

    b. 3 hal yang tidak di sukai dari bangsa Indonesia :
    - masih tingginya mental/sikap korupsi dari kalangan bawah sampai kalangan atas, tentunya sikap korupsi sangat merugikan negara baik secara moral ataupun material. jelas secara material, negara kehilangan devisa yang sangat besar sedangkan secara moral,bangsa Indonesia menjadi jelek di mata dunia,bukan hanya itu,di Indonesia sendiri bisa terjadi konflik karena masih banyaknya pengangguran,sedangkan di sisi lain para pejabat justru melakukan korupsi.
    - kurangnya perhatian dan pengembangan pemerintah dalam hal sumber daya alam dan manusia yang banyak sekali di miliki oleh negara.sebagai contoh dalam sepakbola,tentunya indonesia memiliki bakat bakat yang bagus dalam bidang tersebut,misalnya dari daerah papua,tapi kurangnya pembinaan yang dilakukan pemerintah membuat bakat tersebut menjadi hilang begitu saja,harusnya secara bakat,Indonesia tidak kalah dari negara lain,tetapi sekarang buktinya menang di kawasan asia tenggara saja,kita tidak pernah mampu melakukannya,apalagi timnas yang U-2,saya cukup sedih melihatnya,sebagai contoh untuk ajang sea games 2007,timnas U-23 menjadi bulan bulanan tim lawan.
    - sikap pemerintah yang kurang memperhatikan batas batas luar negara Indonesia.kita tentunya tahu sudah berapa pulau terluar di Indonesia yang sudah bukam menjadi milik bangsa ini lagi,padahal dalam pulau pulau tersebut banyak mengandung SDA yang dapat kita manfaatkan.sebagai ccntoh dulu kita kehilangan pulau timor timor yang sekarang bahkan mampu berdiri sendiri sebagai suatu negara,belakangan ini kita juga kehilangan pulau ligitan dan sipadan yang bahkan di ambil oleh negara tetangga kita sendiri,malaysia. kalau begini terus, bisa bisa negara Indonesia hanya terdiri dari beberapa pulau besar saja.

    Nama : Agus Fajar Nugroho
    NIM : 08/269658/PA/12018
    prodi: Matematika

  42. a.Hal yang membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian bangsa indonesia adalah yang pertama,perilaku ke-timur-annya masih kental. masih memperhatikan adab-adab yang berlaku disekitarnya (contoh berpakaian sopan, ramah-tamah) yang kedua perilaku yang ‘gotong-royong’ itu masih sering ditampakkan oleh sesama bangsa indonesia,tidak pada akhirnya bersikap sangat individualis seperti kebanyakan bangsa barat. yang ketiga indonesia itu terbentuk dari keberagaman suku-suku di Indonesia, jadi dapat dibuktikan bahwasannya kepribadian bangsa indonesia sangat luhur dan sikap tenggang rasanya besar sehingga dapat membangun sebuah negara dengan basis Bhinneka Tunggal Ika.

    b.Hal yang tidak membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian bangsa indonesia adalah yang pertama bangsa Indonesia mudah sekali melupakan sejarah, padahal yang namanya sejarah merupakan guru terbaik agar bangsa indonesia tidak terperosok ke kesalahan yang sebelumnya. yang kedua bangsa indonesia saat ini banyak yang berkepribadian ‘membebek’ ato pengikut,jadi bisa dikatakan saat ini bangsa indonesia gampang dijadikan massa yang sangat mudah diprovokasi,kita kebanyakan bergerak tanpa dasar yang jelas(seperti tauran anak sma yang tidak jelas akar masalahnya, dll). yang ketiga bangsa indonesia kini, kurang menghargai kebudayaan yang mereka punya sehingga banyak kebudayaan bangsa indonesia yang di klaim oleh negara lain.

    Isti Munawaroh

  43. Indonesia, begitulah aku menyebutnya sedari gaungnya menggetarkan jantungku lewat setiap alun pekik lagu kemerdekaannya.
    Begitu banyak hal yang membuatku bangga akan Indonesia, antara lain :

    1) Kepribadian bangsa Indonesia yang terkenal santun di dunia, sejak kecil selalu kudengar, bangsa ini bangsa yang santun, bangsa yang saling sapa, bahkan ke semua orang, baik warga negara indonesia maupun pendatang dari mancanegara. Suasana kepribadian bangsa yang seperti ini membuat saya bangga, karena saya nyaman hidup di negara ini.

    2) Sikap setiap elemen bangsa ini yang selalu ingin melindungi semua kekayaan bangsa. Ketika ada bangsa lain yang mengusik, maka serentak seluruh rakyat Indonesia ini membela. Sungguh sebuah getaran yang menakjubkan.

    3) Sikap bangsa yang ikut berusaha mewujudkan ketertiban dunia. Seperti mengirim pasukan perdamaian ke daerah – daerah konflik. Sungguh sebuah alasan untuk menegakkan badan karena sebuah kebanggaan.

    Pada dasarnya, setiap getaran yang timbul dalam detak nadiku, merupakan kebanggaanku terhadap bangsa ini, Indonesia.

    Walaupun ada beberapa sikap beberapa elemen bangsa ini yang secara umum dapat dikategorikan sebagai sikap yang tak baik. Tak pernah mengurangi kebanggaanku menjadi Indonesia. Karena aku yakin, semua itu bukanlah sikap dasar bangsa ini. Adapula beberapa hal yang harus dan pasti bisa bersama – sama kita hilangkan, antara lain :

    1) Korupsi yang dilakukan oleh beberapa oknum bangsa ini, harus kita hilangkan sungguh.

    2) Kolusi, sikap yang hampir sejenis dan harus dihapuskan jua.

    3) Nipotisme, menjalar bak parasit dalam kehidupan ini. Harus dan wajib kita hapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

    Ketiga hal tersebut lebih familiar kita sebut KKN, dzolim sungguh. Dan menjadi paradoks untuk bangsa ini.

    Walau begitu, adalah harga mati aku bangga menjadi INDONESIA.
    Baik ataupun Buruk, inilah negaraku !!!! INDONESIA !!!!

    Adalah tugas kita bersama untuk mengharumkan INDONESIA.

    Saya yang menulis,
    Arief Wahyu Kurniawan
    08 / 269804 / PA / 12079
    Matematika

  44. A.Keramahan dan sopan santun masyarakatnya,
    Alasannya : Bangsa ini terkenal dengan masyarakatnya yang ramah tamah dan sopan kepada siapa pun, baik itu orang asing, saudara/keluarga, maupun kepada pejabat-pejabat di negeri ini. Sikap seperti ini dilandasi rasa saling hormat, saling menghargai, dan tenggang rasa antar sesama.

    Kepedulian antar sesama
    Alasannya : Kita bisa mengambil contoh saat bencana alam di negeri ini. Banyak warga yang dengan suka rela membantu para korban bencana alam baik itu bantuan berupa tenaga, uang, ataupun sekedar doa.

    Keanekaragaman budayanya
    Alasannya : Sudah kita ketahui bersama bahwa bangsa ini terdiri atas berbagai suku, budaya, bahasa, adat istiadat. Hal ini lah yang mendasari terbentuknya slogan “Bhineka Tunggal Ika” walaupun berbeda-beda tetapi kita tetap satu. Untuk budayanya sungguh patut dibanggakan dan dipelihara. Budaya bangsa yang tidak bias kita lihat di Negara lain maupun dunia lain, ya walaupun beberapa Negara mengaku juga memiliki budaya yang sama dengan kita tapi kita harus tetap melestarikan budaya itu.

    B.Korupsi
    Alasannya : Sungguh sangat menyedihkan dan memalukan bahwa bangsa Indonesia termasuk 10 besar Negara terkorupsi di dunia. Sungguh ironi melihat keadaan rakyat yang bisa dikatakan kurang dari mampu tetapi para pejabat di luar sana sangat menikmati uang rakyat tanpa merasa bersalah dan berdosa. Masih banyak alas an yang membuat korupsi tidak bisa kita terima di negeri ini.

    Hukum yang bisa dibeli
    Alasannya : Sebenarnya belum terbukti 100% hukum di Indonesia bisa dibeli, namun beberapa kasus criminal dengan tersangka orang-orang golongan berduit hukum tidak membuat mereka jera, karena apa?mungkin hukuman yang mereka terima tidak sebanding dengan perbuatan yang mereka lakukan. Tetapi sudah menjadi kewajiban kita untuk mematuhi hukum yang berlaku di negeri ini agar menjadi warga negara yang baik.

    Sikap tidak sportif
    Alasannya : Misal contoh tindakan tidak sportif adalah ulah supporter sepakbola negeri ini. Banyak kerisuhan terjadi akibat ulah supporter yang tidak sportif, hal ini banyak menimbulkan kerugian baik itu bagi Negara, pemerintah, maupun masyarakat itu sendiri,

    Sandi Setiawan
    Matematika
    08/269775/PA/12068

  45. a. Menurut Saya 3 Hal yang membanggakan dari perilaku/ kepribadian bangsa Indonesia :

    1. Bhineka Tunggal Ika
    Indonesia negara yang menurut saya paling unik dan paling kaya akan kebudayaan. tapi dengan semua perbedaan itu semua masih menghormati satu sama lain.

    2. Norma Kesopanan
    Indonesia masih menjunjung tinggi norma kesopanan dalam perilaku seperti tidak ikut budaya barat yang rata-rata ‘free-sex’ dianggap hal yang wajar.

    3. Pancasila
    Memang masih ada saja oknum yang tidak mengamalkan Pancasila, padahal sila-sila pancasila menurut saya mencerminkan kepribadian bangsa indonesia pada masa dahulu.. dimana kerukunan beragama, keadilan,kemanusiaan,persatuan,dan kerakyatan berkumpul menjadi jadi dan tercipta suatu keharmonisan…

    b. 3 HAL Yang menurut saya tidak membanggakan dari Kepribadian Indonesia :
    1. Kesenjangan sosial
    Perbedaan si Miskin dan si Kaya yang terlalu mencolok serta Sifat Malas beberapa Rakyat Indonesia.. Sebenarnya Indonesia bukan negara MISKIN tapi hanya MENGAKU MISKIN.. saya sempat miris melihat dalam pembagian BLT, Beras Raskin, Sembako, THR.. ada saja oknum orang yang dikatagorikan “TIDAK MISKIN” masih ikut nimbrung ingin menikmati rejeki orang yang seharusnya mendapatkan.. makanya saya menganggap SEBAGIAN RAKYAT INDONESIA itu BUKAN MISKIN hanya MENGAKU MISKIN”..

    2. Anarkis
    Memang Boleh marah apabila kasus besar, tapi Penyelesaian dengan kekerasan hanya akan menimbulkan masalah baru, kan bisa dengan musyawarah atau lewat hukum ( Indonesia negara hukum ). tapi saya selalu melihat berita bentrok dimana-mana. pembantaian dan sebagainya

    3. Banyaknya WESTERNISASI
    Bergaya hidup mewah, mengikuti pola hidup orang barat dan menjiplak kebudayaannya ( Positif dan Negatif ).
    Batik,Angklung,Reog,Keris,Tari Pendet, Rendang dan masih ada yang lain di klaim Malaysia. Rakyat Indonesia Hanya marah” demo merusak Fasilitas Negara Sendiri.. Padahal Nyatanya, banyak rakyat Indonesia yang ‘Ogah’( Tidak Mau ) Pakai Batik dengan alasan Jadul, Culun, tidak modis. Enggan Memainkan musik Angklung, maen Reog , Lebih Memilih tari Balet ataupun Salsa ketimbang Belajar tari Tradisional, Bahkan ada beberapa yang merasa bahasa daerahnya sendiri sudah kuno, dan enggan untuk mempelajarinya ( Di Pakai dan Di Pelajari Ogah Tapi Di Pakai dan Di Pelajari Bangsa Lain? Marah-Marah??)..

    Mungkin Segitu pendapat saya tentang kepribadian yang dapat saya pikirkan.. Terima kasih

    MUHAMMAD ABDULLAH
    08/269831/PA/12092
    GEOFISIKA

  46. Hal yang membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian bangsa Indonesia adalah
    1.Sikap Gotong Royong yang masih sangat kental dirasakan oleh bangsa Indonesia. Sikap saling membantu satu sama lain sehingga kebersamaan antar masyarakat bisa terjalin dengan baik. Apalagi yang masih tinggal di kawasan desa. Sikap tersebut adalah sikap yang baik dan membanggakan dari perilaku bangsa Indonesia.
    2.Kejuaraan di bidang olahraga seperti bulu tangkis dan sepak bola adalah salah satu hal yang membanggakan juga dari bangsa Indonesia. Karena kejuaraan tersebut biasanya antar negara lain sehingga membawa nama bangsa Indonesia.
    3.Bangsa Indonesia mempunyai bahasa daerah terbanyak di antara negara-negara lain. Hal ini merupakan wujud dari keberagaman komunitas di dalam bangsa Indonesia namun kita tetap menjaga kesatuan dan keutuhan bangsa ini serta patut dibanggakan.

    Hal yang tidak membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian bangsa Indonesia adalah
    1.Korupsi yang dikarenakan tidak adanya sikap transparan dari pihak pelaku. Bahkan korupsi yang tingkat tinggi masih terjadi di Indonesia dan juga ada yang belum terungkap. Hal ini tidak membanggakan bagi bangsa Indonesia karena tindakan tersebut merugikan banyak orang yang terkait dan memalukan bagi bangsa Indonesia apalagi jika kabar tersebut sampai berhembus ke internasional.
    2.Sikap kolot yang masih santer dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tidak membanggakan bagi bangsa Indonesia karena membuat masyarakatnya tidak berkembang dalam segi pemikiran maupun tindakan.
    3.Lingkungan yang masih kotor dan terlihat di banyak tempat. Dimulai dari lingkungan kecil hingga lingkungan besar yang tingkat kekotorannya sudah parah (misalnya: sampah yang menumpuk, buang sampah di sungai sehingga sungai menjadi kotor dan bau). Hal ini tidak membanggakan bagi bangsa Indonesia karena dapat merugikan lingkungan sendiri namun tingkat kesadaran masyarakat masih kurang.

    Jatmikawati Puspitaning Wardani
    08/269561/PA/11971 – Matematika

  47. Sebagai warga negara yang baik sudah selayaknya kita mencintai dan bangga akan negara tempat kaki kita berpijak. Banyak hal yang membanggakan yang dimiliki bangsa ini. Sebuah sikap yang senantiasa membuat semua orang bangga dan senang berada di negara Indonesia adalah keramahan dan sikap hangat setiap warganya. Keramahan dan sikap hangat serta keterbukaan masyarakat kita merupakan daya tarik yang akan selalu menyedot wisatawan asing untuk terus mengunjungi Indonesia. Sikap inilah yang tidak bisa disajikan negara lain. Keramahan dan sambutan hangat masyarakat terhadap wisatawan asing membuat mereka seolah-olah berada di lingkungannya sendiri.
    Selain senyum ramah dan sikap hangat warga Indonesia, kita patut bangga akan keberagaman budaya Indonesia. Keragaman budaya itu memperkaya negeri ini dengan sikap toleransi dan rasa saling menghargai. Sikap toleransi antar umat beragama. Meski dalam kurun waktu saat ini banyak yang memprovokasi untuk menentang suatu agama yang ada, perusakan tempat ibadah. Rasa saling menghargai nampak dalam kehidupan bermasyarakat. Hidup rukun dan saling berdampingan meski berasal dari berbagai suku yang berbeda.
    Meskipun negara ini mempunyai banyak sekali suku bangsa, namun rasa kebersamaan dan sikap gotong royong warga negara Indonesia perlu diacungi jempol. Hal ini dapat kita lihat ketika sebagian warga di suatu daerah mengalami musibah maka warga di daerah lain pun berbondong-bondong meringankan bantuan para korban tanpa memandang suku dan agama. Sikap bergotong royong sering kita jumpai di daerah pedesaan maupun perkotaan. Mereka saling bahu membahu membantu sesama dalam suka maupun duka.
    Itulah kebanggan saya tinggal di negara dengan keindahan alam dan keindahan bermasyarakatnya.
    Banyak hal yang membuat saya bangga telah lahir dan dibesarkan di negara ini. Namun ada beberapa hal yang membuat saya merasa tak bangga sebagai warga negara Indonesia. Salah satunya adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan. Sampah sudah menjadi masalah kronis di negeri kita ini. Meraka ada dimana-mana. Setiap tempat rasanya tidak afdol kalau tidak ada sampah. Meskipun pemerintah sudah menyediakan tempat sampah tetap saja warga tidak membuang sampah pada tempatnya. Ini sudah menjadi kebiasaan yang sangat sulit dirubah. Itu baru seorang, coba bayangkan hampir mayoritas masyarakat Indonesia membuang sampah tidak pada tempatnya. Sadar atau tidak kita ini sudah terkepung sampah. Akibat dari sampah juga tidak main-main, seperti banjir dan sumber penyakit. Pola hidup kita yang konsumtif tidak peduli lingkungan ini akan terus menghasilkan sampah yang menggunung-gunung.
    Penegakan hukum yang kurang tegas membuat banyak warga negara Indonesia kecewa akan bangsanya. Uang datang lebih dulu, kemudian keadilan. Sebuah kredo dari buku yang saya baca, menggambarkan betapa buruknya penegakkan hukum di negeri ini. Hukum bersikap tegas pada mereka yang miskin dan melunak bagi mereka yang berkuasa. Dalam hukum, uang yang mementukan segalanya. Jika kau punya uang maka kau akan menang. Ketika seorang pencuri setandan pisang bisa dihukum sampai 3 tahun dan seorang koruptor dihukum 6 tahun dengan fasilitas sekelas hotel berbintang di dalam penjara. Tak heran jika para penegak hukum mirip wirausaha yang berbisnis perkara.
    Ketidaksiplinan warga negeri ini seolah dijunjung tinggi sekali. Ketidaksiplinan dalam menepati janji seolah menjadi hal yang biasa di negeri ini. Jam karet, begitulah sebagian orang menyebutnya. Bahkan muncul sebuah sindiran, “ Negara Indonesia kaya akan karetnya, jadi wajarlah kalo warganya pada ngaret” . Selain ketidaksiplinan warga Indonesia dalam menepati janji, banyak ketidaksiplinan warga Indonesia yang lain. Misalnya ketidaksiplinan dalam berkendara dan sebagainya.
    Itulah yang tidak membanggakan dari bangsa ini.

    DEWY AYU L.
    08/270083/PA/12204
    MATEMATIKA

  48. Sebagai warga negara yang baik sudah selayaknya kita mencintai dan bangga akan negara tempat kaki kita berpijak. Banyak hal yang membanggakan yang dimiliki bangsa ini. Sebuah sikap yang senantiasa membuat semua orang bangga dan senang berada di negara Indonesia adalah keramahan dan sikap hangat setiap warganya. Keramahan dan sikap hangat serta keterbukaan masyarakat kita merupakan daya tarik yang akan selalu menyedot wisatawan asing untuk terus mengunjungi Indonesia. Sikap inilah yang tidak bisa disajikan negara lain. Keramahan dan sambutan hangat masyarakat terhadap wisatawan asing membuat mereka seolah-olah berada di lingkungannya sendiri.
    Selain senyum ramah dan sikap hangat warga Indonesia, kita patut bangga akan keberagaman budaya Indonesia. Keragaman budaya itu memperkaya negeri ini dengan sikap toleransi dan rasa saling menghargai. Sikap toleransi antar umat beragama. Meski dalam kurun waktu saat ini banyak yang memprovokasi untuk menentang suatu agama yang ada, perusakan tempat ibadah. Rasa saling menghargai nampak dalam kehidupan bermasyarakat. Hidup rukun dan saling berdampingan meski berasal dari berbagai suku yang berbeda.
    Meskipun negara ini mempunyai banyak sekali suku bangsa, namun rasa kebersamaan dan sikap gotong royong warga negara Indonesia perlu diacungi jempol. Hal ini dapat kita lihat ketika sebagian warga di suatu daerah mengalami musibah maka warga di daerah lain pun berbondong-bondong meringankan bantuan para korban tanpa memandang suku dan agama. Sikap bergotong royong sering kita jumpai di daerah pedesaan maupun perkotaan. Mereka saling bahu membahu membantu sesama dalam suka maupun duka.
    Itulah kebanggan saya tinggal di negara dengan keindahan alam dan keindahan bermasyarakatnya.
    Banyak hal yang membuat saya bangga telah lahir dan dibesarkan di negara ini. Namun ada beberapa hal yang membuat saya merasa tak bangga sebagai warga negara Indonesia. Salah satunya adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan. Sampah sudah menjadi masalah kronis di negeri kita ini. Meraka ada dimana-mana. Setiap tempat rasanya tidak afdol kalau tidak ada sampah. Meskipun pemerintah sudah menyediakan tempat sampah tetap saja warga tidak membuang sampah pada tempatnya. Ini sudah menjadi kebiasaan yang sangat sulit dirubah. Itu baru seorang, coba bayangkan hampir mayoritas masyarakat Indonesia membuang sampah tidak pada tempatnya. Sadar atau tidak kita ini sudah terkepung sampah. Akibat dari sampah juga tidak main-main, seperti banjir dan sumber penyakit. Pola hidup kita yang konsumtif tidak peduli lingkungan ini akan terus menghasilkan sampah yang menggunung-gunung.
    Penegakan hukum yang kurang tegas membuat banyak warga negara Indonesia kecewa akan bangsanya. Uang datang lebih dulu, kemudian keadilan. Sebuah kredo dari buku yang saya baca, menggambarkan betapa buruknya penegakkan hukum di negeri ini. Hukum bersikap tegas pada mereka yang miskin dan melunak bagi mereka yang berkuasa. Dalam hukum, uang yang mementukan segalanya. Jika kau punya uang maka kau akan menang. Ketika seorang pencuri setandan pisang bisa dihukum sampai 3 tahun dan seorang koruptor dihukum 6 tahun dengan fasilitas sekelas hotel berbintang di dalam penjara. Tak heran jika para penegak hukum mirip wirausaha yang berbisnis perkara.
    Ketidaksiplinan warga negeri ini seolah dijunjung tinggi sekali. Ketidaksiplinan dalam menepati janji seolah menjadi hal yang biasa di negeri ini. Jam karet, begitulah sebagian orang menyebutnya. Bahkan muncul sebuah sindiran, “ Negara Indonesia kaya akan karetnya, jadi wajarlah kalo warganya pada ngaret” . Selain ketidaksiplinan warga Indonesia dalam menepati janji, banyak ketidaksiplinan warga Indonesia yang lain. Misalnya ketidaksiplinan dalam berkendara dan sebagainya.
    Itulah yang tidak membanggakan dari bangsa ini.

    DEWY AYU L.
    08/270083/PA/12204
    MATEMATIKA

  49. Kepribadian bangsa Indonesia yang membanggakan diri yaitu:

    mempunyai sifat/budaya ramah. Kita tau bahwa bangsa Indonesia mempunya berbagai macam suku, Meskipun berbeda suku, rakyat Indonesia tetap mempunyai rasa saling menghormati dan bersikap ramah antar suku. Sebagai contoh, kalau ada suku jawa berkunjung ke suku lain, pasti suku lain akan menyambbut dengan baik kedatangan suku jawa, dan sebaliknya. Selain Itu rakyat Indonesia juga ramah dengan warga asing. Hal ini terbukti dengan banyaknya turis asing yang senang berkunjung ke Indonesia, dan ingin mempelajari budaya-budaya Indonensia.

    Menghargai perbedaan khususnya dalam bidang agama.
    Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang membebaskan rakyatnya untuk memeluk agama sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Hal ini tercantum dalam UUD 45, maupun dalam Pancasila. Hal ini bararti bangsa Indonesia telah menghargai perbedaan khususnya dalam bidang agama. Sampai saat ini ada enam agama yang diakui oleh Bangsa Indonesia .

    Gotong-royong/saling membantu.
    Rasa saling membantu ini sudah dikenal Bangsa Indonesia sejak jaman dulu, Khususnya di Jawa, saling membantu ini dikenal dengan istilah “sambatan” . Gotong-royong ini telah menjadi Kepribadian bangsa. Hal ini terlihat ketika ada musibah baik itu di dalam maupun di luar negri. Pemerintah dan warga negara Indonesia mempunyai rasa peduli untuk membantu para korban bencana. Fakta ini bisa dilihat dari contoh bencana merapi di Yogyakarta. Baru terjadi bencana, bantuang langsung datang. Contoh yang lain ketika terjadi bencana di luar negri banyak lembaga-lembaga penyalur bantuan yang membuka rekening untuk menghimpun dana yang digunakan untuk membantu korban bencana tersebut.

    Kepribadian bangsa Indonesia yang tidak membanggakan diri yaitu:

    Indonesia mudah terpengaruh dengan bangsa lain, khususnya dalam hal budaya. Kita tau bahwa budaya barat tidak pantas diterapkan pada bangsa Indonesia. Saat ini banyak masyarakat yang meniru/ menerapkan budaya barat di Indonesia dengan alasan gaul, padahal budaya tersebut bertentangan dengan norma-norma yang ada di Indonesia. Saat ini Budaya bangsa Indonesia sudah terkikis oleh budaya barat. Sebagai warga negara, sebaiknya kita menunjukkan jati diri bangsa dengan melestarikan budaya asli Indonesia.

    Budaya konsumtif. Di tingkat internasional Bangsa Indonesia ini terkenal sebagai bangsa yang bersifat konsumtif. Hal ini terjadi karena sebagian besar warga negara Indonesia bersifat konsumtif. Saat ini banyak produk-produk buatan asing yang masuk ke Indonesia . Banyak teknologi canggih buatan asing yang dimanfaatkan warga Indonesia. Hal ini apabila tidak dibatasi tentunya akan membuat rakyat Indonesia semakin malas dan akan bergantung pada negara asing. Apabila budaya konsumtif ini tidak ditangani secara serius, lama-kelamaan bangsa Indonesia akan menjadi Bangsa yang terjajah oleh produk-produk & teknologi asing.

    Penyalahgunaan wewenang, Penyalahgunaan wewenang telah menjadi budaya bagi sebagain besar warga negara Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari masa orde baru sampai sekarang. Sekarang ini banyak terjadi kasus penyalahgunaan wewenang di berbagai daerah. Penyalahgunaan wewenang yang paling nampak saat ini adalah korupsi. Banyak para pejabat yang menggunakan kekuasaannya unntuk memperoleh keinginan pribadi.

    DWI PURNAMA 08/269845/PA/12102 MATEMATIKA

  50. 3 hal yg membuat saya bangga akan Indonesia:
    1. org2nya ramah2… krn dpt memberikan kesan baik kpd org lain( turis)
    2. Indonesia mempunyai beragam budaya, suku, adat dan agama…dan org2na tdk mempermasalahkan perbedaan itu krn adanya rasa saling menghargai perbedaan itu.(terutama toleransi umat beragama ).. bhinneka tunggal ika tan hana dharma mangrwa (maaf jk salah tulis..)
    3. bangsa indonesia adlh bangsa yg mayoritas penduduknya muslim shg Indonesia menyandang predikat negara dg penduduk muslim terbanyak, namun, walaupun demikian, di Indonesia tidak menerapkan hukum Islam dlm pemerintahannya..

    3 hal yg tidak membanggakan dari bangsa Indonesia:
    1. budaya yg sangat kuat mengakar di Indonesia yaitu KORUPSI..mulai dr pejabat kelas atas negeri ini, sampai perangkat2 desa, pun akrab dg budaya yg satu ini bahkan mgkn merambah dunia pendidikan.. krn korupsi, apa2 jd dipangkas “di jalan” menuju tujuan.. shg Indonesia dr dulu hanya menjadi negara yg berkembang saja..(lha kpn majunya? .
    2.kebanyakan penduduk indonesia, bahkan pejabat2 pemerintahan sering kali menuntut/ meminta haknya (seperti kenaikan gaji), pdhl blm menjalankan kewajiban2nya dengan baik( krn ga menerapkan prinsip “mendahulukan kewajiban drpd hak”.
    3.bangsa Indonesia mudah terprovokasi, shg emosinya mudah tersulut dan akhirnya marah membabi buta,… dan 1 lg .. budaya “ngaret”..mgkn krn di Indonesia ada pembagian waktu, yaitu WIB: Waktu Insyaallah Berubah.. hehehe..

    -siti muanah, prodi matematika, 08/270275/PA/12274_

  51. 1. a. Sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lain yang berbeda agama.
    Karena Indonesia telah mengesahkan 5 agama yang boleh dianut oleh warganya yaitu Islam, Kristen, Katholik, Hindu, dan Budha. Tapi itu semua tidak menjadi halangan untuk bersatu dan selalu menjunjung tinggi sikap toleransi.

    b. Ramah-tamah dan sopan santun.
    Karena orang-orang Indonesia sangat memperhatikan sikap sopan santun, selalu senyum dan ramah jika bertemu , bercakap-cakap, atau dalam menyambut orang lain baik orang pribumi maupun orang asing.

    c. Menghargai jasa-jasa para pahlawan atau sejarah masa lalu.
    Karena Indonesia atau para warganya sangat menghargai lambang negara yaitu bendera Indonesia Merah Putih. Dan juga dalam bercakap-cakap dengan orang lain menggunakan bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia.

    2. a. Kurangnya rasa percaya diri atau minder untuk menggunakan hasil karya budaya atau produk dalam negeri.
    Orang -orang Indonesia lebih condong menyukai tren atau mode dari dari luar negeri. Sampai-sampai orang Indonesia tidak terima ketika ada kebudayaan yang hampir diakui oleh negara lain seperti reog ponorogo. Sehingga sudah sewajarnya kita sebagai owarga Indonesia untuk menjaga dan melestarikan budaya itu sendiri. kalu bukan kita siapa lagi ?

    b. Kurangnya sikap kerja keras dalam meraih sesuatu.
    Orang Indonesia sebetulnya mampu dan banyak orang pintar. Tapi terkadang usahanya itu kurang atau tidak mau berusaha. Contohnya dalam pertandingan olahraga sepak bola dalam meraih piala AFF yg lalu. Indonesia sudah berhasil memasuki babak semifinal tapi sayang hanya menjadi runner up, mungkin harus lebih giat lagi usahanya.

    c. Lamban dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang sangat penting.
    Kasus bank Century dan kasus Gayus atau kasus korupsi lain misalnya. Kita sangat lambat dalam menyelesaikannya. Mungkin aturan hukumnya perlu dibenahi.

    Nama : Yuriska Indah .P.
    NIM : 08/265373/PA/ 11869
    Jurusan : Matematika
    Prodi : Matematika

  52. Hal yang membanggakan dari Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA:
    1.Menjunjung tinggi adat istiadat..
    Sesuai dengan istilah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, indonesia kaya akan adat, jadi di manapun qta berada qta harus menyesuaikan diri dengan adat setempat.

    2.Kepedulian terhadap sesama masih tinggi
    Contohnya pada saat terjadi bencana di indonesia, hampir semua kalangan turun membantu.Bahkan tidak hanya di dalam negri, kepedulian qta terhadap negara lain, contohnya palestina dapat di banggakan.

    3.Keramahannya
    Indonesia selain terkenal akan kaya budaya, terkenal juga akan keramahanya, bahkan di akui di mata negara asing. Itu patut di banggakan.

    Hal yang tidak membanggakan dari Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA:
    1.Tingkat korupsi yang tinggi
    Korupsi sekarang bukan hanya milik orang-orang besar, tapi sudah sampai di semua lapisan masyarakat.

    2.Sifat konsumtif pada masyarakatnya
    Bisa di bilang indonesia adalah negara miskin, tapi seadainya qta melihat gaya kehidupan masyarakatnya melampaui dari masyarakan negara maju.Bisa dibilang mengikuti gaya/trend adalah nomer 1, secara kasarnya kebutuhan tersier lebih penting daripada kebutuhan primer.

    3.Hukum yang lemah
    Saya pernah mendengar ada yang berpendapat bahwa hukum hanyalah untuk orang-orang kecil.Hal tersebut benar-benar membuat saya heran juga prihatin, karena fakta di lapangan benar membuktikan hal tersebut, walaupun tidak semuanya seperti itu.Alasanya karena banyak “penjahat kelas kakap” yang seharusnya mendekam di penjara malah mampu berkeliaran bebas karna memiliki banyak uang, sedangkan masyarakat biasa yang hanya mencuri ayam misalnya,benar-benar mendapatkan hukuman.Benar-benar miris bukan.

    Qoriatun maryamah,
    08/269914/PA/12125
    Matematika/Matematika

  53. 1. a. berprestasi dalam bidang akademik. misalya dengan belajar yang rajin dan berusaha agar slalu mendapat nilai yang bagus. agar bisa membuat bangga orang tua kita.
    b. berprestasi dalam bidang olahraga. misalnya juara tinju chris jhon yang membuat bangga masyarakat indonesia karena memenangkan lomba tinju kelas bulu dan dia mampu mempertahankan gelarnya itu sampai sekarang.
    c. bersiakap ramah, bangsa indonesia terkenal ramah sejak dulu kala maka banyak sekali turis yang datang ke indonesia selain karena ingin melihat keindahan alamnya juga karena sifat bangsa indonesia yang ramah>

    2. a.Terorisme adalah serangan-serangan terkoordinasi yang bertujuan membangkitkan perasaan teror terhadap sekelompok masyarakat. Berbeda dengan perang, aksi terorisme tidak tunduk pada tatacara peperangan seperti waktu pelaksanaan yang selalu tiba-tiba dan target korban jiwa yang acak serta seringkali merupakan warga sipil. misalnya mereka meneror hotel mariot dan mengebom hotel. banyak yang menjadi korban ledakan tersebut.
    b. tawuran antar pelajarharusnya pelajar itu tidak melakukan tawuran karena dapat merugikan diri sendiri dan orng lain. harusnya mereka bersaing secara sehat.
    c. mencuri, di jaman modern seperti ini masih saja ada orang yang suka mencuri. padahal mencuri itu di larang oleh agama. mereka melakukan itu dengan berbagai macam alasan. salah satunya dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

    NAMA:estina rofiatun
    NIM: 08/265669/PA/11898
    PRODI: MATEMATIKA

  54. @ Hal yang membanggakan dari Indonesia:
    * Kemerdekaan yang didapat dari perjuangan
    Pada masa-masa penjajahan bangsa asing di Indonesia, kita mempunyai orang-orang yang dengan jiwa penuh keberanian bersatu padu ikut berjuang mempertahankan bangsa Indonesia ini. Berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun para pejuang berjuang mati-matian mempertaruhkan jiwa dan raga mereka demi sang Ibu pertiwi. Hingga pada akhirnya kita dapat merasakan kemerdekaan yang benar-benar didambakan semua penduduk negeri tercinta kita, negara Indonesia.
    * Industri musik yang sudah bisa menguasai pasar musik di beberapa negara
    Di Indonesia ada beberapa pelaku musik (penyanyi atau grup band) yang sudah punya nama di beberapa negara. Anggun C Sasmi yang sudah sukses di luar negeri dan sempat merilis album di lebih dari 33 negara . Cinta Laura dan Agnes Monica yang mulai go internasional, dan beberapa grup band yang selalu di nanti penggemarnya di negeri tetangga. Semua itu merupakan kebanggaan bagi Indonesia yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.
    * Beberapa orang yang berprestasi di tingkat Internasional
    Di Indonesia ada beberapa cabang olahraga yang membuat kita bangga karenanya. Ada beberapa atlit yang telah mempunyai nama di dunia Internasional. Salah satunya cabang bulutangkis. Ada Susi S. yang sering juara dunia, Taufik H. yang juga sering kali juara dunia maupun juara Indonesia Open, Markis K. dan Hendra S. yang pernah rangking 1 dunia, dan masih banyak lagi atlit-atlit bulutangkis yang membanggakan Indonesia. Di cabang tinju ada Chris John yang meraih gelar juara dunia kelas bulu. Dan masih banyak lagi. Di dunia pendidikan ada siswa/ mahasiswa yang mengharumkan nama bangsa Indonesia. Ada Albert G. yang beberapa kali memenangkan juara internasional olimpiade matematika dan siswa/siswi yang memenangkan juara internasional olimpiade-olimpiade di luar negeri sana.
    Saya bangga menjadi orang Indonesia.

    @ Hal yang tidak membanggakan dari Indonesia:
    * KKN dimana-mana
    Indonesia terkenal dengan korupsinya. Indonesia menempati peringkat 1 dari 16 negara terkorup di Asia Pasifik berdasarkan PERC 2010. Benar-benar memalukan.
    * Suporter sepakbola yang tidak sportif
    Banyak di pertandingan-pertandingan dalam negeri baik LSI maupun LPI yang jika klub jagoannya kalah pasti ada keributan di stadion. Padahal mereka sudah jelas-jelas tahu kalau klubnya kalah. Tapi pasti mereka tidak terima dengan kenyataan itu. Kapan Indonesia akan dewasa kalau suporternya selalu bertindak kanak-kanak??? Hal ini diperparah dengan pimpinan PSSI kita. Banyak keburukan-keburukan yang sudah diketahui semua orang (salah satunya korupsi), tapi dia pura-pura tidak tahu. Sungguh-sungguh memalukan.
    * Mafia hukum
    Hal ini merupakan salah satu hal terburuk yang ada di Indonesia. Bagaimana bisa kasus korupsi bermilyar-milyar dapat lolos dengan mudahnya. Sungguh ironi sekali dengan seorang maling ayam yang dapat dipenjara berbulan-bulan. Berbagai macam kasus yang melibatkan petinggi negeri bisa dengan mudahnya selesai.

    Peni Pita Rini
    08/265769/PA/11910

  55. Syarifain Ghafur o8/269767/PA/12066
    Saya Bangga karena,
    1. Banyak potensi yang dimiliki oleh bangsa sehingga membuat saya bangga. Dengan berbagai macam tradisi, suku, ras, agama akan membuat bangsa ini dihargai oleh negara lain juga.
    2. Banyak peserta didik Indonesia yang memperoleh medali disetiap lomba.
    3. Banyaknya kemudahan untuk mengakses informasi.
    4. Sejarah panjang bangsa ini hingga merdeka hingga memotivasi untuk terus maju dan maju karena di masa lampau kerajaan Majapahit dan Sri Wijaya, dan kerajaan lainnya mampu menyatukan Nusantara.

    Saya Tidak Bangga karena,
    1. Sistem Demokrasi Indonesia dengan sistem politik yang kurang sehat.
    2. Sistem Pengendalian Pers yang menurut saya kurang beretika. Mengingat apa yang diberitakan malah justru akan mengurangi kepercayaan rakyat kepada pemerintah yang pada akhirnya malah membebani pemerintah untuk menjalankan Program Kerjanya.
    3. Tingkat Korupsi yang merajalela.
    4. Penghormatan kepada peserta didik/guru kurang.
    5. Tidak di dukungnya program penelitian sehingga membuat para pakar sain lari ke luar Negeri.
    6. Memperoleh nomor satu di Asia dalam kasus pembajakan hak cipta.

    Dikutip dari KOMPAS.com tgl 26 Agustus 2010 – Indonesia memiliki catatan terburuk dalam melindungi hak kekayaan intelektual (HKI). Sebuah survei yang dilakukan kepada para pada pelaku bisnis asing menunjukkan Indonesia berada di daftar teratas negara paling buruk dalam perlindungan HKI untuk tingkat Asia.
    “Indonesia tampaknya telah kehilangan momentum untuk menindak pelanggaran HKI dan membuat sistem yang lebih sesuai dengan standar internasional,” demikian pernyataan Political and Economic Risk Consultancy (PERC) yang berbasis di Hong Kong, Rabu (25/8/2010).

    7. Perusakan alam yang tidak terkendali dengan alasan memperkaya diri. Terlebih lagi orang yang dihukum bukanlah otak dari kegiatan ini, melainkan para pekerja yang hanya bekerja untuk mencukupi kehidupannya.

  56. NAMA : NUR MAHMUDAH
    NIM : 08/265841/PA/11918
    PRODI : MATEMATIKA

    Tiga hal yang membanggakan dari sikap / perilaku / kepribadian Bangsa Indonesia:

    1.Etika Bangsa Indonesia masih ketimuran dibandingkan bangsa barat.
    Budaya ketimuran sopan santun dan tata krama masih dijunjung tinggi. Seseorang akan dihargai tinggi jika menampilkan perilaku sopan santun didepan orang yang lebih tua atau sama orang yang lebih dihormati, walaupun belum tentu menunjukkan sikap yang sebenarnya. Namun tidak semua orang menilai etika sopan santun dan tata krama itu menunjukkan orang yang lebih baik. Karena penilaian itu tergantung pada lingkungan sosial kita. Misalnya jika perbuatan yang tidak pantas dilakukan dilingkungan sosial kita jangan sampai dilakukan semua itu membuat masyarakat berpikiran negatif pada kita. Tetapi jika dilihat dari segi positifny budaya ketimuran lebih baik dari pada budaya barat.

    2.Kekayaan Alam yang Melimpah.
    Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bangsa Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Bahkan ada orang yang mengatakan bahwa bangsa Indonesia merupakan tempat meminta pertolongan bagi negara-negara Asia. Karena jika dilihat dari sabang sampai merauke bangsa Indonesia bisa menghasilkan berbagai aneka ragam yang sangat dibutuhkan negara- negara Asia. Misalnya bangsa Indonesia pengahasil bahan tambang, hasil hutan, tembakau, rempah dan lain-lainny serta tanah di bangsa Indonesia sangat subur sekali.

    3.Keanekaragaman Budaya.
    Keanekaragaman bangsa Indonesia adalah harta yang tidak ternilai harganya. Dalam keanekaragaman tersebut terkandung nilai-nilai luhur budaya bangsa, nilai tersebut sangat penting untuk perkembangan bangsa Indonesia. Budaya bangsa Indonesia sangat beranekaragam misalnya kesenian daerah,upacara adat dan makanan khas. Sehingga kita sebagai bangsa Indonesia yang baik harus bisa menjaga dan melestarikan budaya bangsa Indonesia agar tidak diklaim oleh negara lain.

    Tiga hal yang tidak membanggakan dari sikap / perilaku / kepribadian Bangsa Indonesi:

    1.Bangsa Indonesia tidak bisa memanfaatkan potensi SDA.
    Sumber daya alam yang ada di bangsa Indonesia kini tidak sedikit dikelola oleh bangsa asing. Bangsa Indonesia hanyalah menjadi penonton dan budak di negeri sendiri. Salah satunya disebabkan kurang kesiapan mental dan pengetahuan anak bangsa Indonesia yang belum mampu berkompetisi. Jadi tidak hanya cukup sumber daya alam untuk memajukan kehidupan bangsa selain itu juga diperlukan manusia yang bermental,karakter, dan berpengetahuan yang cerdas.

    2.Perekonomian yang lemah.
    Seratus tahun kebangkitan nasional yang jatuh pada tahun 2008 lalu merupakan momentum bagi kehidupan bangsa Indonesia. Ditengah tidak keseimbangan masalah perekonomian bangsa indonesia dengan segala realitas keterhimpitan yang dialami bangsa Indonesia semakin meningkat. Tetapi momentum kebangkitan bangsa saat ini belum menciptakan masyarakat yang kuat dan yang mampu bertahan di dalam segala realitas yang dihadapinya. Semua itu tergantung pada pola pikir terbentuk karena lingkungan sosial masyarakat,lingkungan sosial yang meningkatkan diri pada norma. yang dianggap benar menurut pandangan masyarakat tersebut.Karena pola pikir itulah negara melakukan sentralisir untuk mengarahkan pola pikir yang satu arah yaitu PANCASILA dan UUD 45.

    3.Warga negara Indonesia tidak diwajibkan militer seperti sebagian negara lain.
    Pada akhir – akhir ini bangsa Indonesia sedang dialnda banyak permasalahan yang muncul secara tiba-tiba maupun masalah yang sudah lama tetapi muncul lagi. Jika dilihat diberita Di TV permalahan yang sering muncul adalah bentrok antar warga yang mempermasalahkan warisan atau tentang suku. Oleh karena itu untuk mengantisipasi masalah itu sebaiknya warga negara Indonesia harus diwajibkan militer. Jadi jika sewaktu-waktu ada bentrok antar warga, masyrakat sudah siap mental jadi tidak tergantung pada aparat dan militer saja.

  57. Tidak ada yang sempurna daripada manusia, kekurangan dan kelebihan itu pasti ada, begitu pula yang ada pada Bangsa Indonesia secara menyeluruh. Menurut saya secara individu, tiga kelebihan bangsa ini beserta penjelasannya.
    1) Keramahtamahan yang ada pada masyarakat. Ini dikarenakan seluruh suku atau etnis yang ada di Indonesia memiliki sikap sangat menghormati tamu yang datang ke rumah atau wilayahnya, bahkan mereka rela menyajikan segala yang ada walaupun sebenarnya mereka (tuan rumah) lebih butuh. Tuan rumah akan merasa lega atau bangga bila mampu menyajikan semua yang diinginkan tamunya.
    2) Kegotongroyongan. Dasar dari seluruh kegiatan yang membangun dikarenakan sikap saling tolong-menolong atau gotong-royong untuk menyelesaikan suatu masalah di lingkungan masyarakat asli Bangsa Indonesia. Sebagai contohnya pada masyarakat pedesaan yang merupakan gambaran Indonesia asli (tanpa ada sikap individualis), jikalau ada keluarga yang akan mengadakan hajatan pernikahan, maka semua tetangganya akan ikut membantu seperti memasak hidangan yang akan disajikan maupun menata perabotan perlengkapan hajat dan sebagainya.
    3) Ketabahan masyarakat dalam hadapi bencana. Indonesia merupakan wilayah yang sering dilanda bencana alam, maka masyarakat mau tidak mau harus menerima konsekuensinya yaitu menerima apa adanya akan yang diberikan Maha Pencipta.
    Selain itu terdapat pula tiga sikap kekurangan menurut saya pada Bangsa Indonesia.
    1) Mistikalistik. Segala hal yang terjadi, baik positif maupun negatif, selalu dikaitkan dengan hal-hal mistik, dan masyarakatnya pun percaya. Contohnya, saat terjadi erupsi Gunung Merapi pada 2010, dikaitkan dengan masalah Keraton Yogyakarta. Padahal itu merupakan bencana alam yang biasa terjadi dan dapat dijelaskan secara nalar. Namun tetap saja mayoritas masyarakat lebih percaya penjelasan secara mistik sehingga kemudian terjadi ritual-ritual aneh dan menjijikkan yang dilakukan, seperti penyembelihan kerbau dan penaburan bunga sesajen di Tugu Yogyakarta.
    2) Sikap terlalu santai. Iklim Indonesia yang beriklim tropis dan tanh yang subur, menjadikan banyak petani bersikap malas karena tak perlu kesusahan mengurus kesuburan lahan pertanian. Sikap itu juga menular pada masyarakat Indonesia secara luas, istilah “jam karet” adalah hal biasa yang dilakukan secara menyeluruh pada kebanyakan acara atau kegiatan.
    3) Ketamakan. Ini muncul karena hilangnya “rasa cukup” pada mayoritas masyarakat di Indonesia. Contoh pada masyarakat “yang dikatakan miskin oleh pemerintah” diberikan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) setiap bulan, menjadikan mereka yang mendapat dana tamak dan bersikap pengemis. Sikap Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) juga semakin menjadi-jadi pada pejebat-pejabat yang ada di Pemerintah Indonesia.
    -*****-
    oleh: Alfian Nugraha (12701) Prodi Geofisika

  58. Tiga hal yang membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian Bangsa Indonesia :
    1. Kekayaan alam yang melimpah.
    “…kail dan jala cukup menghidupimu..tongkat kayu dan batu jadi tanaman…”,syair tersebut menandakan betapa subur dan kayanya alam kita. Gunung – gunung berapi yang masih aktif membuat tanaman tumbuh dengan baik. Hutan-hutan hijau milik Indonesia yang dikenal Zamrud Khatulistiwa sebagai paru-paru dunia menjadi salah satu yang terluas. Lautannya yang banyak biota laut yang bisa dimanfaatkan untuk mata pencaharian penduduk. Semua itu menjadi modal kita untuk menjadi negri yang makmur. Tergantung bagaimana masyarakat Indonesia bagaimana mengelola dan melestarikannya.

    2. Kebudayaan Indonesia yang beragam
    ” Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau….”. Sedikit bait lagu nasional tersebut mengingatkan kita bahwa dari pulau-pulau itulah muncul berbagai kebudayaan, suku, dan adat-istiadat. Namun, karena keberagaman dan perbedaan itulah, Indonesia menjadi kaya. Semuanya itu dapat menambah khasanah Bangsa Indonesia. Jangan sampai terjadi budaya bangsa ini hilang dari tuannya atau dimiliki oleh negara lain. Banyak turis asing yang mengagumi Bangsa Indonesia. Mereka berbondong-bondong datang ke Indonesia melihat budaya Bangsa Indonesia. Sebagai contoh misal wayang dan gamelan.sebagai rakyat Indonesia kita harus bangga. Sehingga diharapkan ke depannya agar budaya itu tetap lestari. Mulailah kita belajar mengenal kebudayaan kita sendiri, jangan sampai kalah dengan orang luar.

    3. Penduduk Indonesia yang besar
    Bangsa Indonesia termasuk negara padat penduduk. Walaupun banyak orang berkata hal ini malah menjadikan banyak masalah, tapi jangan berkecil hati dulu, kita harus optimis dan bangga juga tentang hal ini. Banyak bidang yang dapat dilihat prestasinya dari Bangsa Indonesia. Sebagai contoh, di bidang olahraga, Tim bulutangkis kita telah menjadi terkenal dan banyak dipuja oleh negara-negara lain. Kualitas pendidikan di Indonesia termasuk kategori rendah, Namun banyak putra-putri bangsa yang memenangkan banyak medali dalam olimpiade dan membawa nama harum bangsa. Jadi berbanggalah menjadi warga negara Indonesia.

    Tiga Hal yang tidak membanggakan dari sikap/ perilaku/ kepribadian Bangsa Indonesia.

    1. Penegakan HAM yang masih kurang
    Sejarah Bangsa Indonesia mencatat sampai saat ini banyak kesusahan, penderitaan, kesengsaraan sosial diakibatkan oleh perilaku yang semena-mena, diskriminasi, tanpa memperdulikan hak-hak orang lain. Semuanya itu melanggar hak asasi manusia, padahal dalam pembukaan UUD 1945 telah disebutkan “…Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa…”yang berarti jelas bahwa Bangsa Indonesia menjunjung tinggi penegakan HAM di negri ini. Namun, pada kenyataannya penegakan tersebut masih jauh dari memuaskan dengan adanya tindak kriminal yang merajalela, menghilangkan nyawa dan sebagainya yang jelas-jelas juga tidak sesuai dengan UUD 1945.

    2. Suap-menyuap dan korupsi merajalela.
    Telah banyak terlihat dan disaksikan oleh rakyat Indonesia bagaimana suap bisa gampang terjadi di negri tercinta kita ini. Sebagai contoh kasus Gayus yang bisa lolos sampai ke luar negri, jalan-jalan tanpa beban. Hal itu terjadi karena banyaknya aparat yang mudah disuap. Apa itu tidak membuat semakin buruk saja citra aparat penegak hukum? Dengan tidak sadar mereka telah menurunkan harga diri dan martabat mereka, karena dengan mudahnya melalui uang mereka bisa mengubah keputusan pengadilan dan meloloskan tahanan atau terdakwa yang sudah terbukti bersalah. Korupsi yang semakin heboh saja, di sisi lain rakyat banyak yang bekerja hanya untuk mendapat sesuap nasi. Begitu gelapkah mereka sehingga tidak bisa melihat itu? Semakin terkenal saja bangsa kita di dunia sebagai bangsa dengan koruptor di tingkat atas.

    3. Tidak dapat menyaring arus globalisasi
    Dampak globalisasi yang semakin cepat dan kuat membuat Indonesia kehilangan kepribadiannya. Bangsa ini dengan cepat mengikuti arus tanpa disaring dan dipilah-pilah terlebih dahulu, semuanya dimasukkan. Sebagai contoh para anak muda yang berpakaian seksi dan memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak terlihat. Jelas itu semua tidak sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia. Pornografi sudah menjadi hal biasa bagi anak SD, SMP dan SMA. Hilangnya sopan santun terhadap orang tua. Sungguh ini sangat memprihatinkan, moral bangsa telah rusak. Generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang menjadi ujung tombak pembangunan Bangsa ini. Bagaimana negri ini akan maju? Kesadaran diri harus ditanamkan sejak dini, peran orang tua sangatlah penting bagi anak-anak dan untuk kemajuan bangsa ini.

    NAMA : FITRIATI SOLIKHAH
    NIM : 08/270051/PA/12191
    PRODI : MATEMATIKA

  59. Nama : Dwika Mursitaningrum
    NIM : 08/265680/PA/11900
    Prodi: Matematika

    Menurut saya, 3 hal yang membanggakan dari sikap bangsa Indonesia adalah :

    1. Sikap Ramah Tamah
    Menurut saya,bangsa Indonesia terkenal dengan orang-orang yang ramah. Hal ini terbukti dengan masyarakat yang murah senyum kepada siapa saja dan ramah kepada semua orang meskipun orang tersebut belum dikenal,misalnya pada saat seseorang menanyakan alamat kepada penjual warung/tukang ojek maka dengan segera penjual tersebut memberi tahu dengan ramah dan sopan,dan itu menimbulkan kenyamanan sendiri.

    2. Sikap gotong-royong yang tinggi
    Sikap ini menjadikan bangsa Indonesia saling bahu-membahu untuk mengerjakan sesuatu baik yang ringan maupun yang berat. Hal ini membuat Indonesia makin kuat dan bersatu. Sikap seperti ini begitu terasa pada masyarakat pedesaan.Misalkan saja,jika ada tetangga yang mengadakan hajatan,maka dengan segera para tetangga terdekat akan turut membantu,misalnya yang wanita memasak dan menyiapkan masakan di piring untuk para tamu dan yang pria menyiapkan minumannya (teh). Mereka melakukan itu dengan senang hati meskipun bayarannya hanya sekedar bungkusan makanan. Kemudian pada masyarakat perkotaan,hal ini terlihat dari adanya kerja bakti yang rutin tiap minggu,baik di komplek tempat tinggalnya sendiri maupun bekerja sama dengan beberapa RT / RW. Mereka tidak dibayar untuk melakukan kegiatan tersebut melainkan hanya diberi makan dan minum saja.

    3.Semangat juang yang tinggi
    Hal ini terlihat dari berhasilnya timnas kita untuk merebut juara 2 di ajang AFF yang baru berakhir ini. Meskipun dulu prestasi timnas melemah,namun seiring dengan kerja keras yang tinggi,maka akan membawa hasil yang membanggakan seperti prestasi timnas saat ini. Begitu pula sikap para atlet yang gigih berjuang demi mengharumkan nama bangsa meskipun tidak adanya tunjangan hari tua untuk para atlet tersebut.

    Kemudian 3 hal yang tidak membanggakan dari sikap bangsa Indonesia,menurut saya adalah :

    1. Sikap anarkis dan main hakim sendiri
    Rasa emosi yang tinggi yang dimiliki bangsa Indonesia membuat Indonesia mudah diprovokasi oleh orang-orang yang berkepentingan buruk. Bangsa Indonesia juga sulit menghargai suatu perbedaan,ketika suatu visi tidak sama dengan suatu kelompok tertentu,maka kelompok tersebut akan langsung menyerang kelompok yang berbeda tersebut. Sebagai contoh penyerangan Ahmadiyah. Menurut saya,kebebasan menganut aliran beragama itu merupakan HAM,sejauh pelaksanaannya tidak mengganggu kelompok agama lain,ya dibiarkan saja,karena itu merupakan urusan pribasi masing-masing orang dengan Tuhannya.

    2. Sikap “segala sesuatu dapat dibeli jika ada uang”
    Sikap seperti inilah yang membuat bangsa Indonesia menjadi tidak bertanggung jawab dan menyepelekan hukum. Contohnya jika seorang kaya bersalah dan dipenjara maka ia dapat menyuap hakim atau aparat hukum agar kasusnya diringannkan padahal ia sudah merugikan negara (kasus Gayus). Sedang disisi lain jika orang miskin yang tertangkap karena kasus yang sepele saja,misalnya mengambil kakao milik tetangga,ia langsung dipenjara padahal usianya sudah tua. Hal-hal semacam ini yang membuat para koruptor berleha-leha diluar sana karena hukum bisa mereka beli dengan uang. Sikap semacam inilah yang harus diberantas dari bangsa Indonesia mulai diri sendiri sampai pada pemerintah (baik pemerintah besar maupun kecil) sehingga tidak ada lagi praktek korupsi kecil,misalnya adanya “salam tempel” ketika membuat ktp di kelurahan sehingga proses pembuatan ktp cepat selesai hanya dalam hitungan hari. Dengan demikian maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya bangsa lain.

    3.Sikap suka mengulur waktu (lamban atau lelet)
    Waktu adalah adalah uang. Itulah yang seharusnya diterapkan pada diri pribadi bangsa Indonesia. Namun,pada kenyataannya tidak demikian. Bangsa Indonesia suka sekali mengulur-ulur waktu. Misalnya saja,ketika ada pertandingan sepak bola antar klub di Indonesia ,misalnya arema malang melawan persija. Ketika persija tertinggal jauh dari arema,maka arema akan mencari cara untuk mengulur waktu agar persija tidak punya kesempatan untuk mencetak skor,misalnya dengan pergantian pemain,pemain arema ada yang pura-pura jatuh dan sebagainya. sikap inilah yang tidak akan membuat kita bermain secara sportif. Begitu pula dengan sikap pemerintah. Misalnya saja ,ketika ada suatu kawasan terbuka publik yang memang tidak boleh digunakan untuk mendirikan bangunan liar. Namun,karena belum ada larangan resmi untuk tidak mendirikan banguna liar tersebut,maka seorang pendatang dari kampung yang tidak memiliki tempat tinggal,mendirikan bangunan kecil di kawasan tersebut sebagai tempat tinggal. Aparat yang melihat pertama kali tidak melarang. Kemudian datang lagi sesorang dari kampung,mendirikan bangunan disitu karena ia melihat ada ‘temannya’ yang juga mendirikan disitu. Hal ini terjadi terus-terusan dan akhirnya bmenjadi bangunan permanen. Kemudian melihat keadaan demikian Pemda mulai ribut mencari cara untuk mengusir mereka dan akhirnya keributanpun terjadi. Hal demikian seharusnya tidak perlu terjadi jika sejak awal Pemda mengusir bangunan liar tersebut ketika bangunan tersebut baru ada satu.Sikap yang demikian inilah yang membuat citra buruk dimata bangsa lain. Juga sikap pemerintah yg tidak cepat tanggap dalam mengatasi bencana alam yang terjadi. Bahkan kasus Ahmadiyah yang belakangan terjadi ini,dimana kita tidak melihat tanggapan yang serius dari Presiden. Sikap mengulur waktu inilah yang membuat bangsa Indonesia tidak bisa mengadapi perubahan yang cepat dalam kehidupannya,karena berpedoman pada sikap santai.

  60. a) 3 HAL YANG MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA

    1) Indonesia adalah negara yang kaya akan beragam budaya, bahasa serta suku. Dan tidak lupa Indonesia merupakan negara kaya akan hasil alam.
    Lihat saja zaman dahulu saat Indonesia belum merdeka. Banyak bangsa lain yang akan menjajah Indonesia, sebut saja Belanda dan Jepang. Bangsa lain merasa iri karena INdonesia melimpah akan hasil alam, misal saja adalah rempah-rempah. Di benua Eropa rempah-rempah menjadi barang yang sangat langka dan bernilai mahal saat musim dingin tiba. Alhasil mereka menjajah negara kita tercinta karena di Indonesia kaya akan hal itu. Dalam perjuangan mempertahankan negara Indonesia para rakyat dari sabang sampai merauke bersatu padu untuk mengusir para penjajah,padahal mereka tak pernah saling sapa atau ketemu, mereka tak pernah berkenalan karena mereka sepenasib dan sepenanggungan akhirnya mereka melawan penjajah. Patut kita banggakan juga semboyan Indonesia yaitu “Bhineka Tunggal Ika”.

