3 comments on “Mahasiswa (001) bicara tentang Hukuman Mati dan HAM

  1. Setau saya hukuman seumur hidup itu bukan selamanya dipenjara…jika umur kita sekarang 20 thn maka hukuman yg dijalankan dipenjara nanti 20 tahun juga itulah hukuman seumur hidup….!!
    **** betulkah begitu? referensi darimana ya ….

  2. Dari paparan mbak Endang diatas, hukuman mati berubah menjadi problema dilematis. Muncul tanda tanya apakah hukuman mati dapat mencegah kejahatan serupa terulang kembali. Juga muncul keresahan hukuman seumur hidup malah akan merugikan negara. Kontras juga dengan kenyataan bahwa gerakan kejahatan masih dapat dilancarkan dari balik ruji sel.

    Bagi saya tiap jenis hukum memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing. Dan tidak mungkin dapat kita peroleh suatu hukum yang benar-benar sempurna, yang memuaskan semua pihak.

    Oleh karena itu, jika memang dirasa perlu, bolehlah pemerintah melemparkan gagasan baru terkait hukuman mati dan jika telah disepakati, maka suka atau tidak suka rakyat harus sepakat dengan hukum tersebut.

    Namun bagi saya pribadi, perkara hukuman mati itu bukan persoalan yang harus dipermasalahkan dengan serius. Justru yang harus dipermasalahkan dengan serius adalah mendidik masyarakat kita agar tidak melanggar hukum sehingga dikenai sanksi hukuman mati. Itu, lebih berat daripada memutuskan suatu hukuman mati…

Silakan tulis komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s