//
you're reading...
kEluarga

9 cara terbaik untuk mempertahankan keutuhan rumah tangga

Keributan rumah tangga kerap berujung dengan vonis perceraian. Hindari kata cerai, karena perkawinan sebenarnya bisa utuh jika pasangan tidak egois dan selalu memecahkan persoalan secara bersama-sama. Komitmen untuk menikah dan mempertahankan keutuhan rumah tangga bukan sesuatu hal yang menyeramkan. Hanya perlu kerja sama yang baik antar pasangan untuk mengarunginya hingga kakek-nenek.

Berikut 9 cara terbaik untuk mempertahankan keutuhan rumah tangga sehingga tidak ada pikiran untuk pisah ranjang seperti dikutip dari Health, 22 Juli 2009.

1. Perhatikan Lingkar Pinggang
Setelah menikah adalah saatnya untuk bersantai dan meninggalkan olahraga, benarkah begitu? Jawabannya adalah salah. Karena setelah menikah kemungkinan berat badan akan naik sebesar 37%. Makan dengan ditemani seseorang bisa meningkatkan nafsu makan orang sebesar 33%. Sebaiknya rencanakanlah untuk melakukan olahraga bersama dengan pasangan, selain bisa menyehatkan badan juga bisa meningkatkan intensitas pertemuan dengan pasangan.

2. Memiliki Rencana Keuangan
Hampir 40% orang yang menikah mengakui telah membohongi pasangannya mengenai pengeluaran keuangannya. Untuk itu rencanakanlah keuangan keluarga sejak awal mengenai pengeluaran tagihan, budget dan hal-hal yang dibutuhkan untuk keluarga. Uang bisa memicu pertengkaran dalam rumah tangga, maka diperlukan transparansi keuangan.

3. Pikirkan tentang peraturan keluarga
Pasangan baru biasanya menghabiskan 5-10 tahun perkawinan dengan memikirkan bagaimana mengatur keluarga dan sering berbeda pendapat mengenai waktu pengasuhan anak. Jika salah satu orang tua ada yang bekerja maka buatlah waktu giliran untuk menjaga anak di malam hari. Penting pula bagi sebuah keluarga untuk duduk makan malam bersama sebagai keluarga. Karenanya, meskipun sepele namun, pengaturan dalam keluarga penting untuk menghindari miskomunikasi antar orang tua.

4. Jadikan seks sebagai prioritas bukan pekerjaan yang membosankan
Rata-rata pasangan yang telah menikah melakukan seks 58 kali per tahun, atau sedikitnya lebih dari satu minggu sekali. Dan menurut penelitian ditemukan bahwa 90% dari pasangan mengalami penurunan kepuasan perkawinan setelah kelahiran anak pertama. Karena itu jadikanlah seks sebagai prioritas dengan membuat ide-ide atau metode baru agar tidak menjadi bosan.

5. Fleksibel
Kadang rumah tangga mengalami masa-masa resesi keuangan, namun janganlah dijadikan suatu masalah yang besar. Buatlah sefleksibel mungkin, sehingga bisa dipikirkan bagaimana solusi yang baiknya.

6. Tetap aktif di usiamu

Cobalah menemukan cara-cara baru untuk tetap aktif. Sebuah studi menunjukkan bahwa pasangan yang sering pergi bersama dan menghabiskan waktu bersama memiliki kehidupan seks yang lebih baik. Buatlah rencana untuk melakukan kegiatan bersama seperti piknik, lari bersama, bermain tenis atau yang lainnya.

7. Mengobrollah dengan teman

Mengobrol dengan teman saat masalah besar datang sangat berguna, meskipun banyak orang yang menilai sangat pribadi untuk membicarakan masalah keluarganya. Namun, dapat dirasakan manfaatnya ketika orang yang dipercaya pernah mengalami hal yang sama dan berhasil mengatasinya. Tidak selalu mengobrol dengan teman memberikan efek yang buruk.

8. Berbicaralah sebagai pasangan

Jika ada suatu masalah maka bicarakanlah sebagai pasangan. Dan gunakan akal sehat serta jangan terpancing oleh emosi.

9. Jadilah perawat yang sabar.
Untuk bisa mempertahankan keluarga diperlukan kesabaran dan keuletan. Jadilah, perawat yang sabar dalam mengurusi segala macam hal yang berhubungan dengan keluarga.

About these ads

Discussion

19 thoughts on “9 cara terbaik untuk mempertahankan keutuhan rumah tangga

  1. Makasih atas ilmunya saudara ku salam kenal dari aku

    Posted by Putri yang terluka | April 2, 2013, 10:21 am
  2. thanx atas semua cara ataupun kiat-kiatnya

    Posted by endang mustikawaty | March 4, 2013, 1:41 am
  3. saya membina rumah tangga udah 8 tahun, sampai saat ini komunikasi antara saya dan suami saya sepertinya kurang terjalin. jika ada masalah, kami selalu diam dan permasalahan tdk pernah terselesai kan, bagi saya, jika ada masalah sekecil apapun, saya ga berani untuk membahasnya dengan suami, karna saya ga mau ribut dengan suami. gimana solusinya ?