    2)Indonesia adalah negara demokrasi
    Dari 10 negara ASEAN Indonesia yang sudah mencapai taraf demokrasi dan mulai mendekati ideal, bahkan Indonesia menjadi negara ketiga negara demokrasi terbesar setelah India dan Amerika.
    Negara demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Semua dilaksanakan oleh Indonesia, di dalamnya ada dua asas yang dilaksanakan yaitu yang pertama pengakuan partisipasi rakyat dalam pemerintahan, misalnya pemilihan wakil-wakil rakyat untuk lembaga perwakilan rakyat secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur serta adil. sedangkan yang kedua adalah pengakuan harkat dan mertabat manusia, misalnya adalah melindungi hak-hak asasi manusia.

    3) Dalam Indonesia kebebasan beribadah masih terjamin.
    Seperti yang tertuang dalam Pembukaan UUD 45 pasal 28 yaitu tentang hal asasi manusia lebih khususnya pasal 28E yang berbunyi “Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali”.

    b) HAL YANG TIDAK MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA
    1) Dalam Indonesia banyak terjadi korupsi dimana-mana
    Lihat saja beberapa tahun terkahir banyak kasus korupsi di kalangan pejabat mulai terbongkar. Nominal yang munculpun cukup besar. Sebut saja masalah korupsi Gayus yang mencapai nominal triliun, belum lagi msalah korupsi sejak Soeharto dan masa setelah itu. Sudah tak terhitung para koruptor yang ada di Indonesia ini. Keadaan ini cukup memprihatinkan. Semoga pemerintah bisa menanggulangi kasus seperti ini agar di tahun yang akan datang tidak terjadi lagi.
    2) Masih banyak penduduk Indonesia yang buang sampah di sembarang tempat.
    Kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Secara umum semua pernah mendengar atau melihat tulisan atau pernah membaca slogan tersebut. Tapi, pada kenyataannya masih banyak tempat di Indonesia yang penuh dengan sampah. Sungai-sungai berwarna coklat sedangkan di sisi kanan atau kiri terlihat sampah yang menumpuk, entah itu sampah ang terbuat dari plastik, kertas atau yang lain. Setiap kota sudah menggalakkan agar warganya untuk membuang sampah pada tempatnya, tapi imbauan itu sering di acuhkan. Pada saat musim hujan datang, sebagai dampaknya adalah adanya banjir. Seperti di kota Jakarta imbauan untuk tidak membuang sampah di sebarang tempat sudah dilakukan, tapi seakan-akan para warga acuh tak acuh. Perda No 5 tahun 1988 tentang Kebersihan Lingkungan Dalam Wilayah DKI Jakarta. Pelanggar dikenai denda Rp 50 ribu atau kurungan penjara selama 3 bulan. Tetapi tetap saja di kota itu masih banayk sampah yang menumpuk. Ironis sekali dan ini tidak membanggakan Indonesia.
    3) Polusi masih terjadi dimana-mana entah itu polusi udara ataupun polusi air.
    Untuk pencemaran air, Bandung adalah kota yang sungainya paling tercemar di bumi dengan Sungai Citarum-nya. Dengan hampir 5 juta penduduk yang bertempat tinggal di dekat sungai tersebut, dimana Sungai itarum adalah sumber air utama. Sedangkan untuk tingkat pencemaran udara, Indonesia menempati posisi ke tiga.World Bank juga menempatkan Jakarta menjadi salah satu kota dengan kadar polutan tertinggi setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City.Dari semua penyebab polusi udara yang ada, emisi transportasi terbukti sebagai penyumbang pencemaran udara tertinggi di Indonesia, yakni sekitar 85 persen. Hal ini diakibatkan oleh laju pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor yang tinggi. Sebagian besar kendaraan bermotor itu menghasilkan emisi gas buang yang buruk, baik akibat perawatan yang kurang memadai ataupun dari penggunaan bahan bakar dengan kualitas kurang baik (misalnya kadar timbal yang tinggi). Sedangkan untuk bahan bakar itu sendiri hanya di Indonesia saja premium di jual di negara lain bahan bakar tersebut sudah tidak dijual dikarenakan bersifat polusi.
    4) Penganiayaan masih terjadi entah itu dalam konteks keluarga atau di muka umum

    Nama : Nur Aeni
    No. Mhs. : 08/269848/Pa/12105
    Prodi Matematika, jurusan Matematika

  61. kebangaan saya terhadap sikap/perilaku bangsa Indonesia yang pertama adalah sikap kesopanan dan keramah-tamahan bangsa kita,sehingga dapat membuatpara wisatawan senang berkunjung ke Indonesia,dan dapat menambah penghasilan bagi masyarakat di sekitar daerah wisata. Yang kedua,saya bangga dengan sikap kegotong royongan bangsa Indonesia,terbukti, ketika terjadi musibah atau bencana alam di suatu wilaya,semua masyarakat Indonesia saling bahu-mwmbahu meringankan beban para korban,baik dengan bantuan yang bersifat materi ataupun spiritual. Yang ketiga adalah saya bangga akan sikap masyarakat yang bisa saling menghormati,baik antar agama,suku,dan lain-lain,sehingga kita dapat hidup berdampingan di negara Indonesia ini,walaupun sempat terjadi beberapa kasus kericuhan yang disebabkan karena kurangnya sikap yoleransi antar manusia.

    sikap/perilaku bangsa Indonesia yang membuat saya tidak bangga adalah,sikap aji mumpung yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat kita,sehingga menyebabkan terjadinya kasus KKN di negara kita, bahkan kondisi masyarakat yang sedang mengakami bencana pun masih sempat dimanfaatkan. Yang kedua adalah sikap tidak peduli masyarakat kita terhadap kekayaan bangsa sendiri,sehingga beberapa kasus yang sempat terjadi antara negara kita dengan malaysia masalah perebutan hak milik.dulu,ketika malaysia belum mengumumkan hak miliknya atas pulau dan kekayaan budaya kita,kita tidak memperdulikan keberadaan kekayaan itu,tetapi ketika sudah ada malaysia yang mengklaim hak milik kita,kita baru sadar bahwa kekayaan itu adalah milik kita. Sebaiknya semua kekayaan yang dimiliki bangsa ini secepatnya dipatenkan atau dibuat bukti tertulis bahwa hal itu milik bangsa Indonesi.bagaimana kehidupan para generasi penerus bangsa ini,kalau perlahan-lahan hak miliknya diambil oleh bangsa lain?
    Saya tidak bangga dengan budaya ‘ngaret’ yang sering terjadi dalam masyarakat kita. Hal ini akan membuat aktifitas yang seharusnya bermanfaat menjadi tertunda hanya karena kebiasaan buruk kita ini.
    Mari,bersama-sama memperbaiki diri kita masing-masing demi perbaikan bangsa.
    Kurnia ulfa(08/269830/PA/12091)matematika

  62. - 3 hal yang membanggakan dari Sikap/Perilaku/Kepribadian Bangsa Indonesia :
    1. Indonesia merupakan bangsa yang memiliki keberagaman budaya dan sumber daya alam. Hal ini pulalah yg merupakan salah satu alasan mengapa dulu angsa kita dijajah. Karena para penjajah melihat betapa banyaknya sumber daya alam kita yg bernilai tinggi. Begitu juga dengan budaya kita, itulah sebabnya mengapa sampai ada negara lain yang ingin mengklaim budaya kita, karena budaya kita memang sangatlah bagus dan beragam.
    2. Orang Indonesia terkenal sangat ramah. Bangsa ini selain menawarkan pemandangan alam yang begitu luar biasa juga bisa menjamu para wisatawan asing dengan keramahannya, hal ini bisa jadi karena orang2 Indonesia sendiri sudah terbiasa dengan keberagaman suku dan etnis yang ada sehingga bisa menerima bangsa manapun yang berkunjung dengan keramahan.
    3. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat dan kompak. Hal ini dilihat dari perjuangannya dalam memerdekan bangsa ini. bagaimana para pejuang2 itu bersatu hingga titik darah penghabisan dalam meraih kemerdekaan setekah dijajah bangsa lain begitu lamanya.

    - 3 hal yang tidak membanggakan dari Sikap/Perilaku/Kepribadian Bangsa Indonesia :
    1. Indonesia terkenal akan korupsinya, banyak sekali petinggi2 bangsa ini yang melakukan korupsi memakan uang rakyat. banyak hal yang bisa dibeli lewat uang di negara ini termasuk hukum. Seringkali kita lihat para koruptor dapat hidup bebas dan senang diluar sana sedangkan sebenarnya masih banyak rakyat yang mengalami kemiskinan.
    2. orang2 di Indonesia masih banyak yang kurang menghargai budaya bangsanya sendiri. Sebenarnya banyak sekali yang bisa dibanggakan dari budaya kita. Tapi seiring perkembangan jaman, banyak yang mulai melupakannya, bahkan banyak ditemukan generasi muda yang tidak hapal akan nyanyian daerahnya sendiri.
    3. di Indonesia banyak sekali tempat2 yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. akan tetapi, banyak orang2 yang tingkat kesadaraan memilikinya kurang sehingga mereka tidak menjaga aset bangsa itu dengan baik. Banyak yang malah mengotorinya dengan membuang sampah sembarang dan merusaknya, padahal sebagai bagian dari bangsa ini kita harus turut menjaganya sehingga banyak wisatawan asing yg datang ke negara kita dan dapat menabah devisa negira.

    NILAM TRI EKAWATI (O8/265575/PA/11891) PRODI MATEMATIKA

  63. TUGAS 1 KEWARGANEGARAAN :
    A. Tiga hal yang membanggakan dari sikap / perilaku/ kepribadian bangsa Indonesia menurut saya adalah :
    1. Negara Indonesia merupakan negara yang penuh dengan rasa toleransi, salah satunya bisa dilihat dari sisi cukup banyaknya agama (dalam hal ini ada enam agama) yang memang dilegalkan untuk bebas dianut oleh warga negaranya.
    2. Sikap keramah-tamahan dan kesantunan penduduk indonesia, dimana hal ini mengakibatkan banyak wisatawan asing merasa nyaman dan betah tinggal atau berlibur di Indonesia, hal ini tentunya memberikan citra yang positif bagi bangsa Indonesia.
    3. Kebanggaan saya yang ketiga adalah sekalipun mayoritas penduduk negara indonesia adalah Islam tetapi hukum yang dianut oleh negara Indonesa tidaklah berasaskan agama tersebut tetapi bersifat luwes dan fleksibel untuk semua agama, jadi tidak menimbulkan rasa ketidakadilan terutama bagi yang beragama non Islam.
    B. Tiga hal yang tidak membanggakan dari sikap/ perilaku/ kepribadiian bangsa Indonesia menurut saya adalah :
    1. Negara Indonesia masuk kedalam daftar peringkat tertinggi dalam kategori korupsi.
    Hal inilah yang menjadi salah satu ketidakbanggaan saya terhadap negara saya sendiri, karena bagaimana mungkin kehidupan rakyat indonesia dapat sejahtera secara merata kalau pejabat-pejabatnya sendiri hanya memperkaya dirinya sendiri.
    2. Penegakan hukum di Indonesia belum adil, hal ini saya lihat karena orang-orang yang mempunyai banyak uang dapat dengan mudah lolos dari jeratan hukum atas kesalahan yang diperbuatnya, dan sekalipun terkena jeratan hukum menurut saya hukuman yang diberikan tidak sebanding dengan kesalahan yang diperbuatnya, apalagi kalau kita lihat ada juga yang mendapat jeratan hukum tetapi didalam penjara mendapat fasilitas seperti di hotel bintang lima.
    3. Indonesia kurang mengoptimalkan bakat anak dalam negeri, hal ini saya lihat dari beberapa hal salah satunya adalah atlet Indonesia dalam cabang olahraga sepak bola banyak mengambil pemain hasil naturalisasi, hal ini memberikan spekulasi bahwa negara indonesia seakan-akan tidak mempunyai generasi yg kompeten dalam hal tersebut. Hal lain yg sama seperti diatas juga terjadi pada pengolahan sumber daya alam di indonesia yang banyak juga bergantung pada orang asing.

    NAMA : AMAM TAUFIQ HIDAYAT
    NIM : 08/269559/PA/11970
    PRODI : MATEMATIKA

  64. Nama : Hakiki Radhietyawati
    NIM : 08/270269/PA/12272
    Prodi : Matematika

    1. Tiga hal yang membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian bangsa Indonesia adalah :
    a) dapat mempertahankan adat istiadat/kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia -> Seperti yang kita lihat dan rasakan sejak dari kecil sekolah-sekolah mencamtumkan seni tari atau budaya Indonesia lain menjadi pelajaran wajib di sekolah sehingga para generasi muda dapat meneruskan kesenian/kebudayaan tersebut.
    b) sikap ramah dan gotong-royong -> Para pendatang/turis juga mengatakan bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk yang ramah dan dikenal saling tolong menolong jika ada yang kesulitan.
    c)mencintai produk-produk bikinan dalam negeri -> Di pasaran produk buatan Indonesia juga tidak kalah saing dengan produk buatan luar negeri yang membuktikan bahwa bangsa Indonesia mencintai produk negerinya sendiri.

    2. Tiga hal yang tidak membanggakan dari sikap/perilaku/kepribadian bangsa Indonesia adalah :
    a) pendukung sepakbola yang tidak sportif/ricuh dalam pertandingan -> Seperti kita lihat di TV setiap pertandingan sepakbola di dalam negeri pasti berujung ricuh karena para pendukung tim sepakbola tersebut tidak terima jika timnya kalah dalam pertandingan dan tidak sedikit korban yang terluka atau meninggal secara sia-sia bahkan yang tidak bersalah sekalipun.
    b) para koruptor di pemerintahan -> Hal tersebut sangat mengecewakan ->Rakyat yang menderita karena uang negara dipakai secara pribadi oleh orang-orang yang mereka percayai.
    c) penegakan hukum yang tidak tegas dan rawan dengan sogokan uang -> Bagaimana mungkin hukuman untuk pencuri seekor ayam lebih berat daripada hukuman para koruptor. Hal itu memperlihatkan bahwa penegakan hukum di Indonesia yang masih kacau. Penegak hukum di Indonesia juga mudah sekali tergiur dengan sogokan uang,seperti pada kasus Gayus Tambunan,seorang tahanan yang bebas bepergian ke luar negeri dengan membayar para penegak hukum. Sungguh menyedihkan penegak hukum kita.

  65. 3 hal yang membanggakan
    1. Menjaga keamanan dan kerukunan antar warga meskipun berbeda ras suku dan agama serta tidak membesar-besarkan masalah sepele yang bisa mengakibatkan kerusuhan
    Alasan: karena kita semua adalah manusia yang sebenarnya sama dimata tuhan yang membedakan hanya tingkat keimanannya saja, sebagai contoh mungkin ada dibeberapa daerah diIndonesia yang terjadi kerusuhan hanya karena masalah sengketa tanah atau salingbeda pendapat
    2. Membuka lapangan pekerjaan dengan cara berwiraswasta dan berusaha untuk tidak menjadi beban negara
    Alasan:
    a. karena sekarang ini sedang banyak dibutuhkan lapangan pekerjaan yang bersifat sosio ekonomi dalam artian tidak hanya memikirkan keuntungan semata tetapi juga memikirkan sosial kemasyarakatan dari karyawan. Sekaligus tidak perlu berharap untuk menjadi PNS karena hanya akan membebani APBN negara justru jika mampu turut menyumbang APBN negara dengan peningkatan pajak.
    b. Indonesia ini negara yang kaya dgn SDA dan beerkecukupan dengan orang pintar, bukan kita tidak mampu mengolah SDA tetapi tidak mau dan malas mengolahnya akibatnya tangan2 asing yang bekerja dengan mengmbil putra2 bangsa yang trampil dan pandai, lalu memperkejakannya sungguh ironi. Lalu kenapa kita tidak melakukkan hal yang sama kepada pihak asing?
    3. Berusaha untuk hidup dengan mematuhi hukum dan aturan yang ada, dengan juga memperhatikan aspek sosial dan kemasyarakatan
    Alasan: karena sekarang banyak warga masyarakat yang sudah tidak peduli lagi dengan hukum di Indonesia karena ketidak tegasan aparat penegak hukum, karena menurut mereka hukum itu tajam kebawah dan tumpul keatas, ditambah lagi dengan kebobrokan dan hilangnya sifat kepahlawanan dari para penegak hukum. Sebenarnya hukum yang masih dipatuhi sedikit lebih baik adalah hukum sosial kemasyarakatan atau adat dan agama

    3 hal yang tidak membanggakan
    1. Menjual hasil bumi mengexploitasi kekayaan alam Negara Indonesia keluar negeri secara ilegal dan besar-besaran
    Alasan: hilangnya hasil bumi keluar negeri karena harga jual hasil bumi contoh seperti kelapa sawit lebih mahal jika diluar negeri maka petani dan pengusaha memperbanyak ekspor sehingga stok untuk dalam negeri menipis dan rakyat kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya.
    Eksploitasi besar-besaran juga menghilangkan cadangan devisa negara yang nantinya kelak bisa digunakan untuk kesejahteraan bangsa
    2. Merasa diri sendiri atau kelompoknnya paling benar atau bahkan kesukuannya paling unggul sehingga orang lainnya tidak pantas untuk hidup berdampingan dengan mereka
    Alasannya: seperti konflik di Ambon dan Poso yang diakibatkan karena perbedaan agama dan kesukuan sehingga banyak nyawa-nyawa yang sebenarnya tidak perlu untuk menjadi korban

    3. Melakukan tindakkan kriminal baik terhadap orang lain ataupun diri sendiri
    Alasan : karena sebenarnya semua tindakan yang kita lakukkan itu akan dipertanggung jawabkan sesara sosial, hukum, dan agam jadi apapun alasannya tindakkan kriminal tidak diperbolehkan
    Nama : Galih Prasetya D
    No: 07/253006/PA/11494
    Jurusan fisika, prodi geofisika

  66. Uha Isnaini
    08/269795/PA/12078
    Jurusan n Prodi : Matematika
    3 HAL YANG MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA :
    a) Kebersamaan tinggi, apalagi ketika di pedesaan, kebersamaan benar2 kental disitu, di kota juga lumayan keliatan sih kebersamaannya, sampai2 korupsi pun bersama2
    b) Saling menghargai antar umat beragama, jarang sekali terlihat keberagaman umat beragama seperti di Indonesia, meskipun kadang terjadi bentrok, tapi lebih seringnya antar umat beragama sangat rukun, terutama di wilayah pedesaan.
    c) Kesetiaan kepada pemimimpin di beberapa aspek sangat tinggi, saya sendiri sebagai warga Jogja sangat merasakannya ketika muncul isu pemilihan atau penetapan, lagipula ketika melihat sejarah seperti Jendral Sudirman, pangeran Diponegoro, dll sudah cukup membuktikan bahwa para pengikut sangat setia kepada pemimpinnya

    3 HAL YANG TIDAK MEMBANGGAKAN DARI Sikap/Perilaku/Kepribadian BANGSA INDONESIA
    a) Kejujuran kurang, terutama di kalangan pejabat, meski tidak semuanya juga sih. Bahkan departemen Agama yang harusnya mengurusi moral pun juga tidak terbebas dari korupsi, sungguh sangat disayangkan..
    b) Senang melihat orang susah, susah melihat orang senang. Hal ini sudah sering dijumpai, bahkan persaingan kuliah pun kadang terasa seperti ini..
    c) Semangat juang kurang, bisa dilihat terutama di kota-kota besar, para pemuda (13-30 tahun) sangat banyak yang terlihat mengemis, padahal dari segi fisik mereka seharusnya sangat mampu untuk bekerja..

Comments are closed.