    Posted by FBY | December 15, 2012, 11:39 am
    • Amira Lino, berarti ada hambatan komunikasi ya,solusinya cobalah menjalankan proses komunikasi yg lebih baik, dng mempertimbangkan waktu dan tempat saat introduction ke komunikasi tentang suatu hal. Jangan langsung ke permasalahan kalau komunikasi, ada awalannya yg ringan2lah, sambil memperhatikan responnya. Thanks.

      Posted by Mardoto | December 17, 2012, 1:17 pm
    • saya masih tinggal bersama mertua, suami, 2 orang anak dan 1 orang adik dr suami saya, sudah 4 tahun saya tinggal bersama mereka, kerap sekali saya mengucapkan kepada suami untuk pisah dari mertua tapi suami saya ngak pernah mau, apa yg harus saya lakukan????

      Posted by ester simbolon | May 16, 2013, 9:34 am
  4. hubungan saya denagan istri saya saat ini lagi kacau istriku tidak seperti istri ku yang dulu aku selalu salah di mata nya dan aku selalu di sudut kan

    Posted by lukman zeta | September 5, 2012, 11:11 pm
    • **** terus bagaimana solusi yg anda harapkan? Anda posisi dimana ya, di denpasar bali, banyuwangi jawa timur, atau solo jateng, tapi kok sepertinya di Ponorogo ya? Thanks.

      Posted by Mardoto | September 6, 2012, 1:08 pm
  5. tapi kalau saya bertengkar dengan suamiku, pasti kata cerai terlontar dr mulutku !
    dan yang ke 2 saya tinggal di rumah mertua saya tidak bebas melakukan apa pun yang saya mau ? mertuaku baik tapi anaknya yg kurang baik kerjanya hanya bisa memerintah belum lagi anaknya yang mulutnya kaya orang tua ? bagaiaman solusi menghadapinya karna saya sudah mau gila tinggal di rumah itu, mana saya tidak punya keluarga lg disini. ?

    Posted by bintan | July 26, 2012, 1:26 pm
  6. saya menikah ma suami sudah hampir 4 tahun dan dikaruniai 2 anak,setelah kelahiran anak kedua ,semuanya jadi berubah dan saya ma suami jadi sering berantem. mertua jadi ikut2an malahan mertua nyuruh suami saya untuk menceraikan saya dan suami lebih memilih ibu dan keluargany di banding anak2 dan saya istrinya,tapi sampe saat ini saya masih mempertahankan rumah tangga saya.mohon solusinya…?

    Posted by rini wahyuni | May 18, 2012, 10:13 am
  7. Mertua saya serta klrga suami saya sllu ikut campur dlm urusan keuangan & klrga sayam lama2 sy jd bosan, smpai2 rasa sayang pada suami saya berkurang! Mhn solusinya bagaimana????

    Posted by emi hartati | January 16, 2012, 8:50 pm
    • **** Wah, jangan bosan. Dibuat enak saja. Kok berkurang? Solusinya ya harus beradaptasi, dibuat santai sj. Nggak mendahulukan emosi. Kalau kurang jelas, silakan tanya lagi, via website atau media lain, tidak masalah. Thanks.

      Posted by Mardoto | January 17, 2012, 2:29 pm
  8. gimana cara mempertahankan keharmonisan dalam hubungan jika qita mempunyai profesi atau pekerjaan yang sama dengan pasangan qita?

    Posted by rhe | December 19, 2010, 1:04 pm
  9. saya mau nanya,,rumah tangga saya udah hampir 1 thn tapi gara2 suami saya nganggur kita jadi sering berantem,,,,keluarga saya juga jadi beda sikap nya ama suami saya,,bagaimana solusinya ? ****saya memahami masalah anda, silakan tulis message agak lengkap ke email atau facebook saya, nanti saya coba bantu memberikan konsultasi yg semoga bisa menemukan solusi terbaik****

    Posted by chika | August 11, 2010, 11:40 am
  10. bagaimana caranya jika dalam sebuah rumah tangga mengalami pertengkaran dan krisis kepercayaan

    Posted by gunawan | June 26, 2010, 11:11 am
  11. @mawi: maksudnya harus banyak-banyaklah improvisasi dan eksplorasi waktu, tempat dan momennya, dengan pasangan legal …. bukan improvisasi yang ilegal …. rutinitas bisa melahirkan kebosanan, kejenuhan dan penurunan motivasi … kira-kira begitu maksudnya.

    Posted by mardoto | July 23, 2009, 11:34 am
  12. belum bisa mencerna dengan baik (lagi-lagi) yang no 4.

    Posted by mawi wijna | July 22, 2009, 5:12 pm
July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Arsip

%d bloggers like this: